Kulkas Sehat, Segera Keluarkan Bahan Makanan dalam Kondisi Ini

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 26 Januari 2021 07:45
Kulkas Sehat, Segera Keluarkan Bahan Makanan dalam Kondisi Ini
Semenjak pandemi, kita jadi lebih sering menggunakan lemari es untuk menyimpan lebih banyak stok makanan

Dream - Lemari pendingin merupakan alat elektronik yang hampir dimiliki semua rumah. Tak hanya sebagai penyimpan makanan, namun juga dapat berguna untuk mengawetkan makanan seperti buah, sayur, daging hingga minuman yang nikmat disajikan ketika dingin.

Semenjak pandemi, kita jadi lebih sering menggunakan lemari es untuk menyimpan lebih banyak stok makanan demi menghindari bepergian terlalu sering, sehingga lemari es sering kali penuh dan tidak muat. Tanpa disadari ada beberapa makanan yang seharusnya tidak disimpan lagi dan harus dibuang.

Apa saja?

1. Buah dan sayuran yang berjamur atau membusuk
Sahabat Dream harus perhatikan, apabila buah atau sayur telah berjamur atau berlendir berarti sudah tidak layak karena akan segera membusuk dan harus segera dibuang. Jika memang ingin menyimpan buah dan sayuran dalam waktu lama, bungkus dulu dengan rapat dan tertutup dengan baik. Biasanya akan lebih awet. Jika dibiarkan terbuka begitu saja akan mudah busuk.

2. Roti
Sebenarnya roti tawar tidak bisa atau tidak disarankan disimpan di dalam kulkas. Saat masuk kulkas, roti tawar akan cepat menjadi tidak layak makan dan berbahaya. Karena roti tawar yang disimpan di dalam kulkas akan memiliki tekstur kering dan tidak lembut seperti saat baru dibuka dari plastik

3. Bumbu yang sudah kedaluwarsa atau basi
Penyedap makanan seperti mustard, saus tomat atau mayonaise memang paling baik ketika dimasukkan ke lemari es untuk masa penyimpanan yang lebih lama. Namun, saus penyedap makanan tersebut perlu dibuang ketika sudah kedaluwarsa atau ketika sudah menunjukkan tanda-tanda adanya jamur atau pembusukan.

 

1 dari 5 halaman

4. Sisa makanan dalam kemasannya terlalu lama
Jika jarang memindahkan sisa makanan kaleng ke wadah yang lain, maka harus segera menghabiskan sisa makanan tersebut agar tidak terbuang percuma. Misalnya, saat masih ada 1/2 kaleng jamur terakhir, 1/4 botol saus tomat atau dua sendok makan susu kental manis, ini cenderung tidak dihabiskan dan hanya akan memenuhi kulkas. Jika makanan telah mengering, berjamur hingga menimbulkan aroma tidak sedap, segera buang.

5. Keju dan daging yang diawetkan melampaui masanya
Keju sebaiknya dibuang dalam waktu satu minggu dan daging dalam beberapa bulan. Setelah keju dibuka dan dikeluarkan dari kemasannya yang sudah disanitasi, jamur akan mulai berkembang, jadi sebaiknya segera makan semuanya saat masih layak atau memilih untuk dibuang.

Hal Ini berlaku untuk daging yang diawetkan karena akan mulai kehilangan rasanya setelah terpapar udara. Sebaiknya gunakan daging saat masih dikemas dalam vakum, sehingga tidak akan kehilangan rasa lagi atau menjadi berlendir seiring waktu.

Agar kulkas terlihat bersih dan rapi, hal ini harus dilakukan untuk memilih makanan yang sudah tidak layak disimpan atau segera harus dibuang.

Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: SmartParenting

2 dari 5 halaman

Mentega Sebaiknya Disimpan di Kulkas atau Suhu Ruang?

Dream - Banyak orang menyimpan mentega dalam kulkas karena kebiasaan. Menaruhnya di lemari es juga bisa mencegah mentega dipenuhi semut. Sebenarnya, di manakah sebaiknya disimpan?

Ada banyak perdebatan tentang tempat terbaik untuk menyimpan mentega. Mentega merupakan produk susu seperti susu, krim, dan yogurt, sehingga banyak orang berpikir harus menaruhnya dalam kulkas.

Mentega Sebaiknya Disimpan di Kulkas atau Suhu Ruang?© MEN

Mentega sebenarnya memiliki perbedaan komposisi dan komponen. Komponen utama mentega adalah lemak (setidaknya 80 persen). Lemak tinggi yang dikombinasikan dengan kadar air rendah membuat mentega sebenarnya tak mudah ditumbuhi bakteri.

 

3 dari 5 halaman

Preferensi

Menyimpannya di suhu ruangan juga tak masalah. Pastikan saja menutup kemasannya kembali dengan rapat, terutama jika tak digunakan selama berhari-hari. Jika yang ditakutkan mentega di suhu ruangan akan berbau sebenarnya itu akan terjadi dalam waktu yang lama. Bukan pada mentega yang baru dibuka dari kemasan.

Jangan Bingung Lagi, Ini Lho Bedanya Mentega dan Margarin© MEN

Untuk tempat penyimpanan terbaik, ternyata hanya masalah pilihan saja. Bila lebih suka mentega yang lembut lebih baik simpan di suhu ruang. Jika lebih suka menyimpan di kulkas karena merasa lebih aman juga tak masalah. Hanya membutuhkan waktu saja untuk membuatnya tak terlalu dingin saat ingin dijadikan olesan.

4 dari 5 halaman

Jangan Pernah Taruh Cokelat dalam Kulkas, Simak Alasannya

Dream - Cokelat jadi camilan andalan yang bisa dinikmati kapan pun, terutama di sela-sela pekerjaan. Rasanya yang merupakan perpaduan manis dan pahit sangat memanjakan lidah.

Biasanya di mana Sahabat Dream menyimpan cokelat? Sebaiknya jangan simpan cokelat di lemari es. Menurut Luke Owen Smith, seorang pakai cokelat, suhu ekstrem yang dingin di kulkas akan membuat cokelat kehilangan level rasanya.

Jangan Pernah Taruh Cokelat dalam Kulkas, Simak Alasannya© MEN

" Cuaca dingin yang ekstrem sama buruknya dengan cuaca panas," katanya seperti dikutip dari The Sun.

Semakin segar cokelat, semakin baik rasanya. Untuk itu cegah keinginan untuk menimbun cokelat. Beli cokelat secukupnya sesuai yang ingin dikonsumsi, jangan berlebihan dalam menyimpannya.

 

5 dari 5 halaman

Cara Terbaik Menyimpan Cokelat

Cokelat akan kehilangan rasa atau meleleh jika terkena panas, lembap dan suhu ekstrem yang tinggi seperti di kulkas. Terutama jika muncul kristal es di permukaan cokelat batangan setelah disimpan di kulkas.

Jika memang ingin menyimpan di lemari es karena tak bisa langsung memakannya, pastikan bungkusnya tertutup rapat untuk mencegahnya mengeluarkan bau atau kondensasi.

Saat mengeluarkannya dari lemari es, bungkus cokelat dengan kain untuk membantu mengembalikannya ke suhu kamar secara perlahan sebelum dibuka.

Untuk cokelat yang masih dalam kemasan tertutup sebaiknya ditaruh di suhu ruangan. Jauh dari sinar matahari dan dalam wadah gelap. 

Akan lebih baik jika setelah kemasan langsung dihabiskan dalam satu hari. Hal ini agar rasanya dan teksturnya tidak rusak dan tetap nikmat di lidah.

Sumber: Chocolatebar

Beri Komentar