Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan Sesuai Jenisnya, Bantu Mengubah Energi untuk Tubuh

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 9 Agustus 2022 18:36
Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan Sesuai Jenisnya, Bantu Mengubah Energi untuk Tubuh
Penting untuk memenuhi asupan vitamin B secara cukup.

Dream – Salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh adalah vitamin B. Untuk memenuhi asupan vitamin B, maka sahabat Dream harus mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B. Beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin B tinggi misalnya saja daging ayam, daging sapi, telur, hati sapi, ikan salmon, dan masih banyak lagi.

Sahabat Dream harus memastikan bahwa tubuh kamu tidak kekurangan asupan vitamin B. Jika sampai kekurangan, maka hal ini mampu mendatangkan penyakit, seperti penyakit beri-beri, anemia, kram otot, mudah lelah, hingga kulit yang kering.

Meski begitu, vitamin B yang diperlukan oleh tubuh manusia ada beberapa jenis. Di mana manfaat vitamin B di setiap jenisnya berbeda-beda. Ada vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9, dan vitamin B12.

Nah, berikut adalah manfaat vitamin B di setiap jenisnya sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan

Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan© Freepik.com

Vitamin B1

Vitamin B1 berfungsi sebagai thiamine yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan sebagai sumber energi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B secara cukup, maka kesehatan sistem saraf akan selalu terjaga dengan baik. Kemudian, ketika sahabat Dream mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, maka setelahnya akan diubah menjadi energi yang berperan penting dalam mendukung aktivitas kamu sehari-hari.

Demi mendapatkan asupan vitamin B1, sahabat Dream bisa mengonsumsi susu, telur, roti, daging sapi, biji-bijian utuh, dan buah-buahan. Kemudian banyaknya vitamin B yang kamu butuhkan per harinya adalah sebanyak 1 miligram untuk laki-laki dan 0,8 miligram untuk perempuan.

Vitamin B2

Vitamin B2 berfungsi sebagai riboflavin yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mata. Keberadaan vitamin inilah yang mampu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak yang masuk ke tubuh.

Demi mendapatkan asupan vitamin B2, maka sahabat Dream bisa mengonsumsi nasi, sayur, telur, ikan, dan susu. Perlu sahabat Dream ketahui juga bahwa makanan tersebut haruslah dijauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena paparan sinar matahari bisa menyebabkan kandungan vitamin B2 menjadi rusak.

2 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan

Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan© Freepik.com

Vitamin B3

Vitamin B3 berfungsi sebagai niacin, di mana manfaat vitamin B jenis B3 ini berguna untuk menjaga serta memastikan kerja sistem saraf. Kemudian asupan vitamin B3 nantinya mampu mengubah makanan yang masuk ke tubuh menjadi energi. Inilah yang sangat sahabat Dream perlukan untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Demi mendapatkan asupan vitamin B3, sahabat Dream bisa mengonsumsi telur, susu, ikan, daging sapi, dan kacang-kacangan. Sedangkan banyaknya asupan B3 yang diperlukan tubuh per harinya adalah sebanyak 17 miligram untuk laki-laki dan 13 miligram untuk perempuan.

Vitamin B5

Vitamin B5 berfungsi sebagai pantothenic acid yang berguna untuk memproduksi hormon dan pertumbuhan tubuh. Dengan memenuhi asupan vitamin B5 di tubuh, maka nantinya vitamin tersebut akan membantu untuk mengubah makanan menjadi energi. Menyadari bahwa setiap manusia membutuhkan energi agar bisa kuat menjalankan aktivitas hariannya. Tanpa adanya energi, maka tubuh manusia akan terasa lemas.

Nah, demi mendapatkan asupan vitamin B5 yang baik, sahabat Dream bisa mengonsumsi daging ayam, sapi, kentang, tomat, nasi merah, dan brokoli. Kamu bisa mengatur menu makanan tersebut setiap harinya sesuai selera dan pastinya agar kamu tidak bosan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan

Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan© Freepik.com

Vitamin B6

Vitamin B6 berfungsi sebagai pyridoxine yang berguna untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan memenuhi asupan vitamin B6, maka bagian tubuh seperti otot, saluran pencernaan, dan sistem imunitas akan terjaga dengan baik. Apalagi sistem imunitas sangatlah penting dijaga agar sahabat Dream tidak mudah terserang penyakit.

Untuk mendapatkan asupan vitamin B6, kamu bisa mengonsumsi susu, ikan, kentang, daging ayam, kacang, dan pisang. Sedangkan untuk kebutuhan hariannya adalah sebanyak 1,4 miligram untuk laki-laki dan 1,2 miligram untuk perempuan.

Vitamin B7

Vitamin B7 atau disebut dengan biotin, di mana manfaat vitamin B jenis B7 ini berfungsi untuk memecah lemak dan karbohidrat. Di mana lemak dan karbohidrat yang dipecah tersebut akan diubah menjadi lemak dan glukosa, baru kemudian bisa menghasilkan energi untuk tubuh.

Untuk mendapatkan asupan vitamin B7 secara baik, sahabat Dream bisa membuat menu makanan dengan bahan dari wortel, hati, ikan salmon, mengonsumsi sereal, dan buahnya berupa pisang. Bahan-bahan tersebut bisa kamu variasikan masakannya sesuai dengan selera kamu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan

Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan© Freepik.com

Vitamin B9

Vitamin B9 atau folic acid berfungsi untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Tentunya asupan vitamin B9 ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil demi tumbuh-kembang sang janin. Dengan memenuhi asupan vitamin B9, maka mampu menurunkan risiko cacat pada sistem saraf pada bayi saat di dalam kandungan. Terutama yang berhubungan dengan sistem saraf pusat, seperti spina bifida.

Untuk mendapatkan asupan vitamin B9, sahabat Dream bisa mengonsumsi kacang-kacangan, asparagus, sereal, brokolo, dan hati ayam.

Vitamin B12

Vitamin B12 atau cobalamin berfungsi untuk membantu produksi sel darah merah. Tak hanya itu saja, vitamin B12 juga bisa menjaga sistem saraf agar selalu sehat. Kemudian makanan ini juga membantu dalam mengubah makanan di tubuh menjadi energi.

Untuk mendapatkan asupan vitamin B12, sahabat Dream bisa mengonsumsi daging, telur, susu, salmon, dan keju.

Beri Komentar