Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Uniknya Sajian Kopi Latte dalam Buah, Mau Coba?

Uniknya Sajian Kopi Latte dalam Buah, Mau Coba? Latte Dalam Buah Apel/ Foto: Instagram Locals Corner

Dream - Coffee latte bukan hanya terkenal dengan rasanya yang nikmat, tapi juga tampilannya yang memikat. Biasanya, campuran krim susu dibuat berbagai bentuk menarik oleh barista.

Latte lalu disajikan dalam cangkir kopi berukurang sedang. Pernah membayangkan kalau kopi yang dicampur dengan krim susu ini disajikan dalam gelas buah asli? Locals Corner, salah satu restoran di Australia membuat terobosan unik.

Wortel Latte

Kopi latte mereka bukan hanya bisa disajikan di gelas tapi juga bisa dalam wortel, apel hingga jeruk. Rasa dan aroma kopi latte pasti akan bercampur dengan buah tersebut dan memunculkan keunikan.

Latte jeruk

Locals Corner ini memang cukup terkenal dengan sajian hidangannya yang menggunakan bahan-bahan pangan organik. Terlihat dari akun Instagram @locals_corner, makanan-makanan yang disajikan selalu menggunakan sayuran dan buah sebagai bahan utamanya.

Selengkapnya baca Diadona.id

Bekukan Kopi Jadi Es Batu, Sajikan dengan Berbeda

Dream - Kopi dingin memang jadi minuman yang paling pas untuk menemani waktu bekerja saat di rumah. Terutama saat cuaca panas, dan kita harus tetap fokus menyelesaikan pekerjaan.

Jika selama ini Sahabat Dream biasanya membuat kopi dingin yang dicampur susu seperti biasa, bagaimana kalau menyajikannya dalam bentuk es batu. Kopi hitam yang dibentuk es batu lalu dimasukkan ke dalam susu, rasanya akan sangat berbeda.

Cocok bagi kamu yang ingin minuman ala kafe di rumah. Untuk membuatnya sangat mudah. Bikin saja kopi hitam seperti biasa, bisa ditambah gula, perisa karamel, hazelnut, vanila atau hanya kopi saja, tergantung selera.

Kopi es batu

Setelah kopi dingin, masukkan dalam cetakan es batu. Lebih baik membuatnya dalam jumlah banyak. Masukkan dalam 2 atau 4 cetakan. Keesokan harinya, tinggal menikmati es kopi tersebut.

Caranya, dengan menuang susu lebih dulu. Akan lebih baik susu tawar atau plain, baru kemudian masukkan 3-4 es batu dari kopi. Bisa juga tambahkan bubuk cokelat atau karamel untuk menambah rasa.

Mudah, bukan? Sajian kopi jadi lebih segar dan terasa karena sensasi dinginnya berasal dari kopi yang dibekukan.

Charcoal Latte, Versi Cantik dari Kopi Joss

Dream - Bagi Sahabat Dream yang suka makan di angkringan, pasti sudah tak asing lagi dengan minuman Kopi Joss. Kopi hitam yang dicampur dengan arang membara. Rasa kopinya memang jadi sangat berbeda.

Ada smokey flavor yang unik dan memperkaya rasa asli kopi. Ada juga nih, versi cantik dari Kopi Joss yaitu Charcoal Latte. Jadi tren di Inggris beberapa tahun lalu, Charcoal Latte merupakan minuman yang merupakan campuran dari espresso, arang, milk foam dan sedikit gula.

Charcoal Latte, Versi Cantik dari Kopi Joss

Warnanya hitam pekat dengan aroma asap yang kuat. Minuman ini terlihat apik dengan hiasan dari foam berbentuk bunga di atasnya. Rasanya cukup unik, ada rasa kopi, smokey dari arang dan sentuhan creamy dari milk foam.

Charcoal Latte rupanya mencuri perhatian karena dianggap bisa memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Diklaim Lebih Sehat

Mengapa? Arang aktif yang telah dipanaskan dengan gas akan membentuk pori-pori.

Charcoal Latte

Pori-pori inilah yang digunakan untuk menjebak bahan kimia berbahaya, itulah sebabnya arang aktif dipercaya memiliki manfaat kesehatan jika dicampur dengan minuman. Untuk rasanya sebenarnya cenderung hambar.

Aromanya justru yang sangat menonjol dan warnanya hitam pekat, berbeda dari hitamnya kopi. Beberapa kedai kopi di Indonesia juga menyediakan Charcoal Latte, tak ada salahnya untuk mencoba.

Kira-kira, menurut Sahabat Dream lebih enak Kopi Joss atau Charcoal Latte?

Sumber: PopSugar

Seduhan Kopi Hitam di Rumah Rasanya Mantap, Coba Resep Ini

Dream - Membuat kopi yang enak seperti di coffee shop tidak harus menggunakan mesin espresso yang mahal. Kita bisa membuat sendiri di rumah dengan alat yang sederhana. Manfaatkan saja waktu di rumah selama social distancing untuk menyeruput kopi nikmat olahan sendiri.

Ada tahapan penting untuk mendapat seduhan kopi hitam yang sempurna. Patrick Main, seorang ahli kopi memberikan bocoran untuk membuat kopi nikmat di rumah. Yuk, simak Sahabat Dream.

