Deretan Pemicu Jerawat dan Flek Hitam Meski Hanya di Rumah Saja

Reporter : Nur Ulfa
Sabtu, 2 Oktober 2021 11:00
Deretan Pemicu Jerawat dan Flek Hitam Meski Hanya di Rumah Saja
Jangan sepelekan perawatan kulit di rumah.

Dream - Selama di rumah saja, ternyata tak menjamin kulit wajah bisa selau bersih dan sehat. Justru banyak yang mengalami masalah kulit saat berada di rumah.

Seperti munculnya jerawat dan flek hitam. Menurut Indah Widyasari, dokter spesialis kulit, banyak faktor memicu munculnya jerawat serta flek yang menggangu. Padahal

" Aktivitas selama di rumah membawa perubahan pada kulit wajah," ujar Indah Widyasari dalam acara webinar peluncuran Nuface Nu Glow Serum, Kamis, 1 Oktober 2021.

 

1 dari 5 halaman

Faktor pertama yaitu karena sering menatap laya laptop ataupun ponsel. Ternyata sering menggunakan gadget memiliki pengaruh besar atas kesehatan kulit wajah.

" Karena kita selalu di depan layar gadget, tv atau laptop. Ini yang diduga dapat menimbulkan keluhan pigmentasi dan juga flek," ucap dia.

Kulit wajah© Shutterstock

Selain itu, karena sering berada di dalam ruangan dingin. Kebiasaan ini menyebabkan kulit menjadi kering.

 

2 dari 5 halaman

Ada Beberapa Faktor

nufac© instagram

Faktor lain yang disadari orang adalah selama di rumah saja sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.

" Kita lupa, kalau minum banyak gula dan makanan tepung itu gampang timbul jerawat," kata dr. Indah.

Selama di rumah saja, tetap harus menggunakan skincare. Ia menyarankan untuk memilih produk yang bisa menjaga kelembapan kulit.

" Justru karena di rumah nggak kena paparan matahari justru kita merawat kulit," ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Skincare

Lantas skincare apa saja yang harus digunakan selama di rumah saja?

1. Moisturizer
Selalu gunakan moisturizer atau pelembap. Dengan kulit terhidrasi mampu meningkatkan kelembapan. 

2. Toner

Toner bermanfaat untuk melembapkan kulit serta menghilangkan bekas jerawat. Biasanya toner digunakan setelah cuci muka dan sebelum menggunakan serum. 

3. Serum
Pilih serum yang memiliki kandungan vitamin C, niacinamide, licorice extrac. Seperti Nuface Nu Glow Acne Prone Care Serum dan Nuface Nu Glow Brighten & Supple Skin Serum.

Nuface merilis seri perawatan wajah Nuface Nu Glow Serum dengan kombinasi tiga bahan utama untuk perawatan kulit, yakni niacinamide, licorice extrac, dan vitamin C.

" Rangkaian produk perawatan Nuface Nu Glow Serum ini sudah terdaftar di BPOM. Menariknya, dua produk Nuface Nu Glow Serum ini diciptakan untuk jenis kulit yang berbeda," kata Sri Rizky Nugrawati, Senior Marketing Manager PT Victoria Care Indonesia Tbk.

4 dari 5 halaman

Tips Mencegah Flek Hitam Akibat Paparan Sinar Matahari

Dream - Sahabat Dream pasti akan lebih sering terpapar sinar matahari ketika tengah menikmati liburan. Kebiasaan ini tidak membahayakan kulit, apalagi sampai berpikir mengubah penampilan, jika kamu memakai tabir surya yang mampu melindungi tubuhmu.

Namun jika lupa mengoleskan tabir surya, kamu boleh saja khawatir akan menghadapi masalah hiperpigmentasi. Kondisi ini bisa langsung muncul setelah berada di bawah sinar matahari langsung.

Pentingnya Memilih Sunscreen yang Sesuai dengan Kulit Wajah© MEN

Tapi biasanya, kondisi hiperpigmentasi baru muncul dalam jangka panjang dalam bentuk tanda-tanda penuaan atau flek hitam.

Flek hitam tidak hanya muncul pada wajah, tapi juga bagian kulit lainnya seperti dada. Terutama, jika kamu mengenakan bikini atau pakaian yang terbuka di area dada ketika beraktivitas di bawah matahari.

Jika sudah mengalami hiperpigmentasi, kamu bisa melakukan terapi laser untuk menyamarkannya.

5 dari 5 halaman

Dilansir dari Skincare.com, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam glikolat untuk membantu menyamarkan hiperpigmentasi secara bertahap.

Bahkan, produk yang mengandung asam glikolat juga mampu menyamarkan kerutan dan mengeksfoliasi kulit.

Lakukan pencegahan untuk menjaga warna kulit tetap merata dengan menggunakan tabir surya. Gunakanlah tabir surya dengan minimal SPF 30 yang mampu melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Aplikasikan 2 jam sekali, terutama jika wajah sering berkeringat atau lembap. Hindari paparan sinar matahari langsung mulai dari pukul 10-2 siang.

Kamu bisa menggunakan topi, sneakers dan pakaian yang tertutup untuk melindungi paparan sinar matahari.

Gunakan juga produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C dan asam salisilat untuk mencegah dampak buruk sinar matahari.

Beri Komentar