5 Kebiasaan yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Dari Jaga Pola Makan hingga Rutin Minum Teh

Reporter : Jeffreydien Winanda
Kamis, 30 Juni 2022 16:09
5 Kebiasaan yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Dari Jaga Pola Makan hingga Rutin Minum Teh
Salah satu cara menurunkan kolesterol adalah rutin mengonsumsi teh yang mengandung flavonoid.

Penyakit tidak menular atau non-communicable disease memang sudah lama menjadi momok yang mengganggu kesehatan manusia. Di Indonesia sendiri, salah satu penyakit tak menular atau non-communicable disease yang berpotensi mengancam kesehatan adalah kolesterol tinggi.

Gaya hidup kurang ideal serta pola makan sembarangan menjadi salah satu penyebab meningkatnya kondisi kolesterol. Normalnya, kadar normal kolesterol dalam darah maksimum di titik 200mg/dL. Jika sudah melampui titik tersebut dan dibiarkan, maka hal ini bisa memicu munculnya penyakit berbahaya seperti gangguan jantung hingga stroke.

Kolesterol tinggi bisa mengancam siapa saja. Oleh sebab itu, yuk lakukan kebiasaan ini agar kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga.

Menjaga Berat Badan

Meningkatnya berat badan bahkan hingga ke tahap obesitas bisa jadi pintu masuk beberapa gangguan kesehatan, salah satunya adalah kolesterol. Orang dengan berat badan berlebih cenderung lebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kestabilan berat badan seperti membatasi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Selain itu, rutin berolahraga setiap hari juga akan membuat tubuh tetap bugar sekaligus mampu menjaga kestabilan berat badan.

Mengonsumsi Makanan Kaya Omega-3

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama adalah memperbanyak konsumsi makanan kaya omega-3. Kandungan omega-3 sendiri mampu menurunkan kolesterol serta trigiserida dalam darah. Beberapa makanan yang mengandung omega-3 dan disarankan untuk rutin dikonsumsi adalah ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, sarden, biji chia, hingga kacang kenari.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Larut

Serat larut atau beta glucan merupakan zat alami yang mampu meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Serat larut ini akan mampu menyerap air di dalam usus dan membentuk gel yang ampu mengatasi sistem pencernaan.

Selain itu, makanan dengan serat larut tinggi dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung serat laut antara lain sayuran hijau serta buah-buahan seperti brokoli, lobak, pir, apel, wortel, kacang merah, alpukat, bayam, kubis, hingga kangkung.

Berhenti Merokok

Bagi para perokok, sudah sepatutnya untuk mengurangi atau bahkan berhenti total dari kebiaasan ini lantaran memiliki banyak sekali potensi gangguan kesehatan di kemudian hari. Kebiasaan merokok juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan membuat pembuluh darah menjadi kurang elastis.

Hilangnya elastisitas pada pembuluh darah ini membuatnya mudah pecah. Selain bisa membuat kadar kolesterol naik, kondisi ini juga bisa memperbesar risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Rutin Mengonsumsi Teh

Siapa sangka jika teh memiliki khasiat yang bagus dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah? Dilansir dari Healthline, teh menjadi salah satu minuman yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Sari Wangi© 2022 Sari Wangi

Teh memiliki kandungan flavanoid dalam jumlah besar dibandingkan dengan makanan lainnya. Flavanoid sendiri merupakan senyawa alami yang memiliki berbagai menfaat kesehatan bagi tubuh.

Rutin mengonsumsi teh tanpa gula bisa menekan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh sehingga bisa memelihara kesehatan jantung. Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi 3 cangkir SariWangi 100% Teh Asli tanpa pemanis berkalori lainnya secara rutin. Cara ini akan membantu menjaga kesehatan dan melindungi dari berbagai risiko penyakit berbahaya seperti kolesterol, hipertensi dan serangan jantung.

Beri Komentar