Aplikasi `Pemburu` Makanan Halal di Jepang

Reporter : Ervina
Jumat, 23 Mei 2014 14:36
Aplikasi `Pemburu` Makanan Halal di Jepang
Hingga kini aplikasi HalalMinds sudah mendukung lebih dari 500 ribu informasi produk. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan informasi mengenai restoran,pasar halal, penunjuk arah kiblat, dan Al Quran.

Dream - Bulan April menjadi saat tepat bagi wisatawan untuk mengunjungi Jepang. Karena saat itulah bunga sakura bermekaran dan menjadi penampakan favorit pelancong termasuk wisatawan muslim dunia. Meski masih minoritas, namun pertumbuhan Islam di Negeri Sakura terhitung pesat.

Saat ini terdapat sekitar 150 ribu umat muslim di Jepang. Seperti negara non-muslim lainnya, mencari makanan atau minuman halal di Jepang bukanlah satu hal mudah. Memperhatikan detil informasi di kemasan produk menjadi salah satu cara.

Atas dasar kondisi itu, Agung Pambudi seorang warga negara Indonesia yang juga CEO Kyushu Lab mengembangkan aplikasi untuk memudahkan umat muslim saat berada di Jepang. Aplikasi bernama HalalMinds ini akan mengatasi segala kesulitan umat muslim mencari makanan dan minuman halal.

Aplikasi Pemburu Makanan Halal di Jepang© Halalminds.com

Scanner barcode merupakan salah satu fitur utama aplikasi ini. Caranya mudah. Cukup melakukan 'scan' kemasan produk untuk mengetahui halal atau haram produk itu. Selain bisa memindai barcode kemasan, konsumen juga bisa memasukkan nomor produk (pada barcode) secara manual atau mencarinya di menu 'Product'.

Hingga kini aplikasi HalalMinds sudah mendukung lebih dari 500 ribu informasi produk. Jika informasi produk yang anda cari belum ada, pengguna dapat membantu menambahkan informasi tersebut ke pihak pengembang.

Selain menawarkan informasi produk halal, aplikasi ini juga dilengkapi dengan informasi mengenai restoran, pasar halal, kompas untuk menunjukkan arah kiblat, secara ayat Al-Quran. Aplikasi HalalMinds bisa diunduh secara gratis untuk pengguna Android dan iOS di Jepang. Jadi, jangan berharap aplikasi ini bisa mengenali informasi produk yang tersedia di luar area Negeri Kungfu Panda tersebut. (Ism)

Beri Komentar