Cara Mengatasi Jerawat Kala Sedang Meradang, Awas Jangan Asal Sentuh!

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 29 September 2022 13:47
Cara Mengatasi Jerawat Kala Sedang Meradang, Awas Jangan Asal Sentuh!
Saat jerawat meradang, sebaiknya lakukan hal berikut

Dream - Jerawat umumnya disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat oleh minyak dan bakteri. Peradangan karena sumbatan ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Namun pipi, hidung, dagu dan dahi memang menjadi area yang paling bermasalah.

Terkadang jerawat meradang pada saat yang tidak tepat, contohnya ketika ingin menghadiri perayaan atau momen spesial.

Tentunya ini akan membuat kepercayaan diri turun, dan seketika ingin memencet jerawat agar tak mengganggu penampilan.

Hal itu sebenarnya tak dianjurkan karena bisa menimbulkan bekas. Mengatasi bekas jerawat lebih sulit dan lebih lama daripada menghilangkan jerawat yang sedang aktif, Sahabat Dream. Saat jerawat meradang, sebaiknya lakukan hal berikut.

1 dari 3 halaman

Hindari Menyentuh Jerawat dengan Tangan

Shutterstock© Shutterstock

Aturan pertama dalam menangani jerawat adalah menjauhkan tangan dari wajah. Menyentuh wajah secara terus-menerus dapat memindahkan bakteri dari tangan ke wajah, sehingga memperburuk kondisi.

Menyentuh wajah sering juga dapat membuat kelenjar sebaceous menjadi overdrive yang menyebabkan produksi minyak berlebih, yang sangat buruk untuk jerawat Anda. Jadi, cuci muka Anda di pagi hari dengan pembersih antibakteri, lalu biarkan wajah.

 

2 dari 3 halaman

Spot Treat Untuk Jerawat

Jerawat yang sedang meradang disarankan untuk melakukan spot treatment ringan dengan menggunakan tea tree oil. Minyak tea tree ini mengandung antibakteri kuat yang luar biasa untuk membersihkan kulit secara mendalam dan menghilangkan jerawat.

Jika kulit Sahabat Dream tidak alergi dengan minyak kelapa, coba campurkan 4-5 tetes tea tree oildengan 12 tetes minyak kelapa atau minyak almond dan oleskan di atas jerawat yang membandel.

Biarkan selama 10-15 menit dan bilas kemudian. Menggunakan perawatan spot ini bisa membantu untuk mengempeskan jerawat.

 

3 dari 3 halaman

Treatment Laser

Jika masalah jerawat meradang yang tak kunjung mereda diiringi rasa gatal dan sakit, terkadang penggunaan skincare biasa atau obat topikal di permukaan kulit memang tidak cukup.

Diperlukan tindakan lanjutan yang lebih intens dan efektif di klinik kecantikan untuk mengurangi pertumbuhan jerawat meradang.

Istimewa© Istimewa

Treatment laser merupakan salah satu jenis perawatan di klinik kecantikan yang paling populer untuk mengatasi masalah jerawat meradang, seperti Redless V-Beam Laser yang ditawarkan oleh Jasper Skincare. Redless V-Beam Laser ini mampu meredakan jerawat meradang dan menghilangkan bekasnya. Laser ini juga tidak memberikan efek samping berupa downtime yang menyebabkan kemerahan setelah tindakan.

Selain Redless V-Beam Laser, juga dapat dicoba berbagai treatment laser lain seperti Pico Laser yang multi-fungsi untuk menyamarkan bopeng bekas jerawat.

Untuk mengetahui treatment mana yang paling pas untuk masalah kulitmu, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di Jasper Skincare yang sudah ahli di bidang kecantikan dan kesehatan kulit.

Beri Komentar