Kompetisi Racikan High Tea, Penasaran Hasilnya?

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 19 Agustus 2019 19:14
Kompetisi Racikan High Tea, Penasaran Hasilnya?
Teh diracik dengan berbagai elemen tanpa meninggalkan pakem, sehingga menjadi sajian high tea.

Dream - Teh sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat sejak zaman nenek moyang. Kebiasaan minum teh seakan telah mendarah daging bagi sebagian orang.

Memasuki era modern, teh mulai kehilangan esensi kultural yang sesungguhnya. Maraknya kreasi minuman saat ini mengalahkan teh tradisional yang pernah menjadi 'teman' menikmati hidangan sehari-hari sebagai sajian high tea.

" Teh semestinya dinikmati pada pagi, siang dan sore hari. Namun saat ini orang cenderung meminum apa yang ada. Mereka hanya atau teh manis, ice tea dan fruit tea saja, padahal ada lebih banyak dari itu," kata Eliawati Erly, Vice President Director PT David Roy Indonesia di Jakarta, Senin 19 Agustus 2019.

 

1 dari 6 halaman

Disajikan dengan 7 Kriteria

Dengan mengangkat kembali cita rasa dan seni meminum teh, Dilmah menggelar ajang Tea Inspiration for the 21st Century yang dihelat pada 19-20 Agustus 2019 di Pullman Hotel, Jakarta Pusat.

Jika meracik kopi sudah biasa, kini pakar kuliner diajak berlomba menciptakan seduhan teh terbaik beserta makanan yang cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh.

 Juri Meracik Teh

" Kami coba untuk memperluas wawasan masyarakat bahwa ternyata, ada berbagai macam teh yang dapat memberi manfaat pada tubuh jika dinikmati bersama hidangan tertentu. Seperti teh yang membantu mengontrol kadar gula pada dessert," kata Dilhan C. Fernando, Founder & CEO Dilmah.

2 dari 6 halaman

Dinilai oleh Para Chef Kelas Dunia

Peserta diminta menyajikan teh dengan menerapkan 7 nilai dimensi yang terdiri dari Budaya, Personal, Kuliner, Mixology, Sustainability, Teh dan Harmoni.

Salah satu diantaranya adalah sajian teh yang mengusung kosep Bali. Hidangan khas Klungkung, yakni sate lilit disajikan sebagai teman minum teh buah pir.

Sajian high tea semakin lengkap dengan dessert kue klepon yang di-infused dengan ceylon tea. Alunan musik tradisional dipasang untuk meningkatkan suasana ketika para juri menyeruput teh.

 Teh

Ada pula hidangan unik lainnya seperti Teh Pletok, Pomegranate Cake, Teh Rujak Mangga, Cheese Cake dan Solo Pink Ice Tea. Hidangan para kontestan dinilai langsung oleh chef dan pakar teh kelas dunia, diantaranya Dilhan C. Fernando, Peter Kuruvita, Chandra Yudasswara dan Tomek Malek.

 

 

 

3 dari 6 halaman

Menguak Penyajian Mewah Teh Termahal di Dunia

Dream - Warga Inggris dikenal dengan budaya minum teh yang mewah atau disebut high tea. Tak hanya sekadar disajikan dalam mug atau cangkir, tapi acara minum teh ini disiapkan secara khusus.

 Menguak Penyajian Mewah Teh Termahal di Dunia

Penjamuannya dilakukan dengan penuh detail, termasuk kue-kue cantik yang menemaninya. Teh yang disajikan juga bukan daun teh sembarang.

Pasti dipilih yang berkualitas tinggi. Seperti yang disajikan di Rubens at The Palace, sebuah hotel di kawasan London.

4 dari 6 halaman

Teh Mewah Disimpan dalam Kain Beludru

Hotel ini menyajikan teh termahal di dunia, yaitu teh Golden Tips. Daun teh ditanam di dataran tinggi Sri Lanka dan dipetik langsung oleh para ahli teh dan pemetik di atas kain beludru.

 Golden Tips

Harga teh langka ini mencapai £500 atau Rp8,6 juta per teko. Nanti teh akan disajikan oleh pelayan khusus dalam cangkir-cangkir bermotif klasik. Teh ini hanya tersedia di restoran dalam Rubens at The Palace.

5 dari 6 halaman

Teh Mewah Beraroma Buah

Pengunjung dapat menyesapnya sambil menikmati keindahan Buckingham Palace, yang memang posisinya berada persis di depan hotel.

 Teh Golden Tips

Teh ini digambarkan minuman beraroma kuat dengan tekstur yang halus dan lembut serta sedikit beraroma buah.

 

6 dari 6 halaman

Teh Mewah dengan Perangkat perak

Setelah dipesan, teh bakal disajikan dengan ritual khusus. Pertama, dengan menggunakan penjepit emas, daun teh bakal ditimbang secara presisi. Kemudian, teh diseduh dengan air mineral alami.

 Teh Golden Tips

Setelah beberapa menit, teh dituangkan menggunakan perangkat dengan material perak. Waktu paling tepat meminumnya adalah sebelum mengonsumsi makanan apapun agar lidah bisa mengecap rasa asli teh dengan sempurna.

(ism, Sumber: CNN)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie