6 Minuman yang Bisa Menyebabkan Bumil Keguguran

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 18 Januari 2021 12:47
6 Minuman yang Bisa Menyebabkan Bumil Keguguran
Selamatkan janin mu, no matter what!

Dream - Kehamilan merupakan momen sangat berharga bagi calon ibu maupun ayah. Demi kesehatan sang buah hati di dalam kandungan, para ibu hamil memberi perhatian ekstra salah satunya dengan menjaga asupan yang masuk.

Segala asupan yang masuk ke tubuh sangat memengaruhi perkembangan janin. Jika tidak dipatuhi dengan ketat dan mengandung vitamin atau zat yang dibutuhkan si bayi, keselamatan dan perkembangan buah hati jadi taruhannya.

Untuk itu penting untuk mengenali apa saja asupan terutama minuman yang dapat menyebab keguguran.

Eits, para calon ayah jangan senang dahulu. Kamu juga harus ikut berperan mengingatkan sang istri soal asupan ini.

1. Alkohol

Selain dilarang oleh Agama, minuman mengandung alkohol memiliki banyak kandungan berbahaya. Alkohol sangat dilarang dikonsumsi pada ibu hamil sebab berpotensi memicu kondisi-kondisi berbahaya pada si jabang bayi seperti:

· Meningkatnya risiko keguguran
· Meningkatkan risiko bayi lahir dalam keadaan meninggal
· Berdampak negatif terhadap perkembangan otak bayi
· Menyebabkan kelainan bentuk wajah
· Meningkatkan risiko bayi lahir dengan cacat intelektual
· Mengakibatkan kelainan jantung pada bayi

Walau sedikit, alkohol tetap akan berdampak buruk bagi perkembangan janin dalam kandungan. Ingat bahwa calon bayi lebih berharga dibanding sebuah alkohol.

1 dari 5 halaman

2. Jus buah yang tidak dipasteurisasi

Pasteurisasi merupakan cara yang paling efektif untuk membunuh bakteri berbahaya dalam makanan tanpa mengubah kandungan gizi.

Jus buah yang tidak melewati proses pasteurisasi akan rentan terhadap kontaminasi bakteri. Bakteri tersebut dapat muncul secara alami atau ada juga yang telah terkontaminasi selama penyimpanan.

Bakteri pada jus buah yang tidak dipasteurisasi tersebut, akan berpotensi memicu terjadinya infeksi bakteri yang sangat berbahaya. Apabila dikonsumsi ibu hamil dapat memicu terjadinya keguguran.

Ilustrasi© Shutterstock

3. Susu yang tidak dipasteurisasi

Sama seperti jus buah, susu yang tidak melewati pasteurisasi dapat memicu bakteri infeks. Sebelum mengonsumsinya, pastikan produk susu merupakan susu yang telah dipasteurisasi demi menjaga keselamatan janin maupun ibu hamil.

2 dari 5 halaman

4. Kopi

Kandungan kafein pada kopi berpotensi memicu terjadinya keguguran pada awal masa kehamilan. Selain itu, asupan kafein yang berlebihan juga dapat menghambat pertumbuhan janin, dan membuat bayi lahir dengan berat di bawah normal.

Saat bayi lahir dengan berat badan di bawah rata-rata (kurang dari 2,5 kg), akan meningkatkan risiko kematian bayi atau mengalami penyakit kronis ketika tumbuh dewasa.

Ilustrasi© Shutterstock

5. Teh

Tak hanya kopi, ibu hamil juga disarankan untuk membatasi asupan kafein pada teh kurang dari 200 mg/hari. Apabila ibu hamil tetap mengonsumsi kafein berlebihan akan berakibat buruk karena dapat menghambat pertumbuhan bayi dalam kandungan serta meningkatkan risiko keguguran.

3 dari 5 halaman

6. Minuman bersoda

Minuman mengandung kafein diketahui tidak baik bagi ibu hamil karena dapat mengancam keselamatan janin dan adanya risiko mengalami keguguran.

Minuman bersoda termasuk yang memiliki kandungan kafein serta kandungan gula. Buruknya, asupan gula berlebihan pada masa kehamilan juga berdampak buruk karena dapat meningkatkan risiko bayi mengalami kelebihan berat badan ketika tumbuh dewasa.

Untuk menghindari risiko tersebut, batasi asupan kafein agar tidak melebihi 200 mg/hari. Alangkah baiknya lagi sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman dengan kandungan kafein selama hamil.

4 dari 5 halaman

Tips menjaga kesehatan janin dalam kandungan

Selain menghindari minuman penyebab keguguran, tentunya ibu hamil juga harus tahu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga janin dalam kandungan tetap sehat.

Ini dia tipsnya!

  • Istirahat yang cukup
  • Mengonsumsi vitamin prenatal
  • Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan
  • Rutin melakukan latihan ringan
  • Jaga tubuh agar tidak dehidrasi
  • Konsumsi makanan kaya kandungan folat
  • Menggunakan sepatu nyaman untuk mencegah nyeri saat berjalan
  • Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat agar terhindar dari sembelit
  • Tidak membersihkan kotoran kucing dengan tangan sendiri untuk menghindari infeksi bakteri
5 dari 5 halaman

Selamatkan janin mu

Untuk itu penting bagi ibu hamil untuk selalu memperhatikan minuman yang dikonsumsinya demi memastikan kandungan tetap sehat.

Hal tersebut dapat menjadi langkah awal untuk ibu hamil menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti risiko keguguran hingga hal yang mengancam keselamatan janin.

(Sah, Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: SehatQ)

Beri Komentar