Inspirasi Menu Hari Ibu, Sederhana dan Penuh Nostalgia

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 20 Desember 2019 14:12
Inspirasi Menu Hari Ibu, Sederhana dan Penuh Nostalgia
Momen bersama ibu jadi lebih manis dengan kejutan spesial.

Dream - Menjelang Hari Ibu, ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa cinta kepada wanita yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Tak selalu mahal, kegiatan memasak bisa bikin momen Hari Ibu pada 22 Desember terasa lebih spesial.

MasterChef Deny Gumilang membagikan inspirasi menu masakan spesial Hari Ibu dalam acara #KelihatanCerdasnya Bersama Bright Gas Session 2. Jebolan MasterChef Season 4 itu juga turut membawa Neni, sang bunda, ke sesi demo masak.

“ Menu yang akan saya sajikan untuk menyambut Hari Ibu ini adalah salah satu masakan favorit buatan ibu saya, yaitu tumis kulit melinjo teri,” ungkap Deny Gumilang di Suasana Restaurant, Jakarta, Kamis 19 Desember 2019.

 Bright Gas© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Deny juga mengungkapkan, menu yang ia sajikan kali ini dipadukan dengan nasi gurih kulit jeruk, yang merupakan modifikasi dari nasi uduk sang bunda.

Selain nasi rempah yang diprediksi bakal jadi tren kuliner 2020, Sahabat Dream juga bisa memasak kuliner Nusantara yang bikin teringat dengan masakan ibu. Misalnya ikan goreng yang dibaluri dengan bumbu rempah dan sambal uleg.

" Bumbunya bisa ditaruh di atas bahan protein seperti ikan, ayam, daging atau telur," kata Deny.

 Bright Gas© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Jangan lupa bikin momen Hari Ibu lebih manis dengan hidangan penutup khas Indonesia seperti es campur, es buah dan kolak ubi. Gunakan campuran gula merah, santan, pandan dan sedikit garam untuk memberi sensasi umami pada kolak ubi. Selamat mencoba!

Laporan: Michelle Rachel Evangelista Maramis

1 dari 6 halaman

#KelihatanCerdasnya Bersama Bright Gas, Solusi Mudah Masak di Rumah

Dream - Situs muslim lifestyle Dream.co.id kembali menggelar acara #KelihatanCerdasnya Bersama Bright Gas Session 2 di Suasana Restaurant, Aston at Kuningan Suites, Jakarta Selatan.

Sebanyak 55 peserta yang terdiri dari 20 blogger dan 35 komunitas berbagi keseruan dengan belajar cara aman menggunakan Liquified Petroleum Gas (LPG)  bersama Bright Gas Pertamina.

Gas sebagai bahan bakar memasak telah menjadi kebutuhan dasar di setiap rumah. Namun kegiatan memasang LPG masih menjadi hal menakutkan bagi banyak wanita.

  #KelihatanCerdasnya bersama Bright Gas.© Dream.co.id/Annisa Mutiara Asharini

Bright Gas dari Pertamina hadir sebagai solusi para wanita. Double Spindle Valve System (DSVS) atau katup ganda berfungsi sebagai pelindung ekstra jika terjadi kebocoran pada salah satu katup. Selain itu, Bright Gas dilengkapi dengan hologram Pertamina dan barcode sehingga tidak dapat dipalsukan.

Pengaman ini berfungsi untuk mengetahui di mana lokasi pengisian tabung serta menjamin kualitas dan kuantitas isi tabung. Bright Gas tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 12 kg, 5,5 kg, dan Bright Gas Can 220 gram untuk solusi memasak indoor maupun outdoor.

" Warnanya yang pink ini memang perempuan sekali,” perwakilan PT Pertamina (Persero), Kinan, di Suasana Restaurant, Aston at Kuningan Suites, Jakarta Selatan, Kamis 19 Desember 2019.

2 dari 6 halaman

Ekonomis dan Praktis

 

Kinan mengatakan Bright Gas juga ekonomis dan praktis. Perempuan juga bisa membawanya sendiri karena tidak berat.

Dengan begitu, para ibu bisa memasangnya sendiri tanpa mengandalkan orang lain.

  Bright Gas ekonomis dan praktis.© Dream.co.id/ Annisa Mutiara Asharini

“ Ada potongan harga promo sampai 31 Desember, bisa cek dan follow Instagram Bright Gas," kata dia.

