Praktis! Ada Pohon yang Bisa Ditumbuhi 3 Jenis Sayuran

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 3 Agustus 2022 10:12
Praktis! Ada Pohon yang Bisa Ditumbuhi 3 Jenis Sayuran
Teknik penanaman buah pomato dan brimato dikembangkan oleh The Indian Institute of Vegetable Research (IIVR) yang berbasis di Varanasi.

Dream - Lahan pertanian kian terbatas, sementara populasi manusia terus bertambah. Hal ini membuat para ilmuwan pertanian mengembangkan teknik menanam sayur dengan lebih efisien.

Salah satunya pada 2021 lalu, dikembangkan tanaman " Pomato" menggunakan teknik okulasi. Krishi Jagran, sang ilmuwan membuat pomato yang merupakan gabungan dari tanaman potato (kentang) dan tomato (tomat).

Tahun ia mengembangkan teknik baru yang menggunakan terong bersama dengan dua sayuran tersebut dan disebut " Brimato" . Awalnya, teknik ini dikembangkan di Jerman pada 1977 menggunakan dua atau tiga sayuran yang dapat ditanam bersama.

teknik menanam© ICAR

 

Teknik penanaman buah pomato dikembangkan oleh The Indian Institute of Vegetable Research (IIVR) yang berbasis di Varanasi. Dengan teknik ini, kedua sayuran tersebut dapat tumbuh bersama dalam satu tanaman.

“ Setiap tanaman pomato dapat menghasilkan hingga dua kilogram tomat dan 600 gram kentang," kata Dr Anant Kumar, ilmuwan yang telah mematenkan teknik ini, dikutip dari Times of India.

 

1 dari 5 halaman

Kedua sayuran tersebut berasal dari famili tumbuhan yang sama yang dikenal sebagai 'Solanaceae'. Karena itulah, kedua sayuran ini bisa ditanam bersama. Secara tradisional, teknik ini dilakukan dengan membuat sayatan di batang kedua tanaman dan kemudian diikat bersama.

Pomato© ICAR

Teknik ini menggabungkan bagian-bagian dari dua atau lebih tanaman sedemikian rupa sehingga tampak tumbuh sebagai satu tanaman. Teknik yang dikembangkan oleh IIVR ini menumbuhkan kentang di lapisan bawah tanah, sementara tomat tumbuh di lapisan atas.

Brimato ditanam menggunakan teknik yang sama dan lapisan ketiga ditambahkan ke tanaman di mana terong ditanam dalam " Pomato" . Dengan demikian, seseorang dapat menanam bersama 3 sayuran sekaligus - kentang, tomat, dan terong, dalam satu tanaman.

Lapisan tambahan bisa digunakan untuk menanam cabai. Anant mengungkapkan bahwa terong yang ditanam menggunakan teknik ini membutuhkan waktu sekitar 25 hari untuk siap dipetik sedangkan tomat membutuhkan waktu 22 hari.

Sumber: Times of India

2 dari 5 halaman

3 Sayuran yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Dream - Ginjal adalah organ penting tubuh yang berfungsi untuk membuang limbah dari darah dan mengatur kadar cairan dalam tubuh. Agar ginjal berjalan lancar, Sahabat Dream harus memakan sayuran yang baik untuk ginjal.

3 Sayuran yang Baik untuk Kesehatan Ginjal© MEN

Menghindari lemak dan makanan olahan yang mengandung natrium dan lemak jenuh dalam jumlah berlebihan adalah langkah penting dalam merawat ginjal. Faktanya, ada sayuran tertentu yang bermanfaat untuk membersihkan, melindungi dan meningkatkan kinerja ginjal.

Simak beberapa sayuran yang dapat mendukung ginjal untuk berfungsi dengan baik yang Dream rangkum dari Boldsky.com.

3 dari 5 halaman

Kubis

Shutterstock© Shutterstock

Kubis mengandung fitokimia, sayuran ini membantu memecah radikal bebas sebelum mereka dapat merusak tubuh. Kubis kaya akan vitamin K, vitamin C dan serat dan juga merupakan sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik.

Juga, jumlah potasium yang rendah dalam kubis menjadikannya tambahan yang terjangkau untuk diet ramah ginjal.

 

4 dari 5 halaman

Paprika Merah

Paprika merah dikenal sebagai sayuran ramah ginjal yang sempurna karena kandungan kaliumnya yang rendah. Tingginya kadar kalium dalam darah dapat mempersulit ginjal untuk menghilangkannya sehingga menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Paprika merah mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C, A dan B6 dan nutrisi lain seperti asam folat dan serat yang penting untuk kesehatan ginjal.

Sahabat Dream bisa mendapatkan paprika merah dengan menambahkannya ke dalam salad atau memakannya mentah-mentah.

 

5 dari 5 halaman

Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal secara keseluruhan karena sifat diuretiknya yang luar biasa. Diuretik membantu menghilangkan kelebihan natrium dan air dari tubuh dengan memaksa ginjal membuang natrium melalui buang air kecil.

Bawang putih juga dapat melindungi ginjal dari efek berbahaya dari logam berat seperti timbal. Rempah-rempah ini juga memiliki kekuatan untuk mengurangi peradangan, melawan infeksi, membersihkan tubuh dan menurunkan kolesterol dan bertindak sebagai antibiotik alami.

(Sumber: Boldsky.com)

Beri Komentar