Cara Atasi Komedo Hitam di Wajah dengan Bahan Alami, Aman Dikerjakan Sendiri di Rumah

Reporter : Shania Suha Marwan
Sabtu, 26 November 2022 11:20
Cara Atasi Komedo Hitam di Wajah dengan Bahan Alami, Aman Dikerjakan Sendiri di Rumah
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk bantu atasi permasalahan komedo hitam yang menganggu dari bahan alami

Dream - Selain jerawat, masalah kulit lain yang banyak terjadi di bagian wajah adalah munculnya komedo hitam. Kemunculannya tentu tak bisa diabaikan karena komedo hitam menjadi tanda masalah kulit lain akan datang.

 

Komedo hitam yang sering disebut blackhead dapat terjadi karena terjadinya sumbatan pada pori-pori dan terbuka. Sumbatan dapat terjadi karena sel kulit mati, minyak, dan kotoran menyumbat pori-porimu. 

Meski berukuran kecil, warna hitamnya terlihat cukup jelas dan disadari oleh banyak orang. Alhasil komedo hitam akan membuat penampilan terganggu karena merusak tektur wajah dan akhirnya menurunkan kepercayaan diri kamu. 

Adanya komedo hitam juga akan mengganggu Sahabat Dream ketika harus menggunakan makeup karena hasilnya akan kurang flawless

1 dari 3 halaman

Meski terdengar menyeramkan, kabar baiknya adalah banyak cara mengatasi komedo hitam di wajah yang bisa kamu coba.

Nah berikut adalah beberapa cara mengatasi komedo hitam di wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Scrub Gula 

Eksfoliasi jadi salah satu cara atasi komedo hitam di wajah. Karena itu kamu bisa membuat scrub dari bahan alami untuk melakukan eksfoliasi secara fisik di wajah. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Kamu dapat menggunakan scrub yang terbuat dari gula. Scrub ini dibuat dengan mencampur gula dan minyak jojoba, dan diaplikasikan ke komedo hitam, untuk dipijat dengan lembut, baru kamu bilas dengan air hangat. 

2 dari 3 halaman

Scrub Gandum 

Kamu juga bisa membuat scrub dari gandum atau oatmeal yang dicampurkan bersama yogurt untuk mengatasi permasalahan komedo hitam. Scrub alami ini akan cocok untuk kamu yang memiliki masalah komedo hitam tapi punya jenis kulit kering. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Yogurt bekerja untuk memberikan efek eksfoliasi pada kulit karena memiliki kandungan lactic acid. Sedangkan, oatmeal bekerja melakukan eksfoliasi secara fisik dan mengangkat kotoran pada pori-pori. 

Baking Soda atau Soda Kue

Soda kue yang biasa digunakan untuk membuat kue yang dibuat ngembang dengan sempurna, bisa digunakan untuk atasi komedo hitam. 

Caranya adalah dengqn mencampurkan soda kue, bersama dengan air perasan lemon. Aplikasikan campuran ini pada komedo, dan bilas. Kamu akan langsung merasakan efek eksfoliasi yang dihasilkan campuran ini. 

3 dari 3 halaman

Kayu Manis dan Jus Lemon 

Masker dari kayu manis dan air perasan lemon juga bisa digunakan untuk bantu atasi permasalahan komedo di wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kayu manis dan lemon.

© Ilustrasi/Shutterstock

Aplikasikan ke komedo dan biarkan selama 10 menit baru dibilas. Lemon dapat bantu mengurangi komedo, sedangkan kayu manis bekerja untuk menutup pori-pori. 

(Sah, Sumber: News18)

Beri Komentar