Makeup di Bawah Mata Sering Luntur, Ini Solusinya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 30 Oktober 2022 14:40
Makeup di Bawah Mata Sering Luntur, Ini Solusinya
Mungkin, riasanmu luntur akibat salah memilih aplikator.

Dream - Riasan di area bawah mata seringkali hancur meski wajah belum berkeringat atau basah terkena tetesan air. Biasanya penyebabnya akibat kulitmu belum cukup lembap ketika mengaplikasikan makeup.

Pemakaian pelembap harus benar-benar merata untuk memastikan riasan bisa menempel dan bertahan cukup lama. Untuk menyiasatinya, sebagian orang berusaha memakai petroleum jelly sebelum mengaplikasikan makeup di area bawah mata untuk menyamarkan tekstur serta memberikan kelembapan ekstra.

Dengan petroleum jelly, tekstur di area bawah mata lebih mulus dan mudah diaplikasikan makeup. Di samping itu, kamu juga harus memperhatikan cara mengaplikasikan makeup di area tersebut.

Kalau kamu ingin menjajal teknik pengalikasian ini, berikut beberapa tips dari Makeup Artist (MUA) @sindeputri_weddinggalery yang diklaim bisa membuat riasan di bawah mata lebih tahan lama.

1 dari 5 halaman

1. Meratakan Concealer atau Foundation dengan Spons

Memakai Concealer© Instagram @sindeputri_weddinggalery

Foto: Instagram @sindeputri_weddinggalery

Ratakan produk makeup yang bertekstur cair atau krim dengan spons hingga benar-benar merata dan tidak bergaris. Terutama, ketika di area tersebut terdapat kantong mata atau garis halus. Jangan gunakan terlalu banyak produk untuk membuat riasan lebih tahan lama.

2 dari 5 halaman

2. Memakai Bedak Tabur dengan Kuas

Memakai Bedak© Instagram @sindeputri_weddinggalery

Foto: Instagram @sindeputri_weddinggalery

Setelah itu, aplikasikan bedak tabur dengan jumlah produk sama dengan concealer atau foundation yang dipakai menggunakan kuas. Jika concealer yang digunakan cukup tebal, gunakan bedak lebih banyak. Tapi jika concealer-nya tipis, baurkan sedikit bedak di area tersebut.

Pengaplikasian bedak tabur dengan kuas akan membuat partikelnya lebih mudah masuk ke seluruh area bawah mata yang sulit dijangkau. Sehingga, pengaplikasiannya lebih merata dan membuat riasan tidak mudah luntur.

4 dari 5 halaman

Cari Tahu Warna Color Corrector yang Tepat untuk Membuat Area Bawah Mata Lebih Mulus

Dream - Menggunakan concealer, foundation, maupun color corrector, di bawah mata seringkali dilakukan untuk menyamarkan lingkaran hitam atau kantong mata. Sehingga, area di bawah mata terlihat lebih cerah.

Selain kedua hal itu, ketiganya juga bisa digunakan untuk memudarkan bekas jerawat maupun bekas luka. Sehingga, area bawah mata terlihat lebih cerah dan memiliki warna kulit merata. Tentunya, penggunaan concealer, foundation, atau color corrector juga harus tepat untuk bisa membuat riasanmu terlihat natural.

Color Corrector© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Makeup Artist (MUA) @errikaayu_makeup menyarankan untuk memakai color corrector warna merah atau oranye terlebih dulu ketika ingin menyamarkan kantong mata dan lingkaran hitam pada kulit gelap. 

Sementara ketika hanya ingin meratakan warna kulit yang tidak memiliki kantong mata atau lingkaran hitam, bisa menggunakan color corrector berwarna peach.

5 dari 5 halaman

Dia juga menyarankan untuk menggunakan color corrector tipis-tipis agar tidak mudah creasing dan hancur. Kamu juga bisa memilih formula color corrector dan concealer liquid atau cream yang lebih nyaman diaplikasikan ke area bawah mata.

Jika area bawah matamu cepat mengering, gunakan color corrector dan concealer berformula cair atau liquid. Namun jika area bawah matamu sudah cukup lembap, kamu bisa menggunakan color corrector atau concealer berformula cream.

Jangan lupa gunakan concealer atau foundation 1-2 tingkat lebih terang daripada warna kulit agar riasanmu tetap terlihat natural. Kunci makeup di area bawah mata dengan setting powder agar tidak mudah hancur.

Beri Komentar