Jangan Pilih Sabun Mandi karena Wanginya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 29 Maret 2019 16:15
Jangan Pilih Sabun Mandi karena Wanginya
Kondisi kulit jadi taruhannya.

Dream - Apa yang menjadi pertimbangan Sahabt Dream saat memilih sabun? Aroma atau wangi sabun biasanya mendominasi pilihan Anda. Padahal justru pilihan itu yang sebaiknya dihindari. Terutama sabun yang wanginya sangat menyengat.

Wangi yang sangat kentara pertanda kandungan parfum dalam sabun sangat tinggi yang bisa dengan mudah membuat kulit kering. Sebaiknya, pilih sabun berdasarkan formula pelembapnya. Hindari sabun yang setelah memakainya terasa kesat di kulit. Itu pertanda kandungan deterjennya sangat tinggi.

" Memang enak, waktu mandi rasanya kesat. Tapi, lama-lama kulit jadi kering karena kadar deterjen sabunnya cukup tinggi. Kalau bisa, cari sabun yang kadar deterjennya rendah dan ada pelembapnya, untuk kulit kering," tutur Kardiana Dewi, dokter spesialis kulit dan kelamin saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Bagi yang memiliki kulit normal atau berminyak dan berbulu, tidak perlu memakai sabun dengan kadar kelembapan ekstra maupun sabun bayi. Sabun dengan level pelembap normal jadi pilihan terbaik.

" Kalau orangnya sangat aktif, berkeringat banyak, kulitnya normal, tebal dan tidak kering maupun punya problem kulit, bisa pakai sabun biasa. Yang penting, kadar deterjennya rendah," kata Kardiana.

Sedangkan untuk kulit kering, sebaiknya memilih sabun berpelembap ekstra dan yang bisa menjaga kelembapan alami kulit seperti sabun bayi. " Kalau kulitnya kering, sering gatal dan jarang pakai lotion, saya sarankan pakai sabun bayi," jelasnya.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie