Ini Sebabnya Rambut Mengering Setelah Berenang

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 25 September 2022 13:13
Ini Sebabnya Rambut Mengering Setelah Berenang
Ketahui juga cara mengembalikan kesehatan dan kelembapan rambut.

Dream - Selain berlari atau bersepeda, berenang seringkali menjadi jenis olahraga pilihan ketika ingin meningkatkan kesehatan tubuh serta merasa lebih segar. Sayangnya, air kolam renang mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan rambut.

Itulah mengapa rambut bisa mengering setelah berenang. Masalah rambut yang terjadi setelah berenang disebabkan oleh kandungan klorin pada air kolam renang. Tidak hanya perubahan tekstur, rambutmu juga bisa berubah warna akibat klorin.

Lalu, bagaimana cara mencegah masalah rambut yang diakibatkan oleh klorin pada air kolam renang? Apa saja masalah rambut yang diakibatkan oleh klorin? Berikut penjelasannya dilansir dari Byrdie.

1 dari 4 halaman

Pengaruh Klorin Pada Rambut

Merawat Rambut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Pada dasarnya, klorin berfungsi sebagai disinfektan atau zat pemutih untuk menjaga air kolam renang tetap aman dan bersih dari bakteri maupun kuman. Tapi di saat yang sama, disinfektan dan zat pemutih itu bisa mengubah melanin atau pigmen pada rambut.

Hal tersebut disebabkan perpaduan antara zat pemutih pada klorin dan kandungan mineral pada air kolam renang yang dapat meninggalkan warna kehijauan pada rambut. Terutama, pada rambut yang cerah atau pirang. Selain itu, klorin juga dapat memecah kutikula yang menyebabkan rambut kusam, kering, rapuh, sulit diatur, dan warnanya luntur.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Klorin Masuk ke Rambut

Kenakan Topi Renang

Menggunakan topi renang dapat mencegah paparan klorin pada rambut selama berenang. Sehingga, kesehatan rambutmu tetap terjaga saat berenang.

Basahi Rambut Sebelum Berenang

Jika kamu tidak mempunyai topi renang, cukup basahi rambut sebelum masuk ke kolam. Dengan membasahi rambut, air akan mengisi pori-pori rambut dan mengurangi penyerapan klorin.

Gunakan Minyak Kelapa atau Kondisioner Tanpa Bilas

Minyak dan kondisioner tanpa bilas dapat berfungsi sebagai pelindung dari klorin yang mungkin masuk ke rambut. Molekul yang besar pada minyak kelapa dapat membentuk lapisan di luar rambut dan melindunginya dari paparan klorin.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Klorin dari Rambut

Selain upaya pencegahan, penting juga untuk merawat rambut setelah berenang. Terutama, jika rambutmu tidak terlindungi topi renang, dibasahi terlebih dulu, atau menggunakan minyak kelapa maupun kondisioner tanpa bilas.

Segera Keramas Setelah Berenang

Keramas© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Setelah berenang, baiknya untuk segera mencuci rambut untuk mengeluarkan klorin yang ada. Jika sebelum berenang menggunakan minyak kelapa atau kondisioner tanpa bilas, langsung aplikasikan sampo setelah keluar dari kolam renang tanpa membasahi rambut dengan air terlebih dulu. Rambut berminyak yang dibasahi terlebih dulu dengan air akan membuat klorin lebih sulit diangkat dan dibersihkan oleh sampo.

4 dari 4 halaman

Pilih Sampo yang Tepat

Untuk menjaga rambut agar tetap sehat, gunakan sampo yang mampu melembapkan dan bebas sulfat untuk menjaga tekstur rambutmu tetap halus serta mudah diatur.

Gunakan Masker Rambut

Lakukan perawatan tambahan menggunakan masker jika rambutmu terasa kering. Pilih masker rambut yang mampu memperbaiki rambut kering dan rusak agar kembali sehat.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Beri Komentar