- Panaskan air segar hingga suhunya mencapai 93,3 derajat celcius. Untuk mencapai suhu yang tepat tanpa termometer, didihkan air dan diamkan selama 30 detik.

- Takar 25 gram biji kopi yang baru dipanggang, atau sekitar 5 sendok makan atau 2,5 sendok kopi standar

- Lipat jahitan kertas saring dan tuangkan kopi di atas kerucutnya sehingga rata. Lalu bilas filter dengan air panas. Giling kopi hingga kasar.

“Membilas filter membantu menghilangkan segala rasa kertas juga memanaskan kerucut dan botol, untuk membantu menjaga suhu tetap konsisten selama proses pembuatan bir,” kata Main.

Ukuran menggiling juga mempengaruhi waktu tetesan dan ekstraksi. Jika ingin lambat, cobalah menggiling sedikit lebih kasar.

"Bila menetes terlalu cepat, cobalah sedikit lebih halus," kata Main.

 

Tunggu 30 Detik

Setelah itu tempatkan kerucut di botol atau cangkir yang digunakan untuk timbangan. Tambahkan kopi bubuk, lalu buat skala menjadi nol. Tuangkan air secukupnya (50 gram, atau dua kali berat ampas kopi) dalam gerakan spiral untuk menjenuhkan ampas, tunggu 30 detik.

Kopi saring

Saat air panas memenuhi bubuk kopi, karbondioksida keluar dan mengembang. Hal ini akan membuat lebih mudah menyerap air, menghasilkan ekstraksi rasa yang lebih baik.

Gunakan timer, saat 30 detik, lanjutkan menuangkan air ke atas kopi hingga skalanya mencapai 400 gram dan pasang timer 2 menit. Tuang dengan pola spiral untuk menjaga ampas kopi sepenuhnya jenuh dari awal hingga akhir. Kopi pun siap dinikmati.

Laporan Raissa Anjaniqu/ Sumber: Real Simple

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lebih Sehat dari Kopi Biasa, Intip 8 Kelebihan Kopi Arab

Lebih Sehat dari Kopi Biasa, Intip 8 Kelebihan Kopi Arab

Tetapi, tahukah Sahabat Dream bahwa ada jenis kopi yang lebih sehat dikonsumsi tiap hari. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya yuk!

Baca Selengkapnya
Paduan Segarnya Blewah dengan Kopi Bisa jadi Pilihan untuk Berbuka Puasa

Paduan Segarnya Blewah dengan Kopi Bisa jadi Pilihan untuk Berbuka Puasa

Paduan blewah dengan minuman berkafein seperti kopi dan teh ternyata bisa menghadirkan cita rasa yang segar serta unik. Menu ini bisa dijadikan menu buka puasa.

Baca Selengkapnya
Gampang Banget, Bikin Roti Kopi Lembut ala Cafe untuk Sarapan

Gampang Banget, Bikin Roti Kopi Lembut ala Cafe untuk Sarapan

Roti kopi dengan selai mentega yang creamy bisa jadi hidangan saat sarapan atau camilan sore. Cara membuatnya pun mudah dengan berbekal roti tawar.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Waktu Terbaik Minum Kopi, Saat Sahur Atau Berbuka Puasa?

Waktu Terbaik Minum Kopi, Saat Sahur Atau Berbuka Puasa?

Konsumsi kopi harus diperhatikan waktunya agar tidak mengganggu ritme sirkadian dan benar-benar mampu membuat tubuh terasa lebih berenergi serta mudah fokus.

Baca Selengkapnya
Curhatan Warganet Digetok Es Kopi Sachet Rp16 Ribu

Curhatan Warganet Digetok Es Kopi Sachet Rp16 Ribu

Sebaiknya sebelum beli kopi di kaki lima, tanya dulu harganya.

Baca Selengkapnya
2 Tas untuk Minum Kopi yang Dipakai Syahrini Harganya Capai Rp1 Miliar

2 Tas untuk Minum Kopi yang Dipakai Syahrini Harganya Capai Rp1 Miliar

Pelantun lagu "Cintaku Kandas" ini memang selalu grande dalam tiap penampilan.

Baca Selengkapnya
Duh, Ternyata Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Dikonsumsi dengan Kue

Duh, Ternyata Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Dikonsumsi dengan Kue

Kopi dan teh bisa memberikan efek tertentu saat dikonsumsi bersama jenis makanan lainnya. Ketahui efeknya agar bisa dikonsumsi di saat yang tepat.

Baca Selengkapnya
5 Cara Manfaatkan Kopi Hitam untuk Bantu Turunkan Berat Badan

5 Cara Manfaatkan Kopi Hitam untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Selain membuat tubuh terasa lebih segar, kopi hitam diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Ketahui apa manfaat kopi yang bisa membantu proses tersebut.

Baca Selengkapnya
Vlogger Cicipi Secangkir Kopi Harga Rp4 Jutaan, Saat Diseruput Lidah Kelu Buat komentar

Vlogger Cicipi Secangkir Kopi Harga Rp4 Jutaan, Saat Diseruput Lidah Kelu Buat komentar

Vlogger ini cerita bahwa harganya yang melambung itu karena Kopi Paraiso Gold langka banget, lho! Bahkan penanamannya aja gak gampang.

Baca Selengkapnya