Cara Praktis Membuat Teh Non-Kafein di Rumah

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 8 Agustus 2019 11:36
Cara Praktis Membuat Teh Non-Kafein di Rumah
Decaf tea memiliki kadar kafein sangat rendah sehingga lebih baik untuk kesehatan.

Dream - Istilah dekafeinasi atau decaf banyak dikenal di dunia perkopian. Padahal teknik ini juga diterapkan untuk menghilangkan kafein pada teh.

Teh decaf diklaim lebih sehat karena memiliki kadar kafein yang nyaris nol. Prosesnya banyak dilakukan untuk jenis teh berkafein tinggi seperti black tea, oolong dan green tea.

Sama halnya dengan kopi, teh decaf biasanya dibanderol dengan harga cukup mahal karena dianggap premium.

Namun ternyata, kamu tidak perlu merogoh kocek lebih dalam hanya untuk menikmati teh decaf.

" Semua jenis teh sebenarnya dapat disulap jadi decaf tea. Secara alami, teh akan mengeluarkan kafein pada detik ketiga pada seduhan pertama. Seduh teh dua kali untuk mendapatkan minuman non kafein," papar tea master Rajiv Kumar di peluncuran Chaiholics JW Marriott, Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

 Chai

Seduh teh dengan air bersuhu 95 derajat celcius untuk hasil terbaik. Jangan merebusnya karena dapat merusak cita rasa teh dan menghilangkan khasiat antioksidan.

Pasangan terbaik teh adalah madu. Gula boleh saja ditambahkan untuk menambah cita rasa, namun hindari pemakaian susu pada teh orthodox seperti darjeeling, green tea, white peony dan oolong agar tidak merusak rasa aslinya.

 Chai

" Untuk food pairing, pilih makanan savoury atau asin untuk teh dengan cita rasa pekat. Hindari makanan yang terlalu manis agar tidak overpowering," imbuhnya. (ism)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone