Telur Kukus Saus Wijen, Menu Sehat Bikin Perut Hangat

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 30 November 2022 17:36
Telur Kukus Saus Wijen, Menu Sehat Bikin Perut Hangat
Membuatnya sangat mudah dan sangat kaya rasa.

Dream - Olahan telur memang tidak pernah bikin bosan. Bahan makanan ini menjadi makanan yang sering dikonsumsi karena mudah untuk mengolahnya. Selain itu, sumber proteinnya sangat tinggi untuk asupan gizi harian.

Telur biasanya diolah dengan digoreng atau direbus. Jika ingin mendapatkan manfaat terbaik dari telur, kamu bisa mengukusnya. Ikuti saja resep simpel membuat telur kukus dari akun Instagram @udah_lapar, yang sangat membangkitkan selera makan.

Bahan-bahan:
- 1 sdt kecap asin
- Kornet daging, potong dadu
- Daun bawang, iris tipis
- 1 sdt minyak wijen
- 6 butir telur



1 dari 5 halaman

Cara Membuat:

Bumbu telur© Instagram @udah_lapar
- Dalam sebuah wadah, tuang kecap asin, taruh kornet, daun bawang, dan minyak wijen. Aduk sampai rata
- Pecahkan telur di atas campuran bumbu dengan perlahan
- Panaskan kukusan. Masukkan wadah ke dalam kukusan setelah air mendidih
- Kukus selama 8 menit, kemudian angkat
- Telur kukus siap disajikan

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Instagram @udah_lapar

2 dari 5 halaman

Lihat videonya


Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Instagram @udah_lapar

3 dari 5 halaman

4 Cara Periksa Telur yang Busuk Tanpa Membukanya

Dream - Telur selalu jadi lauk andalan baik untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. Bahan makanan satu biasanya selalu ada di kulkas karena sangat praktis diolah, kaya protein dan rasanya nikmat.

Pada saat kita ingin memasak telur, tak jarang saat dibuka ternyata kondisinya sudah tak segar. Berbau, warnanya pucat atau kondisinya sudah tak layak dimakan.

Untuk itu sangat disarankan untuk membuka telur di wadah lain lebih dulu sebelum menuangnya ke dalam masakan. Biasanya kita baru memecahkan cangkang telur di atas wajan atau panci saat ingin memasak.

Hal tersebut sangat tak dianjurkan, karena jika telur dalam keadaan busuk, bisa langsung merusak seluruh masakan. Sebenarnya ada cara untuk mengetahui kondisi telur segar atau busuk tanpa membukanya. Yuk, dicoba.


1. Masukkan Telur dalam Air
Memasukkan telur ke dalam air atau menenggelamkannya adalah cara mengetahui telur busuk atau tidak yang pertama. Kamu bisa menggunakan mangkok, gelas ukuran besar, atau pun tempat lain untuk mencoba cara ini.

Bila telur tenggelam ke dasar dan berbaring miring, artinya telur tersebut masih segar. Jika tenggelam dalam posisi berdiri di dasar bawah gelas atau mangkuk, artinya telur tersebut tidak segar tetapi masih bisa dimakan. Tapi, jika telur mengapung, maka kita tidak boleh memakannya.

Melansir dari Healthline, kulit telur bersifat semipermeabel atau dapat ditembus udara. Jadi, semakin tua usia telur, semakin banyak pula udara yang bisa masuk menembus cangkang. Itulah mengapa telur yang sudah tidak segar akan mengapung.

 

4 dari 5 halaman

2. Cium Bau Telur

Cara mengetahui telur busuk atau tidak yang selanjutnya adalah dengan mencium atau mengendus bau telur. Jika telur hanya berbau amis biasa telur tersebut masih segar. Bila sudah berbau menyengat maka telur tersebut bisa dipastikan sudah busuk.

Level Kolesterol Telur Ayam vs Telur Puyuh, Mana yang Lebih Tinggi?© MEN

Selain itu, kamu juga bisa melihat dari tekstur telur. telur busuk biasanya memiliki ciri-ciri tekstur putih telur yang lebih encer dan lebih berair. Biasanya, ini juga akan diikuti dengan aroma kuat dan menyengat.

 

5 dari 5 halaman

3. Periksa Detail Cangkang

Cara mengetahui telur busuk atau tidak juga bisa diketahui dengan tanpa memecah telur. Ini akan sangat berguna ketika kamu belanja. Jadi periksa dengan detail apakah cangkang masih dalam kondisi baik dan tidak retak atau licin.

Apa yang Terjadi Jika Berhenti Makan Telur?© MEN

Cangkang yang retak atau licin bisa mengindikasikan adanya bakteri. Selain itu, apabila bagian luar cangkang terasa seperti bubuk, mungkin saja sudah berjamur.

 4. Periksa Tanggal Expired

Jika belanja di supermarket, cek tanggal kedaluwarsa telur tersebut. Ini juga jadi cara mengetahui telur busuk atau tidak yang paling praktis. Tapi ini juga belum bisa dijadikan patokan pasti. Apalagi jika telur disimpan dalam lemari pendingin yang dapat menjaga kualitas dengan mencegah tumbuhnya bakteri.

Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id.

Beri Komentar