Cara Bikin Rujak Mangga Bubuk Cabai Pedas yang Lagi Viral

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 21 Juni 2021 19:34
Cara Bikin Rujak Mangga Bubuk Cabai Pedas yang Lagi Viral
Cocok untuk penggila pedas.

Dream - Sahabat Dream suka dengan rujak mangga? Biasanya menu satu ini disajikan dengan sambal khas yang terbuat dari cabai, gula merah dan asem serta garam. Hasilnya berupa sambal kental dan memang sangat nikmat jadi cocolan untuk mangga yang sedikit asam.

Sesekali coba bikin rujak mangga dengan bumbu pedas yang praktis, pakai bubuk cabai super pedas yang banyak dijual di pasaran. Rujak bubuk cabai ini sedang viral karena sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya juga terjangkau.

Rujak mangga bubuk cabai© Instagram Topworld

Akun TikTok @anggunkurnialestariii dan @daisysgoo membagikan video membuat rujak mangga super praktis. Video tersebut diunggah lagi oleh akun Instagram @top_world.idn. Untuk membuatnya hanya butuh mangga setengah matang ukuran besar.

 

1 dari 4 halaman

Cara Membuat

Potong mangga ukuran sedang memanjang. Taruh dalam wadah, masukkan gula, garam dan bubuk cabai sesuai selera. Jika ingin pedas, bisa tambahkan bubuk cabai yang banyak. Tutup wadah kemudian kocok agar bumbunya tercampur merata.

Rujak pun siap disantap. Ada lagi cara kedua yaitu hanya menggunakan garam dan cabai merah pedas yang dihaluskan kemudian dicampurkan ke irisan mangga lalu dikocok. Lihat saja videonya jika ingin membuatnya di rumah.

      View this post on Instagram

A post shared by top_world.id (@top_world.idn)

2 dari 4 halaman

Noorjahan, Mangga Sultan Harganya Rp195 Ribu per Buah

Dream - Mangga identik dengan rasa manis dan segar, apalagi dinikmati dingin. Harganya pun sangat terjangkau, terutama jika sedang musimnya. Biasanya, mangga dijual per kilogram sekitar Rp25 ribu hingga Rp35ribu.

Tahukah Sahabat Dream ada varietas mangga yang harganya cukup mahal dan hanya dijual per buah? Mangga ini bernama Noorjahan dan hanya ditanam di daerah Alirajpur Madhya Pradesh, India.

Noorjahan, Mangga Sultan Harganya Rp195 Ribu per Buah© MEN

Harganya menurut petani setempat antara Rs.500 hingga Rs.1.000 per buah atau sekitar Rp98 ribu hingga Rp196ribu per buah. Ukuran mangga ini memang lebih besar pada mangga umumnya.

Penduduk setempat mengklaim bahwa mangga 'Noorjahan' berasal dari Afghanistan dan hanya tumbuh di wilayah Katthiwada di distrik Alirajpur, sekitar 250 km dari Indore, dekat perbatasan Gujarat.

" Tiga pohon mangga Noorjahan di kebun saya telah menghasilkan 250 mangga. Pemesanan telah dilakukan untuk ini," kata Shivraj Singh Jadav, seorang pembudidaya mangga Noorjahan dikutip dari NDTV.

Kabarnya untuk mendapatkan mangga ini harus memesan lebih dulu bahkan saat mangga masih di pohon. Pada Juni, varietas 'Noorjahan' berbuah. Pada Januari dan Februari, pohon-pohon ini mulai berbunga.

Pembudidaya lokal mengklaim bahwa mangga Noorjahan dapat tumbuh hampir satu kaki panjangnya dengan biji seberat antara 150 dan 200 gram.

 

3 dari 4 halaman

Yuk Bikin Es Krim Mangga Hanya Pakai 3 Bahan, Sluurp!

Dream - Mangga merupakan buah yang memiliki cita ras segar. Bisa diolah jadi hidangan manis, puding dan tentunya es krim. Jika Sahabat Dream membeli mangga dalam jumlah cukup banyak, jangan hanya didiamkan karena akan cepat membusuk.

Lebih baik diolah menjadi es krim yang bisa bertahan lama. Begitu pun mangga yang asam, menjadikannya camilan dingin jadi pilihan tepat. Untuk membuat es krim sangat mudah.

© Dream

Hanya membutuhkan tiga bahan untuk membuat es krim mangga. Yaitu 2 cangkir krim kental, 1/2 cangkir gula bubuk dan 250 gram cangkir pure mangga. Pertama buatlah pure mangga.

Kupas dan potong 5 hingga 6 buah mangga, potong ukuran besar dan haluskan. Bisa menggunakan food processor atau blender. Jangan campur dengan air, karena mangga sudah mengandung banyak air.

 

4 dari 4 halaman

Tunggu 8-10 Jam

Langkah kedua, campur krim kental dan gula lalu aduk dengan dengan whisk atau mixer selama 5 hingga 7 menit. Jika sudah agak kaku, tuang pure mangga dan kocok selama lima menit. Kocok hingga merata.

Es krim mangga© Shutterstock

Langkah ketiga, taruh campuran tersebut dalam wadah besar yang bisa ditutup. Masukkan ke freezer dan diamkan selama 8-10 jam atau hingga benar-benar beku. Es krim mangga pun siap disajikan. Bisa mengambillnya menggunakan scoop atau sendok.

Sumber: Times of India

Beri Komentar