10 Jajanan Kaki Lima Musim Dingin di Korea Pilihan Kimbab Family

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 18 Februari 2022 11:45
10 Jajanan Kaki Lima Musim Dingin di Korea Pilihan Kimbab Family
Kimbab Family pun tak ragu mengisi hari-hari dengan menikmati sajian yang identik di musim dingin.

Dream – Bagi peselancar YouTube, kanal Kimbab Family pasti sudah tidak asing lagi. Menampilkan keluarga multikultural Indonesia dan Korea, Kimbab Family yang terdiri dari Mama Gina, Appa Jay, Suji, Yunji, dan Jio, selalu membagikan aktivitas sehari-hari mereka di Negeri Ginseng.

Aktif di YouTube sejak 2018, kini kanal Kimbab Family telah meraup dua juta subscriber. Untuk merayakan pencapaian subscriber itu, Kimbab Family yang kini menetap di Korea Selatan menyajikan daily vlog berisikan rekomendasi street food khas musim dingin di tanah K-Pop itu.

Ya, hingga Februari ini, Korea masih diselimuti musim dingin sehingga Kimbab Family pun tak ragu mengisi hari-hari dengan menikmati sajian yang identik di musim dingin.

Kimbab Family© Instagram.com/kimbabfamily.official

Beberapa waktu lalu, Kimbab Family yang merupakan salah satu exclusive talent Gushcloud berjalan-jalan di Daehakro untuk mencoba berbagaimacam street food untuk dinikmati bersama di rumah.

Diketahui, Daehakro merupakan tujuan wisata turis lokal yang berisikan jajanan kaki lima hingga barang keperluan sehari-hari. Di sini, juga terkenal dengan lokasi yang menawarkan berbagai pertunjukan seni.

Datang khusus untuk beli jajanan kaki lima, Kimbab Family pun tak menyia-nyiakan waktu begitu saja. Mereka sangat menikmati tiap momennya. Termasuk ketika membeli 10 jajanan kaki lima khas musim dingin di Daehakro seperti berikut:

1 dari 4 halaman

Aneka pilihan jajanan

- Hodugwaja, yaitu kue dengan adonan yang lembut dan isian kacang merah serta walnut.

- Ddangkong gwaja atau kue kacang tanah merupakan salah satu jajanan tradisional Korea yang kini sulit ditemui.

Kue ini menggunakan adonan yang sama dengan hodugwaja, tetapi isiannya adalah kacang tanah utuh.

Kimbab Family© Instagram.com/kimbabfamily.official

- Ingeoppang yang bentuknya mirip dengan bungeoppang.

Perbedaannya terletak di adonannya yang menggunakan tepung ketan, sehingga teksturnya lebih kenyal. Varian rasanya antara lain kacang merah dan custard.

2 dari 4 halaman

Pilihan favorit Appa Jay & Mama Gina

- Gyeran ppang atau kue telur yang bagian bawahnya adalah roti dengan cita rasa manis dan dipadukan dengan telur yang gurih di bagian atasnya.

Gyeran ppang merupakan makanan yang dulu sering Appa Jay makan sepulang sekolah bersamateman-temannya.

- Hotteok yang bagian dalamnya diisi dengan gula, kayu manis, dan wijen, kemudian digoreng. Hotteok merupakan jajanan favorit Mama Gina saat pertama kali mengunjungi Korea.

Kimbab Family© Instagram.com/kimbabfamily.official

- Bubble hotteok yang dulu disebut gonggal ppang. Bentuknya menggembung dan di dalamnya hanya diolesi gula, kayu manis, dan wijen.

Bubble Hotteok ini merupakan kesukaan Appa Jay karena teksturnya garing.

3 dari 4 halaman

Permainan permen Dalgona

- Oksusu atau jagung rebus yang berwarna ungu dan kuning. Berbeda dengan jagung manis yang ada di Indonesia, rasa jagung ini lebih hambar tetapi lama-lama terasa manis saat dikunyah.

- Gungoguma atau ubi panggang yang dahulu merupakan jajanan favorit masyarakat Korea saat musim dingin. Mama Gina menggambarkan rasanya mirip seperti ubi Cilembu.

Kimbab Family© Gushcloud

- Gunbam atau chestnut yang dibuat dengan cara dipanggang dan memiliki rasamanis.

- Permen dalgona, yaitu jajanan khas Korea yang semakin populer karena serial Squid Game.

Sebelum dimakan, ada permainan yang dilakukan dengan memilih pola yang dicetak di atas permen dalgona, misalnya bentuk payung, segitiga, persegi, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Kamu sudah nonton?

Setelah pola dicetak, pembeli yang berhasil membelah permen dalgona sesuai pola akan mendapatkan bonus permen atau hadiah lainnya.

Di antara lima anggota Kimbab Family, hanya Yunji yang berhasil menyelesaikan permainan permen dalgona ini.

Dari 10 jajanan khas musim dingin yang dicoba, Appa Jay memilih ddangkong gwaja (kuekacang tanah) sebagai jajanan favorit, sedangkan Mama Gina memilih bubble hotteok danpermen dalgona.

Sahabat Dream sudah menyaksikan video lengkap Kimbab Family edisi jajan street food musim dingin di Korea?

Beri Komentar