3 Tempat Makan di Solo Favorit Jokowi, Awas Bikin Lapar

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 7 Agustus 2019 17:48
3 Tempat Makan di Solo Favorit Jokowi, Awas Bikin Lapar
Bagi Sahabat Dream yang ingin kulineran ke Solo, referensi dari Presiden Jokowi mungkin bisa dilirik.

Dream - Sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta lalu menjadi Presiden, Joko Widodo memang lebih banyak tinggal di Jakarta. Saat ada tugas negara atau urusan pribadi bersama keluarga, baru ia pulang ke kota kelahirannya di Solo, Jawa Tengah.

Saat pulang ke kampung, salah satu hal yang wajib dilakukan kakek dua cucu ini adalah menikmati hidangan khas yang hanya ia temui di Solo. Rupanya ada tiga tempat makan di Solo yang selalu didatanginya.

Boleh dibilang, tiga tempat makan ini masuk dalam daftar makanan favoritnya. Nah, bagi Sahabat Dream yang ingin kulineran ke Solo, referensi dari Presiden Jokowi mungkin bisa dilirik.

1 dari 5 halaman

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel

 Jan Ethes pernah ditanya, apa makanan favoritnya. Cucu pertama Jokowi itu menjawab ayam goreng harjo, atau ayam goreng Sukaharjo. Lokasi ayam goreng Mbah Karto memang tak persis di kota Solo, tapi di Sukahajo.

Ayam Mbah Karto© YouTube

Tampilannya memang seperti ayam goreng biasa, yang menjadi daya tariknya adalah bumbu yang meresap di dalamnya. Diracik dengan bumbu khas, diungkep selama sekitar 1,5 jam, kemudian digoreng. Disajikan dengan urap dan sambal berwarna gelap atau sambel blondo.

2 dari 5 halaman

Soto Gading

Kedai soto ini terletak di jalan brigjen Sudiarto no:75, Solo. Menurut sang pemilik Toni, sebetulnya warung sotonya sama seperti warung soto kebanyakan. Menyajikan hidangan soto khas Jawa tengah yang kaya rempah.

Soto Gading© YouTube

Isiannya juga sama, berupa bihun, ayam dan kol. Harganya pun sangat terjangkau, Rp12 ribu per porsi. Hal yang membuat berbeda adalah makanan pendamping yang sangat beragam di meja dan bikin 'ngiler'. Seperti sate usus, sate telur puyuh, sosis, tempe, tahu, kikil, kulit dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

Soto Triwindu

Ada lagi menu soto favorit keluarga Presiden Jokowi, yaitu Soto Triwindu. Soto ini menyajikan soto daging dengan kuah yang kaya rempah.

Soto Triwindu© YouTube

Murwani, sang pemilik, mengungkap kalau daging yang digunakan merupakan daging pilihan.Hal itulah yang membuat sajian sotonya begitu laris dan disukai banyak orang. 

4 dari 5 halaman

Lihat Video Kulineran di Solo ala Presiden Jokowi

5 dari 5 halaman

Saat Jokowi Jadi `Sobat Ambyar` Didi Kempot

Dream - Jokowi dikenal sebagai pecinta musik metal dan rock. Tetapi, siapa sangka Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu juga menyukai lagu-lagu pop Jawa yang dipopulerkan Didi Kempot.

Saat pagelaran wayang kulit di Istana Merdeka, Jumat 2 Agustus 2019, Jokowi tampak bernyanyi mengikuti lagu yang dinyanyikan Didi.

Dalam video yang diunggah akun Twitter @jarkiyo, Jokowi tampak bernyanyi Sewu Kutho. Sembari duduk, Jokowi bernyanyi didampingi Iriana, sang istri.

" Bareng coba!" kata penyanyi berjuluk Lords of Broken Heart itu.

" Jenengmu soko atiku (namamu dari hatiku)..."

Usai melantunkan lirik tersebut, Jokowi tampak tertawa. Dia kemudian melanjutkan bernyanyi, " Sak tenane aku ora ngapusi. Isih tresno sliramu."

Unggahan video itu segera dikomentari warganet. Sejumlah warganet menyebut, Jokowi sudah sah menjadi 'Sobat Ambyar', julukan bagi fans Didi Kempot.

" Sah jadi anggota Sobatambyarr iki. Langsung dadi dewan pembina," ujar warganet.

" Pak Jokowi masuk sadboys region mana nih? Region Istana Bogor?"

" Pak Jokowi: Saya memutuskan untuk menambah Kementerian Percidroan dalam kabinet pemerintahan periode depan, dengan Lord @didikempotid sebagai menteri," celetuk warganet lain.

Beri Komentar