22 Juta Pelajar Indonesia Buka Tabungan, Nilainya Mencengangkan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 25 Februari 2020 19:15
22 Juta Pelajar Indonesia Buka Tabungan, Nilainya Mencengangkan
Rekeningnya sudah mencapai puluhan juta akun.

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meningkatkan sinergi dengan industri perbankan, kementerian, dan pemerintah daerah untuk mendorong inklusi keuangan. Salah satu caranya dengan menggalakkan program Simpanan Pelajar menuju kepemilikan rekening bagi semua pelajar di Indonesia pada 2022.

" OJK akan terus mengkampanyekan budaya menabung sejak dini melalui kegiatan edukasi dan perluasan akses keuangan di seluruh wilayah Indonesia," kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 25 Februari 2020.

Tirta mengatakan inisiasi program Simpanan Pelajar baik konvensional maupun syariah telah dilakukan sejak 2015. Program ini bertujuan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Hingga 2019, tercatat 381 bank telah menjadi peserta SimPel/SimPel iB dan 381.867 sekolah yang sudah bekerja sama.

" Jumlah rekening tercatat sebanyak 21.865.176 dan nominal tabungan Rp9 triliun," kata dia.

Saat ini SimPel/SimPel iB juga telah digunakan untuk penyaluran dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Kementerian Agama.

Selain itu, hingga awal tahun 2020, terdapat 11 daerah yang telah berkomitmen dalam mendukung Aksi Indonesia Menabung dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) dari Kepala Daerah yaitu Provinsi Riau, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Lampung, Provinsi Sulawesi Utara, Kota Ambon, Kota Samarinda, dan Kabupaten Merangin Jambi.(Sah)

1 dari 2 halaman

Tak Tega Lihat Saldo Tabungan, Perampok Kembalikan Uang Korban

Dream – Jadi korban perampokan akan menjadi pengalaman paling tidak menyenangkan. Kamu ditodong oleh seseorang dan dia meminta semua harta benda yang dibawa.

Kejadian ini biasanya akan meninggalkan trauma pada si korban. 

Namun cerita perampokan yang terjadi di Heyuan, Tiongkok, ini beda dari yang lain. Sikap sang perampok ini sukses mencuri hati warganet.

Dikutip dari World of Buzz, Rabu 13 Maret 2019, kisah ini bermula ketika sang korban, Li, sedang berada di ATM sendirian. Saat sedang menarik uang, seorang pria mendekatinya dan menodongkan sebilah pisau.

Berada dalam ancaman perampok yang ingin mengambil semua uangnya, Li tak bisa bertindak lain selain pasrah menyerahkan uang senilai 2.500 yuan (Rp5,13 juta) kepada perampok.

Rupanya si perampok masih belum puas dengan uang yang baru ditarik Li. Pria itu lantas memaksa melihat saldo tabungannya.

2 dari 2 halaman

Dan Inilah yang Terjadi

Setelah melihat saldo Li, si perampok berubah pikiran. Dia malah berbalik menjadi iba.

Saldo di tabungan Li sama sekali kosong. Entah apa yang merasuki pikirannya, si perampok mengembalikan uang Rp5 juta tadi kepada Li.

Ketika meninggalkan ATM, kamera CCTV menangkap wajah perampok sedang melempar senyum. Video ini viral di dunia maya dan warganet tersentuh dengan sikap perampok. Uwu…

Belakangan, pelaku tertangkap oleh polisi karena aksi perampokan. Walaupun dicekal, puja-puji warganet kepada pria ini pun bertaburan. (Sah)

Beri Komentar