Dokter Jelaskan Alasan Kulit Terasa Gatal Saat Stres

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 21 Juli 2021 12:12
Dokter Jelaskan Alasan Kulit Terasa Gatal Saat Stres
Ini jawabannya.

Dream - Kondisi kulitmu bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari produk perawatan kulit yang digunakan, cara pemakaiannya, gaya hidup, serta stres.

Mungkin, kamu sudah melakukan perawatan yang tepat dan gaya hidup sehat. Ternyata hal tersebut tidak cukup untuk menjaga kesehatan kulit jika belum bisa mengontrol stres.

Stres tidak hanya menimbulkan jerawat atau memicu produksi minyak berlebih, tapi juga bisa menyebabkan kulit gatal. Hal ini dijelaskan oleh dokter sekaligus fitness influencer, Danar Wicaksono.

1 dari 6 halaman

Hubungan kulit dengan otak

      View this post on Instagram      

A post shared by Danar Wicaksono (@dr_danar)


" Jadi di tubuh kita ada hubungan antara otak sama kulit yang dihubungkan oleh Brain-Skin Axis," katanya dalam video yang diunggah di Instagram pribadinya.

" Saat stres, otak kita akan mengeluarkan suatu zat yang akan merangsang munculnya sel-sel radang yang diedarkan ke seluruh tubuh sebagai bentuk pertahanan," ungkapnya.

Saat sel tersebut sampai ke kulit, sel radang akan mengakibatkan peradangan yang menimbulkan rasa gatal.

Di samping itu, kulit pun memproduksi sel radang sendiri.  Hal inilah yang membuat rasa gatal yang dirasakan semakin hebat. (mut)

2 dari 6 halaman

3 Cara Bikin Siku dan Lutut Tidak Kering dan Gelap, Tanpa Ribet!

Dream - Memiliki siku dan lutut yang kering seringkali membuat tidak nyaman. Bahkan mengurangi rasa percaya diri. Terlebih, dua bagian tubuh ini cenderung lebih gelap dibanding warna kulit lain.

Selain menghindari paparan sinar matahari, kamu harus melakukan perhatian ekstra untuk mengurangi penumpukan sel kulit mati pada siku dan lutut.

Anti ribet, kamu justru bisa hilangkan kulit gelap dan kasar pada siku dan lutut lewat tiga langkah sederhana berikut ini:

1. Eksfoliasi

Ilustrasi© Shutterstock

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit merupakan proses menghilangkan sel kulit mati pada lapisan terluar kulit, seperti menyikat kering atau penggunaan lulur.

Selain mengangkat sel kulit mati, proses ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah serta menghasilkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Kamu bisa coba gunakan loofah atau sikat dengan gerakan melingkar pada siku dan lutut yang kasar ketika mandi secara rutin, dan rasakan perbedaannya setelah beberapa kali percobaan.

3 dari 6 halaman

2. Menjaga kelembaban kulit

Jangan lupa untuk melembabkan kulit secara teratur agar kulit tetap terhidrasi. Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu harus biasakan rutin minum air mineral setidaknya delapan gelas air per hari.

Jangan lupa juga harus rutin lakukan kelembaban dengan mengoleskan body lotion atau baby oil untuk menghilangkan kulit kasar pada siku dan lutut.

Ilustrasi© Shutterstock

4 dari 6 halaman

3. Membuat treatment sendiri

Ilustrasi© Shutterstock

Kebanyakan treatment yang dibuat untuk menghilangkan permasalahan siku dan lutut yang kasar mengandung lemon, selain mampu mencerahkan bintik-bintik pada kulit gelap, kandunganya juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dengan baik.

Cara termudah yang bisa dilakukan, potong lemon jadi dua, Gosokkan ke siku dan lutut selama 10 menit. Lalu bilas. Kamu bisa lakukan treatment ini dua kali seminggu, saat sebelum mandi.

Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: Fustany

5 dari 6 halaman

4 Tips Mencegah dan Menyamarkan Kerutan Pada Leher

Dream - Penuaan bisa terjadi di seluruh area kulit, termasuk leher. Jika tidak dicegah dan dirawat dengan baik, kulit leher bisa mengalami penuaan lebih cepat dari biasanya.

Kamu bisa menggunakan produk anti penuaan untuk mencegah munculnya tanda penuaan pada leher. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa upaya lainnya seperti yang dilansir dari Stylecraze.

Menggunakan produk yang mengandung vitamin C

Vitamin C dapat mencerahkan serta memperlambat proses penuaan dini dikarenakan sifat antioksidan yang cukup tinggi pada vitamin C. Sehingga, dapat menangkal dan mengatasi dampak buruk radikal bebas seperti penuaan dini.

6 dari 6 halaman

Berhenti merokok

Tembakau dan nikotin dapat mengurangi jumlah kolagen dalam kulit. Inilah yang menyebabkan tanda penuaan muncul lebih cepat dan kulit kusam.

Menjaga kelembapan kulit

Lakukan Hal Ini Agar Bibir Lebih Kenyal dan Lembap© MEN

 

Ketika kelembapan wajah terjaga, lapisan kulit akan lebih kuat dan tidak sensitif terhadap penuaan dini serta masalah lainnya.

Maka dari itu, jagalah kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap serta face oil bila dibutuhkan.

Menggunakan krim retinol

Krim Retinol© Shutterstock.com

 

Retinol seringkali digunakan untuk mencegah penuaan dini dan meredakan berbagai masalah kulit. Namun, kamu harus berhati-hati jika ingin menggunakan retinol.

Gunakanlah produk yang mengandung retinol dengan konsentrasi minimal agar tetap aman bagi kulit.

Beri Komentar