Kulit Juga Bisa Stres, Coba 'Cuti' Pakai Makeup

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 2 Februari 2022 07:48
Kulit Juga Bisa Stres, Coba 'Cuti' Pakai Makeup
Jangan sampai kulit mengalami peradangan parah.

Dream – Makeup memang membuat tampilan wajah jadi lebih menarik. Mulai dari foundation, concealer, blush on hingga eyeshadow. Memang kita sulit untuk lepas dari makeup tapi pastikan memberi waktu untuk kulit wajah beristirahat. Terutama saat tidur, bersihkan dulu makeup

Jangan sampai makeup membuat kulit wajah menjadi " stres" . Kulit yang terus terkena makeup tebal bisa stres lalu mengalami peradangan. Keluhan yang muncul
antara lain kering, iritasi, gatal-gatal dan sensasi menyengat atau terbakar.

Dalam kondisi ini, untuk sementara hentikan dulu pemakaian makeup untuk sementara. Cukup gunakan skincare sesuai dengan masalah kulit. Cari juga skincare yang tak beraroma. Saat muncul gejala stres berikut pada kulit, lakukan langkah-langkah simpel ini.

Kulit kemerahan
Terkadang kulit kemerahan merupakan pertanda dari kulit kering atau iritasi, sehingga penggunaan serum ataupun masker dapat membantu. Serum dapat memberikan efek yang menenangkan pada kulit, namun bila dalam dua minggu belum terjadi perubahan maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kulit.

 

 

1 dari 5 halaman

Jerawat
Jerawat dan kulit berminyak adalah efek samping yang paling umum dari stres, untuk mengatasinya gunakan pembersih dua kali sehati dan juga hindari eksfoliasi/ pengelupasan kulit secara berlebihan. Eksfoliasi dengan menggosok kulit secara berlebih dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit yang akan memperparah kondisi kulit.

Kulit kering
Bila kulit terasa kering, kamu bisa mengurangi aktivitas mencuci muka. Cukup satu kali sehari dan ganti dengan menggunakan micellar water. Kamu juga bisa memakai alat humidifier di kamar tidu untuk membantu menjaga kelembapan kulitmu.

Kulit kusam
Jika kulitmu kusam, kamu bisa menambahkan Vitamin C ke dalam rangkaian skincare. Vitamin C berguna untuk memudarkan bintik-bintik cokelat, membantu mengurangi garis-garis halus, dan keriput. Gunakan serum yang memiliki komposisi setidaknya 15% Vitamin C.

Laporan: Anzila Riskia Putri/ Sumber: Vogue

2 dari 5 halaman

Manfaat Kandungan Ceramide untuk Memperbaiki Kondisi Kulit

Dream - Setelah ramai pemakaian retinol untuk meningkatkan kesehatan kulit serta mencegah penuaan dini, belakangan ini, ceramide menjadi bahan aktif incaran banyak orang.

Pasalnya, ceramide diklaim mampu memperbaiki dan memperkuat kondisi lapisan kulit. Sehingga, kondisi kulitmu bisa membaik dan tidak rentan terhadap berbagai masalah.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Dermatologis, Yessica Tania dalam salah satu video TikToknya. Di awal video tersebut, ia memperlihatkan kondisi wajah yang kemerahan dengan lapisan kulit kurang sehat.

Namun, kondisi kulit wanita dalam video tersebut bisa mereda dan tekstur maupun lapisan kulitnya pun membaik. Selanjutnya, wanita tersebut mengungkapkan bahwa kemerahannya berhasil mereda akibat pemakaian pelembap yang juga dapat memperbaiki kondisi lapisan pelindung kulit.

Lebih lanjut, Yessica pun mengungkapkan sedikit informasi seputar pemakaian pelembap yang mengandung ceramide. " Jadi, ceramide itu adalah penyusun dari skin barrier kita," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Menggunakan Skincare© Shutterstock

" Ceramide itu bertindak sebagai lem yang mengikat antar sel kulit kita. Untuk menjaga supaya kulit kita tetap sehat. Nggak jadi kering," lanjutnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa kulit kering bisa menjadi pertanda kondisi lapisan pelindung kulit yang terganggu dan penguapan berlebih pada kulitmu. Jenis ceramide yang dapat terkandung pada skincare dan bermanfaat untuk kesehatan kulit pun beragam.

Beberapa di antaranya adalah Ceramide NS, Ceramide NP, Ceramide AS, Ceramide AP, dan Ceramide EOP yang jika digabungkan dalam sebuah produk akan meningkatkan efektivitas pemakaian bahan aktif tersebut. Sehingga, lapisan pelindung kulit akan lebih kuat dan kulitmu pun sehat.

4 dari 5 halaman

Tidak hanya diperuntukkan bagi jenis kulit kering saja, skincare yang mengandung ceramide juga bisa cocok pada berbagai kondisi wajah. Bahkan, pada kulit yang mengalami eksim sekalipun.

Tapi, kamu tetap harus mencoba kecocokannya terlebih dulu sebelum memakai skincare yang mengandung ceramide secara rutin. Karena, tidak semua skincare bisa cocok untuk setiap orang.

Jika ingin mencoba memakai skincare yang mengandung ceramide, pilihlah produk dengan kombinasi beberapa jenis bahan aktif tersebut. Pasalnya menurut Yessica, ceramide yang tidak dikombinasikan justru bisa memberikan dampak buruk pada kulit. Selamat mencoba!

5 dari 5 halaman
Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More