Wajah Sering Berjerawat? Bisa jadi Kamu Menderita PCOS

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 23 Juli 2022 17:28
Wajah Sering Berjerawat? Bisa jadi Kamu Menderita PCOS
Ketahui gejala lainnya menurut dokter kulit.

Dream - Sebagian orang menganggap jerawat hanya masalah kulit yang datang setiap bulan dan akan hilang dengan sendirinya. Ada pula yang beranggapan jerawat akan langsung hilang ketika menggunakan skincare tertentu.

Tapi pada beberapa kasus, jerawat bukan hanya masalah kulit yang sepele. Jerawat juga bisa menjadi pertanda masalah kesehatan tertentu. Salah satu penyakit yang ditandai dengan munculnya jerawat adalah PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) atau sindrom ovarium polikistik.

Dikutip dari Hello Sehat, PCOS merupakan kondisi ketika seseorang memiliki kista kecil di dalam ovarium atau indung telur. Kondisi ini juga menyebabkan kadar hormon androgen meningkat serta resistensi insulin.

Ketidakseimbangan hormonal itulah yang berpotensi menyebabkan jerawat atau masalah kulit lainnya. Tapi, tidak semua orang menyadari gejala tersebut. Apalagi, jika masalah kulit yang dialami tidak begitu parah.

Berdasarkan penuturan Dokter Kulit, Danar Wicaksono, orang yang menderita PCOS dengan gejala munculnya jerawat seringkali tidak terdiagnosa. Padahal, jerawat yang sulit disembuhkan merupakan salah satu gejala PCOS dan harus dikonsultasikan ke dokter.

" Kalau jerawat nggak sembuh-sembuh, harus konsultasi ke dokter. Bisa jadi ada keterlibatan organ dalam. Jerawat kan, ada hubungannya dengan organ reproduksi wanita," tuturnya dalam Garnier Skincare Masterclass 'Drawat', Kamis kemarin.

1 dari 5 halaman

Gejala Lainnya

Dokter Kulit Danar Wicaksono di Garnier Skincare Masterclass© Garnier Indonesia

Foto: Garnier Indonesia

Selain itu, dia menambahkan beberapa gejala yang memperkuat diagnosa penderita PCOS, seperti nyeri haid sulit dihilangkan, penggumpalan darah haid, serta memiliki suara berat.

" Kalau haidnya nyeri tidak hilang-hilang, darah haidnya menggumpal dan warnanya merah pekat seperti hati ayam, suaranya berat seperti kodok, bisa jadi mengalami PCOS," sambung Danar.

Jika memiliki jerawat atau masalah kulit yang sulit dihilangkan, segerakan berkonsultasi dengan dokter kulit dan gunakan skincare dengan kandungan asam salisilat, vitamin C, serta niacinamide untuk membantu meredakan kondisi kulitmu.

2 dari 5 halaman

4 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat

Dream - Banyaknya skincare yang beredar di pasaran belum bisa menjamin semua orang terbebas dari jerawat. Cepat atau lambat, jerawat akan muncul di wajah dengan penyebab serta kondisi yang berbeda pada masing-masing orang.

Jerawat pun bisa muncul pada anak-anak maupun dewasa. Ada yang bisa diatasi dengan memakai skincare dan ada juga yang memerlukan perawatan dokter kulit untuk mengontrol kondisinya.

Enzy Storia Tampil Bak Barbie Hidup dengan Makeup Simpel

Meski memiliki kondisi berbeda, beberapa kandungan skincare mampu meredakan maupun mengatasi jerawat pada semua jenis kulit. Berikut di antaranya.

3 dari 5 halaman

1. Salicylic Acid (BHA) dan AHA

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

barenbliss Luncurkan Dual Serum Vitamin C+A Pertama di Indonesia

Salicylic acid merupakan jenis BHA yang mudah ditemukan di berbagai jenis skincare. Terkadang, salicylic acid digabungkan dengan AHA untuk mengoptimalkan fungsinya.

Menurut Dokter Kulit, Danar Wicaksono, keduanya mampu mengatasi penyumbatan pori-pori yang menyebabkan komedo maupun jerawat. Sehingga, pori-pori jadi lebih bersih dan jerawat pun mereda.

" Salicylic acid dan AHA juga bisa mengangkat sel kulit bagian atas. Jadi saat mengangkat sel kulit dan mengatasi penyumbatan pori-pori, bekas jerawat kehitamannya juga terangkat," ungkapnya dalam acara Garnier Skincacre Masterclass, Kamis 21 Juli 2022.

 

4 dari 5 halaman

2. Vitamin C

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Bedak jadi Produk Makeup Wajib untuk Melindungi Kulit, Ini Sebabnya

Selain bisa mengoptimalkan pemakaian tabir surya sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari, vitamin C juga mampu mencerahkan kulitmu serta memudarkan bekas jerawat. " Vitamin C akan memodifikasi hormon penghasil pigmentasi. Jadi, kulit akan terlihat lebih cerah" .

5 dari 5 halaman

3. Niacinamide

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Berbeda dari Biasanya, Ketahui Skincare Wajib untuk Usia 50 Tahun ke Atas

" Niacinamide ini kandungan yang kecil-kecil cabai rawit. Dia bisa menyelesaikan beberapa masalah jerawat sekaligus," tutur Danar.

Kandungan tersebut mampu mengatasi peradangan pada jerawat, mengontrol produksi minyak alami kulit, serta mengoptimalkan manfaat vitamin C. Jadi, jerawat bisa mereda, lebih cepat teratasi, serta bekasnya pun mudah menghilang.

Ketiga bahan aktif tersebut aman digunakan sekaligus dalam konsentrasi yang terkontrol. Bahkan, skincare dengan campuran bahan aktif tersebut bisa digunakan pada kulit remaja, dewasa, ibu hamil maupun menyusui. Namun, berkonsultasilah pada dokter kulit untuk memastikan pemakaiannya benar-benar aman.

Beri Komentar