Inikah Hidangan Pertama Penghuni Surga?

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 29 Desember 2015 06:01
Inikah Hidangan Pertama Penghuni Surga?
Tahukah Anda? Ternyata hidangan pertama yang Allah sajikan spesial untuk penduduk surga adalah bagian yang paling nikmat, yaitu....

Dream - Di surga, para penghuninya dapat makan dan minum bebas sekehendaknya sesuai selera. Allah SWT juga telah menjelaskan hal ini dalam Alquran, " Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan." (QS. Al-Waqi'ah: 20-21)

Namun tahukah Anda? Ternyata hidangan pertama yang Allah sajikan spesial untuk penduduk surga adalah bagian yang paling nikmat, yaitu hati ikan. Hal ini dijelaskan dalam beberapa hadits.

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Sa'id Al Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda,

" … Allah menggenggamnya dengan tangannya, seperti salah seorang dari kalian menggenggam rotinya di kala safar sebagai jamuan bagi penduduk surga.” Datanglah seorang Yahudi lalu mengatakan, “ Semoga Ar Rahman memberkahimu wahai Abul Qosim (Nabi Muhammad), maukah engkau aku beri tahu mengenai jamuan penduduk surga pada hari kiamat? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “ Tentu saja.” … Yahudi melanjutkan “ Maukah engkau aku kabarkan lauk-pauk mereka (penduduk surga)? Dengan sapi dan ikan” Rasulullah dan para sahabat mengatakan, “ Apakah lauk-pauk mereka?” Yahudi menjawab, “ Sapi dan ikan, penduduk surga memakan bagian yang paling nikmat seperti hati sapi dan ikan, bahkan lebih nikmat 7000 kali lipat." (Misykatul Mashobih, 18: 136)

Dalam hadis sahih Bukhari, Abdullah bin Salam bertanya kepada Nabi SAW di awal kedatangannya di Madinah, " Apa yang pertama kali dimakan oleh penduduk surga?" Beliau menjawab, " Hati ikan" .

Dalam hadis sahih Muslim dari Tsauban, " Ada seorang Yahudi bertanya kepada Rasulullah SAW, " Apa yang diberikan kepada mereka ketika mereka masuk surga?" Rasulullah bersabda, " Hati ikan" .

Selengkapnya baca di sini.    

Beri Komentar