Nasi Sisa Bisa Jadi Beracun, Simpan dengan Benar

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 31 Maret 2021 07:12
Nasi Sisa Bisa Jadi Beracun, Simpan dengan Benar
Jika nasi masih cukup banyak, sebaiknya simpan dalam kulkas.

Dream – Nasi yang masih cukup banyak tentunya sangat sayang untuk dibuang. Biasanya, kita mendiamkan nasi dalam rice cooker atau magic jar. Bisa dihangatkan untuk esok hari atau diolah menjadi nasi goreng.

Cara tersebut sebenarnya kurang tepat. Jika nasi masih cukup banyak, sebaiknya simpan dalam kulkas. Jika tidak, sangat muncul tumbuh bakteri Bacillus Cereus yang bisa memicu keracunan.

Mengonsumsi nasi yang sudah ditumbuhi bakteri ini dapat menyebabkan beberapa gejala. Seperti mual, muntah, hingga diare. Gejala akan muncul dalam beberapa jam setelah seorang memakan sisa makanannya, tapi untungnya gejala ini akan dirasakan hanya sekitar 24 jam.

Penting diingat, Bacillus Cereus ini tidak hanya dapat tumbuh di nasi saja, melainkan bisa di makanan lainnya. Department of Agriculture’s Food Safety and Inspection Service Amerika Serikat (USDA) menyarankan agar semua makanan yang berasa di suhu luar untuk tetap dijaga dari bakteri.

 

1 dari 4 halaman

Untuk itu makanan panas harus bersuhu sekitar 60 derajat celcius atau lebih panas dan makanan dingin harus bersuhu 4,5 derajat Celcius atau lebih dingin. Jika makanan berada pada suhu tengah, kisaran 32 derajat celcius, saat itulah kemungkinan bakteri akan tumbuh.

Tak perlu membuang sisa makanan, cukup perhatikan cara yang tepat untuk mendinginkan dan menyimpannya. USDA merekomendasikan untuk mendinginkan sisa makanan dengan cepat.

Nasi Sisa Kemarin Ternyata Berkhasiat Buat Kesehatan© MEN

Misalnya, makanan sup atau nasi segera simpan di lemari es bila sudah tidak termakan. Jangan tinggalkan makanan di luar lemari es lebih dari dua jam, dan idealnya masukkan sisa nasi ke lemari es dalam waktu satu jam agar bakteri tidak memiliki kesempatan untuk berkembang.

Untuk itu, berhati-hatilah jika membungkus makanan karena kita tidak akan tahu berapa lama makanan tersebut disimpan pada suhu ruang. Salah satu cara terbaik untuk memastikan makanan cukup aman dikonsumsi keesokan harinya adalah dengan memasukkan ke dalam lemari es segera setelah dibawa pulang. Sebisa mungkin taruh makanan pada wadah yang kedap udara.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: BHG

2 dari 4 halaman

Viral Crazy Rich Surabaya Rebutan Borong Nasi Goreng Emperan Seharga Rp50 Juta

Dream - Kuliner malam memang mengasyikkan. Terutama jika yang disuguhkan punya nama aneh dan kontroversial di mata warga.

Baru-baru ini akun Instagram @lambe_turah membagikan video rombongan Crazy Rich sedang rebutan menawar harga nasi goreng.

© Dream

Ini bukan nasi goreng sembarangan. Meski jualannya di pinggir jalan, tapi jadi langganan orang-orang tajir melintir.

3 dari 4 halaman

Dalam video, tampak beberapa laki-laki yang diduga Crazy Rich Surabaya sedang memborong nasi goreng Jancok.

Ya, namanya memang nasi goreng Jancok. Meski namanya terdengar tabu, tapi jadi rebutan Crazy Rich Surabaya.

Mereka berlomba menawarkan harga paling tinggi untuk memborong nasi goreng Jancok. Menurut informasi, lokasi penjual nasi goreng Jancok ini berada di Tulungagung, Jawa Timur.

Suasananya sangat ramai, mirip dengan lelang yang ada di pasar ikan. Pembeli yang bisa menawarkan harga tinggi, dialah yang berhak memiliki.

Pada awalnya, salah satu anggota rombongan Crazy Rich menawarkan harga Rp1,5 juta untuk seluruh porsi nasi goreng Jancok yang dijual malam itu.

Harga awal yang 'cuma' Rp1,5 juta itu kemudian naik beberapa kali lipat selama Crazy Rich melakukan penawaran. Mulai dari Rp2 juta, Rp3 juta, Rp8 juta dan seterusnya.

4 dari 4 halaman

Akhirnya, setelah melalui perdebatan yang seru, pembeli mengakhiri lelang itu dengan menawarkan uang Rp50 juta. Penjual pun setuju.

Dinamakan nasi goreng Jancok lantaran saat membuat, si penjual marah-marah sambil memaki menggunakan kata makian Jancok. Kata makian ini sudah akrab di telinga masyarakat Jawa Timur.

Video ini viral dan mendapat respons beragam dari para netizen. Ada yang mengungkapkan kekaguman, tidak sedikit yang 'ngeri' mendengar makian yang diulang-ulang.

Namun ada juga netizen yang nyinyir, menganggap cuma modal fasih memaki dengan intonasi pas agar videonya bisa viral.

 

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh OFFICIAL LAMBE TURAH ENTRNT (@lambe_turah)

 

Beri Komentar