5 Makanan yang Bisa Menjadi Moodboster Saat Badmood, Apa Saja?

Reporter : Ayu Siti Rachma
Senin, 22 Januari 2018 17:02
5 Makanan yang Bisa Menjadi Moodboster Saat Badmood, Apa Saja?
Jangan sampai badmood dibiarkan berlarut-larut karena dapat mempengaruhi produktivitas maupun kesehatanmu, lho!

Dream - Merasa kurang bersemangat, sedang ingin bermalas-malasan, atau merasa enggan melakukan apa pun? Bisa jadi tanda badmood, tuh, Sahabat Dream. Biasanya kondisi ini dipicu kesibukan yang berujung stres. Jangan dibiarkan berlarut-larut karena dapat mempengaruhi produktivitas maupun kesehatanmu. Siasati dulu dengan konsumsi 5 makanan yang bisa jadi moodbooster berikut ini.

Cokelat

Sulit rasanya menolak kelezatan cokelat saat mood sedang memburuk. Selain rasanya yang super yummy, dark chocolate ternyata punya segudang nutrisi yang dapat mengembalikan mood-mu. Sebut saja theobromine dan phenylethyamine, yang menurut situs Shape bisa mengurangi kadar hormon stres, seperti kortisol. Wah, bisa jadi alasan untuk punya stok cokelat di dekatmu!

Ikan

Salmon, tuna, atau sarden kaya akan asam lemak Omega 3, nutrisi penguat mood yang tidak dihasilkan dalam tubuh. Dijelaskan dalam situs Eatingwell, Omega 3 ini akan mengubah senyawa kimia dalam otak seperti dopamin dan serotonin, sehingga dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Bukan hanya baik bagi kesehatan tubuh, tapi konsumsi seafood secara rutin juga bisa bikin lebih happy.

Yogurt

Konsumsi makanan kaya protein dapat meningkatkan kadar hormon moodbooster, seperti dopamine dan norepinephrine. Selain daging-dagingan dan kacang-kacangan sebagai sumber protein, masukkan yogurt dalam pola makan sehari-hari, terutama sebagai camilan sehat. Kombinasikan dengan buah-buahan atau granola yang akan jadi kudapan sempurna pengganjal perut.

Sayur dan Buah

Menjaga mood tetap baik bisa jadi alasan meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan. Dari penelitian yang diterbitkan British Journal of Psychiatry, orang-orang yang memakan sayur dan buah tidak mengalami depresi, ketimbang mereka yang hanya makan gorengan, daging olahan, dan produk susu berlemak tinggi. Tingginya antioksidan, folat, dan vitamin B yang ditemukan di jeruk dan sayuran berdaun hijau dianggap efektif mempengaruhi mood.

Karbohidrat Sehat

Khawatir konsumsi karbo bisa bikin gemuk? Tenang saja, selama konsumsinya tidak berlebihan dan memilih karbohidrat sehat seperti sereal, quinoa, atau oatmeal, kamu tetap bisa menjaga berat badan ideal dan terbebas dari badmood.

Kadar karbohidrat di dalamnya dianggap ampuh memicu produksi serotonin, senyawa dalam otak yang menimbulkan perasaan senang. Hal ini dikuatkan oleh penelitian yang dimuat Archives of Internal Medicine, di mana orang-orang yang hanya makan setengah cangkir nasi dan sepotong roti selama setahun mengalami depresi, gelisah, dan marah.

Kelihatannya memang sepele, tapi bad mood yang dipicu stres bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Salah satu yang paling sering menyerang adalah panas dalam yang biasanya ditandai dengan gejala sariawan, sembelit, bibir pecah-pecah, hingga meriang. Namun, kalau sudah terlanjur mengalami panas dalam, jangan khawatir juga. Segera atasi dengan Larutan Penyegar Cap Badak, ramuan tradisional yang sudah terpercaya dari generasi ke generasi.

Larutan Penyegar Cap Badak

Produk andalan dari Sinde ini mengandung Gypsum Fibrosum, Cornu Antelopis, dan Galcareus Spar yang telah diformulasikan khusus untuk meredakan panas dalam. Diproses modern dengan teknologi Jerman, membuat Larutan Penyegar Cap Badak aman dikonsumsi segala usia dan mendapatkan sertifikat halal.

Dikemas praktis dalam varian kaleng, botol, dan sachet, membuatnya mudah dikonsumsi kapan dan di mana saja. Selain itu, pilihan rasanya pun beragam, dari original hingga buah-buahan seperti jeruk, jambu, dan strawberry yang kembalikan kesegaran dan semangatmu. Kembalikan mood dan libas panas dalam dengan Larutan Penyegar Cap Badak!

Beri Komentar