DIY Masker Kembang Sepatu untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 29 November 2022 17:14
DIY Masker Kembang Sepatu untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut
Senyawa yang ada dalam bunga kembang sepatu dapat memperkuat folikel rambut dari akarnya dan juga mendorong pertumbuhannya

Dream - Banyak wanita yang berusaha keras untuk mendapatkan rambut panjang, sehat, dan kuat. Tak heran beragam produk perawatan rambut dicoba untuk hasil yang diinginkan.

Jika rambut Sahabat Dream sulit tumbuh atau pertumbuhannya lambat, ada cara alami yang bisa dicoba. Bahan alami yang dikenal dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah masker hibicus atau bunga kembang sepatu.

Shutterstock© Shutterstock

Senyawa yang ada dalam bunga kembang sepatu dapat memperkuat folikel rambut dari akarnya dan juga mendorong pertumbuhannya. Bersamaan dengan itu, masker rambut berbahan bunga kembang sepatu juga dapat membantu mengurangi ketombe.

Terlepas dari banyak manfaatnya, jika Sahabat Dream tidak menggunakan bahan alami ini dengan cara yang benar maka akan kurang efektif. Itulah sebabnya, kali ini Dream akan menunjukkan cara paling efektif menggunakan bunga kembang sepatu untuk merangsang pertumbuhan rambut, sebagaimana dikutip dari laman Boldsky.

1 dari 6 halaman

Bahan dan Cara Membuat

Bahan-bahan:

  •  20 bunga kembang sepatu
  • 30 daun mimba
  • 30 daun kari
  • Lima bawang bombay kecil
  • 1 sdt biji fenugreek
  • Satu daun lidah buaya
  • 15-20 bunga melati
  • 1 ml minyak kelapa

Cara Membuat:

  • Rendam biji fenugreek selama setengah jam. Potong lidah buaya menjadi potongan-potongan kecil.
  • Giling semua bahan menjadi satu dan tambahkan satu liter minyak kelapa murni. Panaskan dengan api kecil selama kurang lebih 30-45 menit hingga warnanya berubah menjadi hijau.
  • Biarkan hingga dingin, lalu saring dan simpan dalam botol kaca.
  • Oleskan ke kulit kepala, dan pijat dengan baik.
2 dari 6 halaman

Segudang Manfaat Carrot Oil untuk Rambut dan Kulit Kepala

Dream - Carrot oil diperoleh dengan menghancurkan akar atau biji wortel dan mencelupkannya ke dalam minyak pembawa, seperti zaitun atau kelapa.

Minyak dari akar dan biji wortel ini dinilai ampuh menghilangkan bakteri kotor pada kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe atau menghambat pertumbuhan rambut.

Minyak ini juga dikenal memiliki sifat regeneratif yang merangsang sirkulasi darah dan menjaga kutikula rambut juga memperkuat serat rambut.

Selain itu, minyak ini juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok dan bercabang, serta menghilangkan ketombe dan kulit kering.

Lebih baik lagi, ia juga menjaga tingkat kelembapan pada rambut dan kulit kepala.

Penasaran apa saja manfaat lain dari carrot oil ini untuk rambut? Simak ulasannya yang Dream rangkum dari Boldsky.

3 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Shutterstock© Shutterstock

Carrot oil dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang sistem folikel rambut. Minyak ini juga dapat mengurangi kerusakan dan ujung rambut yang bercabang. Jadi rambut akan menjadi lebih kuat dan mulai tumbuh kembali.

 

4 dari 6 halaman

2. Mencegah Rambut Rontok dan Ujung Bercabang

Shutterstock© Shutterstock

Carrot oil mencegah rambut rontok dan ujung bercabang dengan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga menyegel kutikula rambut dan memperkuat serat rambut.

 

5 dari 6 halaman

3. Menjaga Kelembapan Rambut dan Kulit Kepala

Shutterstock© Shutterstock

Minyak dari akar dan biji wortel ini juga dapat memperbaiki tekstur rambut dengan menjadikannya lebih berkilau, halus, dan lembut saat disentuh.

 

6 dari 6 halaman

4. Mengobati Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Shutterstock© Shutterstock

Karena minyak dari wortel ini mengandung cukup banyak antibakteri. Jadi dapat memberikan perlindungan terhadap banyak jenis bakteri dan jamur seperti yang menyebabkan ketombe.

Minyak alami ini juga dapat merangsang produksi minyak tubuh sendiri atau sebum di kulit kepala Anda loh.

(Sumber: Boldsky)

Beri Komentar