3 dari 6 halaman

Demo Masak

 

Selain berbagi tips dan trik memasang LPG yang aman, Sahabat Dream juga diajak menyaksikan demo masak bersama Chef Deny Gumilang. 

  Demo masak Bright Gas© Dream.co.id/ Annisa Mutiara Asharini

Jawara MasterChef Season 4 ini membagikan inspirasi menu spesial Hari Ibu yang mudah dicoba.

" Hari ini simpel aja, spesial untuk Hari Ibu. Biasanya kan mewah, tapi kali ini masakan rumahan yang dijamin enak. Namanya Tumis Kulit Melinjau Teri dan Nasi Gurih Daun Jeruk," kata Deny Gumilang.(Sah)

4 dari 6 halaman

Menu Spesial Hari Ibu Ala Chef Deny dan Bright Gas

Dream - Menyambut Hari Ibu, MasterChef Deny Gumilang menggelar sesi demo masak bersama situs muslim lifestyle Dream.co.id dan Bright Gas Pertamina. Di hari untuk menghormati jasa dan kebaikan para ibu, Chaef Denny menyiapkan satu menu spesial yang cocok disajikan pada 22 Desember mendatang.

Tak sekadar menu, juara kedua MasterChef Indonesia Season 4 ini turut memboyong sang bunda, Neni, di event tersebut. Keduanya berbagi tugas menyajikan menu Tumis Kulit Melinjo Teri dan Nasi Gurih Daun Jeruk ala rumahan.

" Biasanya kan mewah, tapi kali ini masakan rumahan yang dijamin enak. Ini terinspirasi dari mama yang sebulan sekali pasti masak nasi uduk," kata Deny di acara #KelihatanCerdasnya Bersama Bright Gas Session 2, Suasana Restaurant, Aston at Kuningan Suites, Jakarta Selatan, Kamis 19 Desember 2019.

Di hadapan 55 peserta yang terdiri dari 20 blogger dan 35 komunitas, Deny memaparkan proses mudah membuat nasi rempah dalam hitungan menit. Deny memakai Bright Gas Can 220 gram untuk mempercepat proses pemasangan bahan bakar kompor.

Penasaran seperti apa resep simpel Hari Ibu ala Deny Gumilang? Yuk, intip langkahnya di bawah ini:

5 dari 6 halaman

Cara Membuat

 

Pertama-tama, Deny meniriskan kulit daun melinjau yang sudah direbus. Jangan terlalu lama merebus agar kulit melinjau cukup lembut dan masih fresh.

Tumis cabai besar merah dan hijau di atas wajan, tambahkan irisan cabai rawit jika ingin lebih pedas. Kemudian masukkan bawang putih dan irisan daun bawang. " Beri garam dan lada sesuai selera. Bahannya mudah ditemukan, pasti ada di dapur dan tukang sayur," kata Deny.

  Bagaimana cara membuatnya?© Dream.co.id/Annisa Mutiara Asharini


Tumis hingga terciuom aroma rempah. Sahabat Dream juga bisa menambahkan petai bila suka. Berikan daun salam agar lebih wangi. Kemudian masukkan teri medan atau teri jengki.

Karena teri biasanya sudah asin, masukkan masukkan garam sedikit demi sedikit sambil dicicipi. " Kalau suka bisa ditambahkan gula supaya ada rasa umami. Jangan kelamaan ditumis agar melinjau masih fresh dan memiliki tekstur," jelasnya.

6 dari 6 halaman

Nasi Gurih Daun Jeruk

 

Tumis Kulit Melinjau Teri paling nikmat disajikan bersama nasi rempah. Salah satunya Nasi Gurih Daun Jeruk yang merupakan kreasi nasi uduk praktis dan singkat.

  Nasi Gurih Daun Jeruk© Dream.co.id/Annisa Mutiara Asharini

Deny Gumilang memanaskan santan yang dicampur sedikit air, daun jeruk, sereh dan garam. Sahabat Dream juga bisa memasukkan bawang goreng agar nasi menjadi lebih wangi. Masukkan nasi putih yang sudah matang, masak dan aduk sampai airnya terserap.


" Biasanya nasi uduk kan lama dan ribet, kalau ini cepat dan praktis banget bikinnya. Hanya memakai nasi matang yang dicampur ke dalam air rebusan santan dan rempah-rempah," kata Deny.

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin