3 Tips Bekukan Daging Giling Agar Awet Disimpan

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Jumat, 22 Mei 2020 20:31
3 Tips Bekukan Daging Giling Agar Awet Disimpan
Yuk simak ulasannya berikut ini.

Dream - Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kita jadi tidak bisa leluasa bepergian untuk sekadar berbelanja bahan makanan kapanpun. Untuk mencegah penyebaran, sebisa mungkin masyarakat meminimalisir bepergian keluar rumah.

Untuk itu, para ibu biasanya akan menyimpan lebih banyak stok makanan untuk persediaan selama beberapa waktu. Salah satu jenis makanan yang biasa disimpan adalah daging giling.

Daging giling banyak dijadikan bahan pangan andalan karena bisa diolah menjadi berbagai menu dan masakan lezat dengan cara yang mudah. Oleh karena itu, sebagian orang akan membeli daging giling dengan jumlah banyak demi efisiensi. 

Agar lebih tahan lama untuk stok di rumah, maka biasanya daging giling perlu dibekukan.

Dilansir dari Fimela, berikut 3 cara membekukan daging giling agar awet dan bisa dijadikan stok bahan makanan di rumah. Yuk dicoba Sahabat Dream.

1 dari 2 halaman

Dipipihkan

 Stok Makanan Beku Aman, Perhatikan Kondisi Kulkas© MEN

Daging Giling Dipipihkan

Untuk membekukan daging giling agar lebih awet, kamu bisa memipihkannya. Melansir thekitchn.com, alat terbaik untuk membekukan daging giling adalah rolling pin.

Kamu bisa membagi daging giling dalam beberapa bagian. Simpan di dalam plastik, lalu pipihkan pelan-pelan sampai mencapai ketebalan sekitar 1 cm.

Pipihkan dalam sekali gerakan. Jangan dipipihkan berulang kali karena nanti bisa merusak kualitas daging. 

Buat Kedap Udara

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk membekukan daging giling agar lebih awet yaitu dengan membuat penyimpanan kerap udara.

Udara adalah " musuh" daging beku. Jika daging disimpan di dalam wadah biasa begitu saja, maka kualitas dan warna daging bisa rusak. Setelah daging disimpan di dalam plastik, vacum hingga kedap udara.

2 dari 2 halaman

Ditata Mendatar

Daging Ditata Mendatar

Cara terakhir yang perlu dilakukan untuk membekukan daging giling agar lebih awet adalah dengan menata daging dengan kondisi mendatar. Hal ini dilakukan supaya proses pembekuan terjadi cepat, daging jangan ditumpuk.

Tata daging dalam posisi mendatar. Kalaupun ditumpuk, sebaiknya beri pembatas pada tiap tumpukannya.

Tidak sulit kan membekukan daging giling di rumah? Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

Beri Komentar