Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru di Tengah Wabah Corona

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 30 Maret 2020 14:47
Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru di Tengah Wabah Corona
Berikut makanan-makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru ditengah mewabahnya virus corona.

Dream – Ahli kesehatan di dalam maupun luar negeri tak henti menganjurkan untuk menjaga jarak selama pandemi virus corona covid-19. Imbaun lain yang sering disampaikan adalah melakukan karantina mandiri serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur di air yang mengalir.

Wabah corona memang bisa menular siapa saja. Satu-satunya cara tak tertular virus ini adalah dengan mencegahnya.

Salah satu gejala tertular virus corona covid-19 adalah kesulitan bernapas. Diketahui virus ini pertama kali akan menyerang sistem pernapasan yaitu paru-paru. Menjaga kesehatan paru-paru adalah hal yang harus dilakukan.

Mengutip laman draxe.com, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Diantaranya adalah tingkat aktifitas, genetik, dan kondisi lingkungan. Diet juga dapat menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan paru-paru. Dengan mengkomsumsi makanan sehat untuk paru-paru selama diet, dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi paru-paru dan membantu menyembuhkan saluran pernapasan.

Selain memasok banyak vitamin, mineral, dan antioksidan penting, makanan-makanan berikut juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan dapat melindungi paru-paru dari sejumlah kondisi saluran pernapasan. 

Berikut bahan-bahan utama untuk membantu mendukung kesehatan paru-paru yang dilansir dari medicaldaily.com dan draxe.com.

1 dari 8 halaman

Apel

 Apel© Pexels.com

Apel dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam The European Respiratory Journal menunjukkan bahwa apel dapat membantu memperlambat penurunan fungsi paru-paru selama 10 tahun, terutama bagi mantan perokok.

Fitokimia yang ditemukan dalam apel juga terbukti dapat mengurangi stres oksidatif yaitu keadaan dimana jumlah radikal bebas didalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Selain itu fitokimia dalam apel juga dapat mengurangi peradangan dalam paru-paru.

2 dari 8 halaman

Teh Hijau

 Teh Hijau© Pixabay.com

Teh hijau banyak mengandung antioksidan dan polifenol yang dapat bermanfaat bagi fungsi paru-paru. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG), terbukti dapat membantu menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru.

Teh hijau juga mengandung theophilin, senyawa kuat yang bertindak sebagai bronkodilator untuk meningkatkan fungsi saluran napas dan meredakan kesulitan bernapas.

3 dari 8 halaman

Sayuran Hijau

 Sayuran Hijau© Pexels.com

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan arugula banyak mengandung nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Sayuran hijau tersebut banyak mengandung antioksidan, serat, vitamin, dan mineral.

Penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak sayuran hijau dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, COPD, dan asma.

4 dari 8 halaman

Bawang Putih

 Bawang Putih© Pixabay.com

Bawang putih memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Kedua kandungan tersebut dapat melindungi stres oksidatif didalam paru-paru dan di seluruh tubuh.

Dalam sebuah penelitian di China, menemukan bahwa mengkomsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali perminggu dapat mengurangi risiko terkena kanker paru-paru.

5 dari 8 halaman

Jahe

 Jahe© Pexels.com

Jahe memiliki banyak manfaat dan khasiat sebagai obat. Terutama dalam menjaga kesehatan paru-paru. Dalam sebuah penelitian, menemukan bahwa pemberian jahe pada tikus efektif mengurangi kerusakan paru-paru dan melindungi dari peradangan dan kadar oksigen berlebih.

Ekstrak jahe juga dapat mencegah kerusakan DNA dan jaringan di paru-paru yang disebabkan oleh alkohol.

6 dari 8 halaman

Salmon

 Salmon© Pixabay.com

Salmon menjadi salah satu makanan terbaik untuk membersihkan paru-paru. Kandungan asam lemak omega-3 dan anti-inflamasi dalam salmon dapat meningkatkan aliran darah paru-paru dan dapat menjaga kondisi kesehatan paru-paru.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Epidemiologi Lingkungan di Barcelona menemukan bahwa, mengkomsumsi asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko peradangan pada penderita COPD.

7 dari 8 halaman

Kunyit

 Kunyit© Pixabay.com

Kunyit mengandung curcumin yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi kunyit dapat membantu pengobatan untuk paru-paru seperti asma, COPD, sindrom gangguan pernapasan akut, cedera paru-paru, dan fibrosis paru.

8 dari 8 halaman

Pisang

 Pisang© Pexels.com

Pisang adalah sumber nutrisi yang kuat dan sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Pisang kaya akan potasium, serat, dan vitamin c.

Sebuah studi menemukan bahwa potasium yang ditemukan dalam pisang dapat membantu paru-paru berkontraksi dan mengembang dengan baik, dan dapat membantu mencegah masalah pernapasan. 

Penelitian lain juga menemukan bahwa pisang membantu mempertahankan fungsi paru-paru

Beri Komentar