5 Makanan Pengganti Nasi yang Cocok untuk Buka Puasa, Sumber Karbohidrat Sehat

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Rabu, 13 Mei 2020 10:46
5 Makanan Pengganti Nasi yang Cocok untuk Buka Puasa, Sumber Karbohidrat Sehat
Bosen makan nasi? Berikut beberapa jenis makanan alternatif pengganti untuk buka puasa

Dream - Selama puasa Ramadhan, banyak kehilangan energi dan dehidrasi. Otomatis menggantinya dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan gizi selama puasa.

Namun ada kalanya kita kehilangan selera makan nasi atau sedang diet dan menghindari mengonsumsi nasi.

Ada berbagai macam jenis makanan yang bisa dijadikan pengganti nasi dna cocok untuk menu buka puasa.

Dilansir dari Fimela, berikut 5 makanan pengganti nasi yang cocok untuk buka puasa. Bisa dicoba nih, untuk buka puasa Sahabat Dream.

1 dari 5 halaman

Jagung

Durasi Tepat Merebus Jagung, Jangan Sampai Hilang Nutrisinya© MEN

Makanan pengganti nasi yang cocok untuk buka puasa yang pertama adalah jagung. Orang Indonesia nampaknya sudah tak asing dengan panganan berbahan dasar jagung. Di beberapa daerah, jagung sudah menjadi makanan utama.

Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Bahkan, kandungan vitamin B dalam jagung sudah memenuhi 10%-19% nilai harian yang harus dikonsumsi.

Jagung juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang penting untuk tubuh. Bahkan, serat pada jagung dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengatasi susah buang air besar.

Untuk mengkonsumsinya dengan lebih mudah, kamu bisa menyajikannya dengan cara dikukus. Tidak perlu ditambahkan gula, karena jagung sudah manis alami.

2 dari 5 halaman

Kentang

Cara Tepat Menyimpan Kentang Agar Tak Cepat Busuk© MEN

Kedua, makanan pengganti nasi yang cocok untuk buka puasa yakni kentang. Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mungkin sudah banyak diketahui.

Kebanyakan orang Indonesia juga menyajikan kentang sebagai lauk. Padahal kentang bisa dijadikan makanan utama juga.

Kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), sehingga bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, kamu bisa memasak kentang dengan cara dikukus atau direbus. Bisa juga dengan mencoba resep mashed potato yang lembut.Dijamin enak.

3 dari 5 halaman

Singkong

21 Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh, Kulit sampai Rambut© MEN

Selanjutnya, makanan pengganti nasi yang cocok untuk buka puasa adalah singkong. Singkong biasa menjadi makanan tradisional di Indonesia. 

Selain mudah ditemukan, ternyata singkong juga bisa dijadikan pilihan makanan pengganti nasi. Singkong dipercaya dapat mengobati dehidrasi, kelelahan, sepsis (infeksi darah), dan untuk menginduksi persalinan.

Kandungan gizi pada singkong mirip dengan kentang. Namun, singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Oleh karena itu, singkong harus dibersihkan dengan benar sebelum dimakan untuk mencegah keracunan sianida.

Sama seperti kentang dan jagung, usahakan untuk tidak menghidangkannya dengan cara digoreng namun, hidangkan dengan cara dikukus atau direbus. Singkong tersebut akan berubah menjadi singkong rebus yang mudah dikunyah.

4 dari 5 halaman

Beras Merah

Ilustrasi Beras Merah© Pixabay.com

Makanan pengganti nasi yang cocok untuk buka puasa ialah beras merah. Beras merah menjadi alternatif yang jauh lebih sehat daripada beras putih.

Kandungan serat dalam beras merah yang lebih tinggi, bisa menjadi sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi.

Beras merah juga mengandung antioksidan antosianin yang baik untuk kesehatan. Kandungan gula yang lebih rendah dalam nasi merah juga dapat mengendalikan gula darah. Saat kamu mengkonsumsi beras merah, kamu tidak akan mudah merasa lapar.

5 dari 5 halaman

Oatmeal

Makanan bagi Ibu Menyusui: Oatmeal© MEN

Terakhir, makanan pengganti nasi yang cocok untuk buka puasa adalah oatmeal.

Oatmeal sudah tak asing bagi para mereka yang sedang diet. Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membantu kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah.

Untuk menghidangkannya, kamu bisa memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan pendamping lain. Agar lebih sehat, tambahkan buah sebagai pelengkap atau topping oatmeal.

Beri Komentar