Jangan Coba di Tangan, Begini Cara Tepat Pilih Warna Foundation

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 10 Agustus 2022 07:12
Jangan Coba di Tangan, Begini Cara Tepat Pilih Warna Foundation
Cocokkan warna foundation dengan kulit agar riasan terlihat natural.

Dream - Mengetahui jenis kulit sangat penting ketika ingin membeli produk kosmetik. Kamu bisa memilih produk makeup atau skincare yang cocok dan tepat untuk mengatasi maupun menyamarkan berbagai masalah kulit.

Namun ketika membeli makeup, mengetahui jenis kulit saja tidak cukup. Perhatikan juga warna serta undertone kulit. Sehingga, riasanmu akan terlihat lebih natural dan sempurna.

Memilih warna eyeshadow, blush, atau lipstik akan cenderung lebih mudah karena kamu hanya perlu mengetahui undertone kulit. Tapi, lain halnya ketika memilih base makeup seperti foundation, bedak, atau concealer.

Maka dari itu, kamu perlu menggunakannya terlebih dulu untuk mengetahui kecocokkan warna base makeup. Biasanya, seseorang akan mencoba warna base makeup di punggung tangan dan memilih produk yang paling mirip dengan kulit.

Mencoba Foundation© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Namun ternyata, warna kulit di punggung tangan bisa sangat berbeda dengan leher maupun wajah. Jika ingin lebih teliti memilih base makeup, aplikasikan sedikit produknya di dekat rahang bawah hingga leher atau dagu menggunakan jari.

Mencoba Foundation© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Cobalah dua warna atau lebih agar bisa menentukan produk yang paling cocok. Jika tidak berhasil menemukan warna yang cocok dengan kulit, kamu bisa mencampur foundation dengan sedikit concealer berwarna berbeda untuk menetralkan warnanya.

1 dari 6 halaman

@ricapuspitas Siapa yg waktu pilih shade foundation di swatchnya masih ke tangan?👀 #GlowUpChallenge #GayaDiTiktok #makeuptips ♬ Tori Vibes - Crown P

 

2 dari 6 halaman

Trik Tampil Flawless dengan Foundation Matte bagi Pemilik Kulit Kering

Dream - Makeup dengan hasil akhir matte memang jadi salah satu tren yang populer beberapa waktu belakangan ini. Hasil riasan yang terlihat halus, mulus, dan tampak set sempurna memang jadi tampilan yang diidamkan banyak perempuan. Namun, penggunaan tren makeup yang satu ini ternyata membutuhkan trik khusus, terutama bagi pemilik kulit kering.

Pemilik tipe kulit kering memang yang paling rentan mengalami makeup crack saat bereksperimen dengan foundation dengan hasil akhir matte. Jadi, apa sih rahasianya agar bisa tampil flawless saat menggunakan jenis riasan yang satu ini?

Horor tapi Cantik, Makeup Tara Basro di Premiere 'Pengabdi Setan 2'

3 dari 6 halaman

Jaga Hidrasi Kulit dengan Baik

Trik Tampil Flawless dengan Foundation Matte bagi Pemilik Kulit Kering© Shutterstock

Hal paling penting saat akan bereksperimen dengan matte makeup adalah memperhatikan hidrasi kulit wajah dengan baik. Gunakan moisturizer atau pelembap yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dari luar, yang bisa membuat tampilannya kering dan pecah-pecah.

Lipstik Merah Menyala Raline Shah, Bikin Takluk Sejuta Mata

Selain itu, jangan lupa perhatikan asupan hidrasi tubuh dengan mengonsumsi air putih secara rutin. Cara ini dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, sehingga makeup yang digunakan pun terlihat lebih flawless.

4 dari 6 halaman

Base Makeup adalah Kunci

Trik Tampil Flawless dengan Foundation Matte bagi Pemilik Kulit Kering© Shutterstock

Ingin bermain dengan foundation dengan hasil akhir matte? Maka base makeup adalah kunci tampilan yang terlihat menawan. Jadi, sebelum mengaplikasikan produk foundie yang akan digunakan, ada baiknya mempersiapkan kulit wajah terlebih dulu.

Miliki Wajah Tirus seperti Model Internasional Kate Moss dengan Satu Langkah Sederhana

Jangan lupa gunakan primer yang berperan sebagai 'dasar' untuk membuat makeup terlihat lebih halus dan mulus. Kamu juga bisa menggunakan face mist untuk menjaga kelembapan dan kesegaran wajah ekstra sebelum proses merias wajah berlangsung. Base makeup yang tepat berperan sebagai pelindung agar riasan tidak mudah retak dan lebih tahan lama.

5 dari 6 halaman

Jangan Lupa Rawat Wajah Rutin dengan Sheet Mask

Trik Tampil Flawless dengan Foundation Matte bagi Pemilik Kulit Kering© Shutterstock

Untuk menciptakan makeup yang terlihat flawless, rajinlah melakukan perawatan wajah dengan sheet mask. Produk skincare yang satu ini dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit sekaligus menjaga hidrasinya.

Trik Mengaplikaskan Metode Chizu Saeki untuk Membuat Riasan Glowing

Khusus pemilik kulit kering, pilih sheet mask dengan kandungan yang dapat menjaga kelembapan wajah. Misalnya yang mengandung aloe vera atau madu yang dikenal sebagai bahan alami untuk mempertahankan hidrasi kulit.

6 dari 6 halaman

Set Makeup dengan Tepat agar Tahan Lama

Trik Tampil Flawless dengan Foundation Matte bagi Pemilik Kulit Kering© Shutterstock

Tahu nggak sih, salah satu rahasia foundation matte terlihat cantik alami dan bebas crack adalah teknik mengeset makeup yang tepat. Langkah awal yang harus diketahui adalah pastikan gunakan foundie dan ratakan menggunakan jari. Menurut para makeup artist, minyak alami yang ada di tangan dapat membantu proses blend dengan maksimal, sehingga mencegah tampilan jadi crack. Selain itu, jangan lupa gunakan setting spray setelah selesai mengaplikasikan seluruh makeup, untuk mencegah riasan geser dan luntur.

Buat Wajah Tampak Flawless dan Natural dengan Foundation Lebih Terang

Menggunakan foundation matte untuk pemilik kulit kering sebenarnya bisa saja dilakukan, asal memahami cara penggunaan produk yang tepat. Yuk, saatnya terapkan beberapa trik di atas, Sahabat Dream!

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More