7 Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan, Tinggi Serat yang Baik untuk Pencernaan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 10 Agustus 2022 19:45
7 Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan, Tinggi Serat yang Baik untuk Pencernaan
Buah bidara tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan.

Dream – Buah bidara bukanlah buah yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat umum. Bahkan mungkin saja ada sebagian orang yang belum pernah melihat secara langsung bagaimana bentuk dari buah bidara ini. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa buah yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana adalah buah yang berasal dari Asia Selatan.

Meski begitu, sahabat Dream tetap bisa menemukan buah bidara di Indonesia, khsusunya di daerah Jawa, Bali, dan Sumba. Ketika kamu makan, maka akan merasakan kombinasi asam dan manis. Jadi, cocok sekali untuk kamu jadikan sebagai camilan sehat sehari-hari.

Tak hanya enak dimakan sebagai camilan saja, buah bidara juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah bidara cukup beragam, bahkan buah ini juga dijadikan sebagai obat herbal.

Daripada makin penasaran apa saja manfaat buah bidara untuk kesehatan, berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui halodoc.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat buah bidara yang pertama adalah bisa meningkatkan kualitas tidur. Ini cocok sekali menjadi solusi untuk sahabat Dream yang selama ini mengalami kesulitan tidur. Otomatis hal ini juga bisa berpengaruh pada kesehatanmu jika gangguan tidur terus terjadi tanda diatasi. Di dalam buah bidara terkandung flavonoid-saponin dan polisakarida.

Kandungan saponin ampuh untuk mendukung kualitas tidur seseorang. Jika sahabat Dream mengonsumsi buah bidara, maka kamu akan merasa lebih tenang dan hal ini akan sangat membantu agar bisa tidur nyenyak.

Mempertahankan Tekanan Darah Normal

Tekanan darah sebaiknya selalu diperhatikan dengan baik agar selalu stabil. Karena jika kondisi tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka hal ini akan memengaruhi kesehatan sahabat Dream. Agar tekanan darah selalu normal, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi buah bidara.

Buah ini memiliki kandungan garam yang rendah dan kaya akan kandungan potasium. Dengan kandungan itulah yang nantinya mampu membantu tubuh supaya tekanan darah bisa terkontrol dengan baik.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh bagi seseorang sangatlah penting. Keberadaan imunitas inilah yang mampu membantu tubuh untuk melawan berbagai virus maupun bakteri pembawa penyakit. Jika tubuh memiliki imunitas yang baik, maka seseorang bisa terhindar dari penyakit yang menyerang. Sedangkan jika kondisi imunitas sedang menurun, maka seseorang bisa dengan mudah terserang penyakit.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, sahabat Dream bisa mengonsumsi buah bidara yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Dengan mengonsumsi sebanyak tiga buah, maka kamu bisa memenuhi vitamin C harian, yakni sebesar 90 miligram untuk laki-laki dan 75 gram untuk perempuan.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Tulang adalah bagian yang berfungsi untuk menopang tubuh. Dengan adanya tulang, maka seseorang bisa berdiri dengan tegak, membungkuk, jongkok, dan melakukan gerakan lainnya dengan mudah. Bisa sahabat Dream rasakan jika ada bagian tulang yang mengalami masalah, maka akan terasa sakit. Bahkan untuk digerakkan saja terasa sulit. Hal inilah yang akan menghambat aktivitasmu.

Oleh karena itu, kesehatan tulang harus selalu dijaga sebaik mungkin. Salah satunya dengan mengonsumsi buah bidara. Buah bidara mengandung kalsium, zat besi, dan fosfor yang sangat baik untuk meningkatkan tulang. Oleh karena itu, penderita tulang keropos atau osteoporosis disarankan untuk mengonsumsi buah bidara sebagai upaya mengelola kondisi tulangnya agar lebih baik.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah bidara berikutnya adalah bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Seperti yang kita ketahui bahwa pencernaan yang sehat membutuhkan asupan serat secara cukup agar pencernaan selalu lancar. Nah, sahabat Dream bisa mendapatkan asupan serat dari buah bidara.

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat 50 persen karbohidrat yang ada dalam buah bidara berasal dari serat. Tak hanya itu saja, ekstrak dari buah bidara bisa memperkuat lapisan perut dan usus. Dengan begitu, seseorang yang mengonsumsinya bisa terhindar dari kerusakan yang diakibatkan oleh luka, bakteri berbahaya, maupu bisul yang ada di area usus.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat buah bidara selanjutnya adalah bisa melancarkan sirkulasi darah. Hal ini karena dalam buah bidara terdapat kandungan berupa zat besi dan fosfor yang cukup banyak. Selain itu, dengan mengonsumsi buah bidara juga bisa membantu memastikan agar sirkulasi darah bisa selalu berjalan lancar. Karena dengan sirkulasi darah yang lancar, maka tubuh pun akan selalu terjaga kesehatannya.

Menyehatkan Kulit

Manfaat buah bidara tak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Siapa yang tak ingin memiliki kulit sehat dan cantik? Hal ini adalah impian setiap orang. Sahabat Dream bisa mendapatkan kulit yang sehat secara alami, caranya adalah dengan mengonsumsi buah bidara.

Buah bidara mengandung vitamin C yang sangat baik untuk mendukung kesehatan kulit dan mencegah munculnya jerawat. Kemudian ada juga kandungan antioksidan yang ampuh dalam mencegah tanda penuaan dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Beri Komentar