Rendam di Larutan Cuka, Teknik Menyimpan Buah Biar Tak Mudah Busuk

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 5 Desember 2022 06:01
Rendam di Larutan Cuka, Teknik Menyimpan Buah Biar Tak Mudah Busuk
Sahabat Dream wajib tahu tekniknya. Catat ya.

Dream - Buah-buahan jadi pilihan teratas bagi mereka yang ingin hidup sehat dan diet. Kandungan serat, vitamin juga gula alaminya, bisa buat jadi asupan berkualitas bagi tubuh.

Buah merupakan camilan paling alami untuk mendapatkan energi instan. Penting untuk menyetok buah di rumah agar kamu bisa menikmati camilan sehat dan berkualitas.

Sayangnya, buah jika disimpan dalam waktu lama cepat membusuk. Sebenarnya, ada trik untuk mencuci dan menyimpan buah agar tak mudah busuk. Sahabat Dream wajib tahu tekniknya. Catat ya.

Langsung simpan tanpa dicuci
Banyak orang yang memiliki kebiasaan membeli buah dalam jumlah banyak, mencucinya terlebih dahulu, lalu menyimpannya di lemari es. Hal ini sebenarnya kurang tepat.

Setelah dicuci pastikan buah benar-benar dalam keadaan kering sebelum disimpan. Pasalnya, kelembapan dapat menyebabkan buah lebih cepat berjamur. Lebih baik simpan langsung dengan mengalasinya dengan tisu dapur. Baru cuci buah sebelum mengonsumsinya.

 

1 dari 7 halaman

Bungkus dengan Tisu Dapur

5 Pilihan Buah Segarkan Buka Puasa Kamu© MEN

Trik ini dapat dilakukan jika menyimpan buah dalam jumlah banyak. Membungkus tiap buah masing-masing dengan tisu dan meletakkannya di laci kulkas, akan membuatnya segar lebih lama. Ini adalah teknik yang sama yang dilakukan oleh penjual buah untuk menjaga agar buah-buahan tersebut tetap segar.

2 dari 7 halaman

Gunakan Larutan Cuka

Cara ini juga bisa dilakukan di rumah dan cukup praktis. Siapkan wadah, isi air, tuang cuka putih dan aduk perlahan. Cara ini tidak hanya akan membersihkan lilin atau segala jenis kotoran yang ada pada buah tetapi juga membantu membunuh semua serangga kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Buah segar© Shutterstock

Cukup rendam buah dalam larutan ini selama sekitar 8-10 menit. Cara ini juga akan membantu mencegah jamur tumbuh pada buah. Saat periode perendaman selesai, pastikan buah dibilas dengan baik.

Sumber: Times of India

3 dari 7 halaman

5 Buah Kaya Gizi yang Sangat Disukai Rasulullah

Dream - Sosok Nabi Muhammad SAW bagi umat Islam merupakan sebaik-baiknya teladan dalam tiap aspek kehidupan di dunia dan akhirat. Bukan hanya dalam ibadah ritual, tapi juga dalam hal menjaga kesehatan.

Rasulullah diketahui sangat gemar mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan manfaat. Dikutip dari hungryforhalaaal.com, ada enam buah yang dianjurkan Rasul untuk dikonsumsi secara rutin karena manfaatnya bagi tubuh yang begitu besar.

Bila Sahabat Dream mengonsumsi buah-buah ini, niatkan untuk mengikuti sunah Nabi. Bukan hanya agar mendapat menafaat kesehatan tapi juga pahala. Buah apa saja favorit Nabi Muhammad SAW?

Delima

Buah delima© Shutterstock

Buah satu ini dijuluki dengan buah dari surga. Nabi Muhammad SAW pernah berkata " Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga" (Diriwayatkan oleh Al-Dzabi).

 

 

4 dari 7 halaman

Zaitun

Zaitun© Shutterstock

Buah zaitun merupakan buah yang kaya akan manfaat, baik untuk perawatan kulit, memberikan kekuatan pada rambut, dan membantu penyembuhan radang perut, dan memperlambat proses penuaan. Rasulullah sering mengonsumsi buah ini. Dikisahkan oleh Abu Hurairah (RA), Nabi Muhammad pernah berkata, “ Makanlah Zaitun dan gunakan sebagai salep karena dihasilkan dari pohon yang diberkati" (HR Tirmidzi).

 

5 dari 7 halaman

Buah Ara

Buah ara© Shutterstock

Buah Ara atau dikenal juga dengan buah tin diketahui mencegah wasir dan membantu meredakan asam urat, sebagaimana yang dikatakan Nabi Muhammad SAW, “ Jika saya harus menyebutkan buah yang turun dari surga saya akan mengatakan ini karena buah surga tidak memiliki lubang … makan dari buah ini untuk mencegah wasir, mencegah wasir dan membantu asam urat” (HR Bukhari).

 

6 dari 7 halaman

Anggur

Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan© Freepik.com

Buah favorit Nabi Muhammad SAW lainnya adalah anggur. Buah ini juga sempat disebutkan beberapa kali dalam Alquran. Anggur diketahui sebagai sumber penting flavanoid yang dapat menurunkan risiko kanker, menurunkan kolesterol, mencegah pengerasan pembuluh darah dan melawan penyakit jantung.

 

7 dari 7 halaman

Kurma

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan, Tangkal Radikal Bebas hingga Jaga Kesehatan Otak© MEN

Buah gurun satu ini buah berkhasiat yang kerap dimakan Rasulullah, Nabi mengatakan “ Barang siapa yang makan tujuh buah kurma 'Ajwa setiap pagi tidak akan terpengaruh oleh racun atau sihir pada hari dia memakannya" (HR Bukhari).

 

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Hungryforhalaal

Beri Komentar