Makan Ikan Bikin Area Intim Berbau Tak Sedap?

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 14 Maret 2019 14:43
Makan Ikan Bikin Area Intim Berbau Tak Sedap?
Ini penjelasannya.

Dream - Wanita kerap dihadapi dengan masalah bau pada area intim. Hal ini bisa bikin siapapun jadi minder. Miss V yang berbau tak sedap juga dapat menjadi tanda suatu penyakit.

Banyak hal dapat memicu bau tak sedap di area intim, di antaranya kebersihan organ kewanitaan, keputihan, faktor hormon hingga pemakaian celana dalam yang terlalu ketat. Tapi apakah benar kaitannya dengan makanan?

 Makan Ikan Bikin Area Intim Berbau Tak Sedap?© shutterstock.com

" Percaya atau tidak, makanan berbau amis, seperti ikan tidak memengaruhi bau pada vagina. Belum ada penelitian membuktikan penyakit vagina yang disebabkan oleh makanan," kata Dinda Derdameisya, Dokter Spesialis Aesthetic Gynaecologist, saat launching Andalan Feminine Care, Jakarta, Rabu kemarin.

Dinda memaparkan, masalah pada organ intim sebagian besar disebabkan oleh faktor luar. Vagina secara alami bersifat asam yang bersifat antibakteri. Jika terganggu, vagina akan mulai mengeluarkan bau tak sedap.

1 dari 1 halaman

Faktor Internal

Ada pula faktor internal yang berkaitan dengan hormon. Berbicara soal hormon, makanan cepat saji mengandung phthalates yang mengganggu kadar hormon.

 Makan Ikan Bikin Area Intim Berbau Tak Sedap?© shutterstock.com

" Ketidakseimbangan hormon juga menjadi salah satu faktor masalah organ intim. Makanya keputihan juga sering ditemukan pada remaja dan ibu hamil," ujarnya.

Agar Miss V tetap segar dan sehat, Sahabat Dream harus menjaga kebersihan dengan memakai sabun khusus. Air saja tidaklah cukup, karena kadar pH air berada di angka 7 alias netral. Feminine hygiene dirancang khusus dengan pH 3,5-4,9 yang melindungi vagina dari bakteri dan jamur.

Beri Komentar