294 Gardu PLN Tenggelam, Jakarta Terancam Gelap Gulita

Reporter : Syahid Latif
Senin, 9 Februari 2015 15:02
294 Gardu PLN Tenggelam, Jakarta Terancam Gelap Gulita
PLN terpaksa memadamkan aliran listrik demi keselamatan pelanggan.

Dream - Tak hanya dikepung banjir, Jakarta juga terancam gelap gulita. Genangan air yang cukup tinggi menenggelamkan ratusan gardu listrik yang tersebar di ibukota.

PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang melaporkan, setidaknya 294 gardu padam akibat banjir yang melanda kawasan tersebut.

" Demi keamanan dan keselamatan pelanggan, PLN memutus aliran listrik dengan memadamkan garud distribusi," ujar Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya dan Tangerang, Mambang Hertadi dalam keterangan tertulisnya, Senin, 9 Februari 2015.

Mambang menjelaskan, hujan deras yang mengguyur kota Jakarta dan Tangerang sejak semalam menyebabkan beberapa daerah tergenang air.

Diantara 294 gardu listrik yang dipadamkan diantara berada di Area Marunda, Cikupa, Kebon Jeruk, Bandengan, Cengkareng, Teluk Naga, Tanjung Priok, dan Cempaka Putih.

Pasokan listrik akan kembali dinormalkan jika instalasi di sisi PLN maupun pelanggan sudah benar-benar kering dan siap. Di sisi PLN, gardu akan dibersihkan dan dilakukan revisi terlebih dahulu.

PLN juga bergharap para pelanggan untuk memastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering dan jangan sampai air masih menempel.

" Jadi setelah air surut tidak serta merta listrik akan menyala, perlu waktu untuk memastikan semua siap. Hal ini demi keamanan dan keselamatan pelanggan itu sendiri," kata Mambang.

Untuk diketahui, setidaknya terdapat empat kondisi yang mengharuskan PLN memadamkan listrik. Empat kondisi itu adalah Gardu Distribusi tergenang air, wilayah perumahan pelanggan tergenang air, gardu dan perumahan pelanggan tergenang air atau gardu induk tergenang air. (Ism) 

Beri Komentar