Berkunjung ke Papua, Ridwan Kamil 'Perintah' Bima Arya dan Hengky Kurniawan Makan Ulat Sagu

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 4 Oktober 2021 18:45
Berkunjung ke Papua, Ridwan Kamil 'Perintah' Bima Arya dan Hengky Kurniawan Makan Ulat Sagu
Ridwan Kamil 'memerintahkan' Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, menyantap ulat sagu.

Dreaam - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, 'memerintahkan' Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, dan Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, menyantap ulat sagu yang merupakan makanan kearifan lokal warga di pedalaman Papua.

Momen ini terungkap melalui unggahan di akun Instagram pribadi milik @ridwankamil, Minggu 3 Oktober 2021.

" Saya bacakan surat perintah gubernur. Memerintahkan Walikota Bogor untuk memakan ulat sagu," kata Ridwan Kamil dalam video unggahan tersebut.

1 dari 5 halaman

Bima Arya Tak Dapat Tolak Perintah

Dalam video terlihat Ridwan Kamil, Bima Arya, dan Hengky Kurniawan, sedang berada di suatu warung makan di Papua.

" Karena sudah dapat perintah, apa boleh buat. Tapi barangkali pemimpin kan harus mencontohkan ya, jadi, Pak Gubernur mendahului," kata Bima Arya.

Bima Arya© Instagram

Sayangnya, Bima Arya tak dapat menolak 'perintah' Kamil. Dia pun mengambil salah satu ulat sagu yang tersaji di dalam piring makan berwarna putih.

" Enak?" , tanya Ridwan Kamil.

" Kayak ulat," balas Bima Arya.

2 dari 5 halaman

Ridwan Kamil dan Hengky Kurniawan Ikut Mencoba

Tidak lama berselang, giliran Ridwan Kamil yang mengambil ulat sagu menggunakan tangannya. Dengan berani, ia langsung memasukannya ke dalam mulut.

" Iya, kayak ulat," kata kang Emil, sapaan akrabnya. 

Hengky Kurniawan© Instagram

Hal yang sama juga terjadi pada Hengky Kurniawan. Hengky pun tak dapat menolak 'perintah' untuk ikut menyantap ulat sagu yang disodorkan Ridwan Kamil.

Semua orang yang berada di tempat itu tertawa melihat tingkah ketiganya saat menyantap ulat sagu.

3 dari 5 halaman

Kandungan Ulat Sagu

Dilansir Liputan6.com, ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Prof Dr Ir Hardinsyah MS, mengatakan, belum pernah menemukan kandungan gizi dari ulat sagu.

Namun, kata Hardinsyah, secara umum ulat sagu maupun ulat jenis lainnya dan setiap embrio (bentuk awal dari suatu kehidupan binatang) selalu kaya gizi.

" Ulat itu kan bentuk awal dari suatu yang nanti akan jadi serangga. Sesuatu yang sifatnya janin, sesuatu yang sifatnya embrio, cikal bakal untuk berkembang lebih lanjut, itu kaya akan zat gizi," kata Hardinsyah.

4 dari 5 halaman

Kayak Akan Asam Amino

Lebih lanjuta ia mengatakan, sisi zat gizi mikro binatang seperti ulat sagu kaya akan asam amino atau protein, serta asam lemak yang bagus. Termasuk komponen vitamin dan mineral, yang disebut Hardinsyah, biasanya lengkap.

" Karena itu berbagai budaya di dunia ini, nenek moyang kita, ada kebiasaan untuk mencari ke hutan-hutan jenis-jenis ulat," katanya.

" Ulat kan tidak hanya dari pohon sagu. Ada ulat di pohon jati dan ada juga ulat di pohon bakau," Hardinsyah melanjutkan.

Bahkan, di beberapa negara, embrio dijadikan makanan yang wajib dicoba saat mengunjungi negara tersebut.

" Di Filipina, mereka itu makan yang namanya bayinya tikus, kemudian telur yang akan menetas, karena itu secara gizi itu kaya akan zat gizi," katanya.

" Makanya, orang makan kambing, makanlah kambing muda, jangan kambing tua. Sesuatu yang muda kaya zat gizi," dia menambahkan.

 

5 dari 5 halaman
Beri Komentar