Rendam Stroberi di Air Garam Sebelum Dimakan, Ini Alasannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 28 Mei 2020 06:36
Rendam Stroberi di Air Garam Sebelum Dimakan, Ini Alasannya
Idealnya, jangan langsung memakan dan mengolah stroberi langsung dari kemasan.

Dream - Melihat buah stroberi gendut nan segar, berwarna merah dengan daun hijau, kita cenderung ingin langsung menyantap atau mengolahnya menjadi jus atau topping es krim.

Idealnya, jangan langsung memakan dan mengolah stroberi langsung dari kemasan. Rendam dulu buah yang memiliki cita rasa asam ini di air yang telah dicampur garam. Mengapa demikian?

Banyak sekali cacing dan serangga kecil di dalam buah ini. Termasuk tanah-tanah halus. Sebuah tren merendam stroberi viral di TikTok dan Twitter. Setelah direndam selama beberapa menit, serangga dan bahkan cacing keluar dari buah ini.

 

 

1 dari 6 halaman

Bersihkan dengan Ekstra

Cacing yang keluar berukuran sangat kecil, bahkan kadang tak terlihat mata. Saat dilihat dengan detail baru tampak cacing atau ulat kecil ini menggeliat keluar dari stroberi.

 Begini Cara Mencuci Stroberi Agar Tak Mudah Busuk© MEN

Untuk itu, mulai sekarang selalu rendam stroberi sebelum memakannya. Hal ini juga berlaku pada brokoli dan kembang kol.

2 dari 6 halaman

Begini Cara Mencuci Stroberi Agar Tak Mudah Busuk

Dream - Kenikmatan buah stroberi terasa kala dihidangkan menjadi jus atau minuman dingin. Bisa juga jadi taburan puding atau cake. Tampilannya yang cantik membuat hidangan menjadi semakin mengugah selera.

Sayangnya, buah mungil nan asam ini sangat mudah busuk. Apalagi jika terkena air. Kulitnya jadi menghitam dan dalam waktu singkat jadi lembek dan tak lagi bisa dinikmati.

Rupanya ada cara khusus untuk mencuci dan menyimpan stroberi untuk mempertahankan kesegarannya. Yuk, simak langkahnya.

Mulailah dengan menyortir buah stroberi. Pisahkan buah yang baik dengan yang sudah busuk. Sebaiknya tidak mencuci buah ini sebelum digunakan karena stroberi seperti spons yang mudah menyerap air yang bisa mempercepat pembusukan.

 

3 dari 6 halaman

Sortir

Sortir buah stroberi dan pilih yang berwarna merah cerah dan daging buahnya padat.

Langkah kedua, jangan mencabut tangkai sebelum mencucinya. Buah stroberi sangat mudah menyerap air jika sudah tak punya tangkai.

 Stroberi Lebih Panjang Umur, Coba Cara Ini© MEN

Setelah dua langkah tadi, sekarang masukkan stroberi ke saringan atau wadah berlubang yang berukuran besar. Jangan pernah merendamnya di dalam air. Stroberi hanya perlu dibilas sebentar, bukannya direndam.

Terakhir, keringkan stroberi karena buah yang basah akan mudah busuk. Kamu Bisa menggunakan kain atau kertas tisu yang tebal. Jika didiamkan begitu saja, stroberi yang terlalu lama akan basah dan cepat membusuk.

(Sah, Laporan Ivana Okta/ Sumber: Fimela.com)

 

4 dari 6 halaman

Stroberi Bisa Bikin Langsing, Jadikan Menu Diet Yuk!

Dream - Buah menjadi salah satu sumber makanan yang kaya rasa dan banyak memiliki kandungan bermanfaat. Tak heran, banyak orang mengandalkan buah untuk dikonsumsi saat diet.

Satu buah stroberi rata-rata mengandung 33 kalori, 91 persen air, 0,7 gram protein, 7,7 gram karbohidrat, 4,9 gram gula, 2 gram serat serta 0,3 gram lemak. Bisa memenuhi asupan vitamin harian.

 © Dream

Salah satu buah yang kerap dikonsumsi adalah stroberi. Sifat antioksidan, anti inflamasi serta seratnya mampu membantu penurunan berat badan. Bagi Sahabat Dream yang sedang berdiet, usahakan mengonsumsi buah ini secara rutin.

Mengapa? Yuk, cari tahu alasannya.

 

5 dari 6 halaman

Mengurangi Lemak Perut

Stroberi mengandung banyak serat yang mampu memperlancar pencernaan. Mengonsumsi banyak stroberi dalam sehari dapat mengurangi lemak perut. Serat juga akan membuatmu kenyang lebih lama.

 6 Manfaat Ajaib Strawberry untuk Kecantikan Rambut dan Wajah© MEN

Mempermudah Penurunan Berat Badan
Penelitian membuktikan bahwa stroberi memicu produksi 2 hormon, adiponektin dan leptin. Kedua hormon ini dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme.

 

6 dari 6 halaman

Rendah Kalori dan Pemanis Alami

Sebanyak 100 gram stroberi mengandung 33 kalori. Ini menjadi penyebab banyak orang, terutama penyuka makanan manis menjadikannya snack favorit.

Memperbaiki Sel Otot
Sifat antiinflamasinya dapat mempercepat perbaikan otot setelah berolahraga secara intens. Setelah olahraga, cobalah untuk mengonsumsi segenggam stroberi agar otot tak terlalu lelah.

 Begini Cara Mencuci Stroberi Agar Tak Mudah Busuk© MEN

Cara Menambahkan Stroberi Pada Makanan
Daripada mengonsumsi yogurt berperisa buatan, lebih baik tambahkan potongan stroberi di atasnya. Padukan plain yogurt dengan potongan stroberi agar level kalorinya lebih rendah. Kamu juga bisa membuat stroberi smoothies sebelum makan.

Sumber: Times of India

Beri Komentar