Perawatan Luar Dalam yang Bikin Kulit Kenyal dan Lembut

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 22 September 2021 11:12
Perawatan Luar Dalam yang Bikin Kulit Kenyal dan Lembut
Cobalah lakukan langkah-langkah berikut yang termasuk perawatan kulit holistik.

Dream – Kulit yang sehat ditandai dengan kondisinya yang lembap, kenyal dan lembut saat disentuh. Untuk mendapatkan kulit sehat bukan hanya membutuhkan perawatan dari luar tapi juga dari dalam.

Penting bagi Sahabat Dream untuk menjaga kondisi kulit selalu sehat dengan perawatan yang rutin. Cobalah lakukan langkah-langkah berikut yang termasuk perawatan kulit holistik.

1. Membersihkan dan melembapkan
Hal pertama yang paling mudah dilakukan untuk memiliki kulit sehat yaitu dengan membersihkan dan melembapkan. Kamu dapat menggunakan sabun pelembab tubuh, untuk memastikan kulit mendapat nutrisi yang tepat dan tetap kenyal.

2. Diet seimbang
Kulit yang sehat berasal dari diet seimbang, karena makanan yang dimakan membuat fungsi tubuh menjadi sehat. Tidak heran, diet seimbang memiliki dampak yang besar pada kulit. Nutrisi, mineral, dan protein yang ditemukan di makanan mendukung produksi kolagen. Selain itu, juga membran sel yang sehat dan melindungi kulit dari stressor berbahaya seperti paparan sinar UV.

 

 

1 dari 4 halaman

3. Senyum
Ketika kamu senyum, aliran darah menjadi lebih baik dan kulit menerima oksigen. Hal ini dapat membantumu mengembangkan kulit yang lebih sehat, sekaligus membuatmu bebas stres, terlihat bahagia, dan berseri-seri.

4. Minum air yang cukup
Tubuh kita terdiri dari 70% air. Maka dari itu, minum air dalam jumlah yang cukup menjadi cara termudah untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi. Minum air yang cukup membantu mengeluarkan racun dari tubuh, mencegah jerawat, dan meningkatkan elastisitas kulit.

5. Olahraga
Ketika kamu bergerak atau membakar kalori, tubuh memproduksi zat kimia yang disebut endorfin. Endorfin berinteraksi dengan reseptor di otak dan memicu perasaan perasaan positif serta pikiran bahagia. Perasaan bahagia tercermin pada kulit, sehingga memiliki kekuatan untuk sepenuhnya mengubah suasana hati dan membuat kulit berseri-seri.

Laporan Angela Irena Mihardja/ Sumber: Times of India

2 dari 4 halaman

Rahasia Air Beras untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Dream - Air beras ternyata punya manfaat untuk kecantikan, khususnya untuk perawatan rambut. Air yang didapatkan dari cucian beras diyakini bisa menjadikan rambut kuat bersinar.

Cara ini sudah dilakukan dalam budaya Jepang lebih dari 1.000 tahun silam. Selain rambut, air beras juga diyakini berkhasiat untuk perawatan wajah. Bahkan, sudah banyak produk perawatan wajah yang memiliki kandungan air beras di dalamnya.

Jika kamu ingin membuat air beras sendiri di rumah, caranya juga sangat mudah. Kamu bisa langsung mengaplikasikan air cucian beras pertama, saat kamu sedang masak nasi ke wajah atau rambut.

Kamu juga bisa merebus air dan beras dengan perbandingan 4:1. Setelah itu, biarkan mendingin dan masukan ke dalam wadah.

Kamu juga bisa membuatnya dengan cara merendam beras selama 30 menit, lalu ambil airnya. Jika kamu ingin mendapatkan air beras yang terfermentasi, biarkan rendaman ini dalam suhu ruang selama 1 hari.

Air beras diketahui memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, seperti membuat kulit lebih cerah, melembapkan kulit.

Bahan alami ini sangat cocok digunakan kamu yang memiliki kulit kering karena dapat mengembalikan kelembapan kulit. Sedangkan untuk rambut yang diwarnai, memilih air beras untuk mengatasi masalah-masalah rambut adalah hal yang tepat.

3 dari 4 halaman

Air beras bisa untuk apa saja?

Bilasan rambut

Tambahkan beberapa tetes minyak essensial pada air beras yang sudah kamu fermentasi. Setelah itu aplikasikan ke rambut dari akarnya hingga ke ujung rambut, sebelum kamu keramas, dan biarkan selama 10 menit, baru setelah itu kamu keramas seperti biasa.

Ilustrasi© shutterstock

Dengan melakukan ini, kamu bisa mendapatkan rambut yang bersinar dan kuat. Selain itu, hal ini juga yang dilakukan nenek moyang Jepang untuk menumbuhkan rambut yang panjang.

4 dari 4 halaman

Toner

Aplikasikan air beras dengan sehelai kapas, lalu gunakan ke wajahmu sebagai toner. Toner ini bisa bermanfaat untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan ingin kulit terasa lebih lembap dan bersinar.

Ilustrasi© shutterstock

Lulur badan

Kamu juga dapat memanfaatkan air beras sebagai campuran lulur badan alami. Caranya tinggal campurkan air beras bersamaan dengan garam laut, lalu aplikasikan langsung ke badan sebagai eksfoliator alami.

Sumber: Healthline

Beri Komentar