Kematangan Pas, Ketahui Kapan Harus Membuka atau Menutup Panci

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 24 September 2021 08:35
Kematangan Pas, Ketahui Kapan Harus Membuka atau Menutup Panci
Tentunya harus disesuaikan dengan jenis masakan.

Dream - Ketika Sahabat Dream membeli panci untuk saus, sup, atau wajan biasanya dilengkapi dengan tutup. Bagian tutup ini memiliki peranan besar untuk mendapatkan tingkat kematangan yang pas dalam masakan.

Mungkin Sahabat Dream masih bingung kapan harus menutup dan membuat panci saat memasak. Sebenarnya, ini tergantung kebiasaan dan kondisi masakan yang diingkan.

Selalu tutup panci ketika diharuskan untuk menjaga panas di dalam panci. Jika ingin memasak sesuatu yang matang dengan cepat, seperti memasak pasta, sayuran atau saus, tutup panci untuk menghemat waktu dan energi. Ketika mencapai titik didih, pastikan kamu membuka tutupnya untuk mencegah isi dalam panci tidak keluar.

Lalu bagaimana jika ingin menjaga panas dan kelembapan masakan? Tetap menutupnya adalah cara yang terbaik, tapi ada beberapa metode memasak yang penting diketahui untuk menjaga panas dan kelembapan yaitu teknik mengukus dan merebus.

 

1 dari 3 halaman

Teknik mengukus bisa membuat sayuran, masakan laut, biji-bijian lebih lembut sempurna tanpa membuat bahan masakan menjadi kering. Bisa juga dilakukan dengan teknik braising yaitu metode memasak daging yang lebih keras seperti iga, sandung lamur, atau daging dengan potongan besar.

Memasak© Shutterstock

Bahan makanan ini membutuhkan panas dan lembap dalam jangka waktu yang lama agar mengeluarkan kolagen dan kaldu sehingga terasa lebih lembut dan lezat.
Saat memasak sup, rebusan, atau saus dengan panci terbuka, memungkinkan air menguap. Jadi jika tujuan kamu mendapat saus atau sup yang kental dan pekat rasanya, jangan tutup panci.

 

2 dari 3 halaman

Saat ingin memanggang menggunakan pan, pasti menginginkan hasil yang indah. Ketika memasak steak, daging domba, salmon, tuna dan makanan laut lainnya, pastikan mendapat kerak yang harum wanginya. Karena itu jangan menutup panci, agar isi tidak menjadi lembap dan terbentuk lapisan karamel yang renyah.

Ingat, sangat penting untuk membuka tutup wajan selama menggoreng agar uapnya tidak menumpuk pada tutup panci dan menetes kembali ke minyak panas.

Laporan Syifa Putri Naomi/ Sumber Marthastewart

3 dari 3 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Beri Komentar