Tips Memilih Pelembap Wajah yang Cocok untuk Pemilik Kulit Kombinasi

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 24 Januari 2023 15:17
Tips Memilih Pelembap Wajah yang Cocok untuk Pemilik Kulit Kombinasi
Intip lebih jauh seperti apa sih kriteria pelembap yang cocok digunakan pemilik kulit kombinasi, Sahabat Dream!

Kulit kombinasi memiliki karakteristik yang lebih unik dan berbeda jika dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Nggak hanya spesifik pada 1 kondisi tertentu, area T-zone biasanya akan lebih berminyak, sementara itu daerah lainnya mengalami kondisi kering yang cukup mengganggu. Nggak jarang pula jenis kulit ini juga cukup sensitif dan rentan dehidrasi.

Salah satu kunci perawatan kulit kombinasi adalah dengan memilih produk moisturizer atau pelembap wajah yang bisa menjawab kebutuhan sesuai kondisi kulit. Intip lebih jauh seperti apa sih kriteria pelembap yang cocok digunakan pemilik kulit kombinasi, Sahabat Dream!

1 dari 4 halaman

Pilih Produk dengan Tekstur Ringan

Tips Memilih Pelembap Wajah yang Cocok untuk Pemilik Kulit Kombinasi© Shutterstock

Sering dibuat galau memilih produk pelembap wajah seperti apa sih yang cocok untuk kulit kombinasi? Produk dengan tekstur ringan dan water based bisa jadi pilihan terbaik dibandingkan produk krim yang cenderung berat.

Produk dengan kandungan water based dapat membantu melembapkan wajah tanpa membuatnya terasa lengket. Jadi, bisa menghidrasi area kulit yang kering dan dehidrasi tanpa membuatnya jadi banjir minyak ketika digunakan pada area T-zone. Aplikasikan produk tipis-tipis terlebih dulu di seluruh area wajah. Jika bagian kulit yang kering membutuhkan kelembapan ekstra, kamu bisa menambahkannya khusus di bagian tersebut.

2 dari 4 halaman

Pastikan Produk Memiliki Formula Non-Comedogenic

Tips Memilih Pelembap Wajah yang Cocok untuk Pemilik Kulit Kombinasi© Shutterstock

Jika area T-zone memproduksi minyak secara berlebihan, pastikan kamu memilih pelembap yang mengandung formula non-comedogenic. Hal ini penting agar formula produk nggak menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah komedo yang membandel.

Jangan lupa untuk kenali dulu kandungan atau formula apa saja yang termasuk dalam kategori non-comedogenic. Mulai dari benzoyl peroxide, sulfur, hingga salicylic acid.

3 dari 4 halaman

Hindari Produk dengan Bahan yang 'Keras' untuk Kulit

Tips Memilih Pelembap Wajah yang Cocok untuk Pemilik Kulit Kombinasi© Shutterstock

Sebisa mungkin hindari pelembap yang mengandung bahan 'keras', terlebih jika kondisi kulit kombinasi ini juga diikuti dengan kulit sensitif. Beberapa bahan yang sebaiknya dihindari adalah produk yang mengandung fragrance, retinol, hingga alkohol.

Kandungan tersebut dapat mengikis minyak alami kulit, membuat area yang kering akan semakin kering, dan T-zone akan makin banjir minyak. Ketidakseimbangan kondisi kulit ini tentunya jadi hal yang mengganggu penampilan.

4 dari 4 halaman

Kenali Formula Hydrating yang Cocok untuk Kulit Kombinasi

Tips Memilih Pelembap Wajah yang Cocok untuk Pemilik Kulit Kombinasi© Shutterstock

Hal penting lainnya yang nggak boleh dilewatkan saat memilih pelembap untuk kulit kombinasi adalah mengenali bahan-bahan yang baik dan dapat menghidrasi kulit dengan maksimal. Kamu bisa memilih moisturizer dengan kandungan hyaluronic acid, ceramides, niacinamide atau squalane yang dapat menjaga area kering maupun berminyak tetap seimbang dan lembap secara menyeluruh.

Jika memahami aturan pemilihan pelembap wajah dengan tepat, perawatan kulit kombinasi dapat memberikan hasil maksimal sesuai yang diharapkan. Yuk, saatnya lebih aware lagi dengan kondisi kulitmu, Sahabat Dream!

Beri Komentar