3 Alasan Berpenampilan Menarik Saat Wawancara Kerja Menjadi Penting

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 4 Mei 2020 14:45
3 Alasan Berpenampilan Menarik Saat Wawancara Kerja Menjadi Penting
Wawancara kerja menjadi penentu kamu diterima bekerja atau tidak.

Dream – Saat menjalani proses interview, pasti ada harapan akan diterima perusahaan yang dilamar. Apalagi, kalau perusahaan itu adalah tempat kerja impian kamu.

Meski terlihat sepele, wawancara kerja adalah proses paling akhir yang sangat menentukan seseorang akan diterima kerja atau sebaliknya. Berbeda dengan tes tertulis atau psikolog, kamu akan berhadapan langsung dengan tim perekrut.

Sudah lazim diketahui jika banyak pelamar yang gagal di tahap wawancara. Nah mengutip dari Karir.com, Senin 4 Mei 2020, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal ini dengan sebaik mungkin. Mulai dari mengetahui background perusahaan hingga berpenampilan menarik saat interview.

Berpenampilan menarik bukan hanya soal memakai pakaian bagus dan bermerek saja, tetapi apapun yang tampak dan keluar dari dirimu itulah bagian dari penampilan.

Ada tiga alasan berpenampilan menarik sangat penting dalam wawancara kerja.

1 dari 3 halaman

Menunjukkan Kesan Baik

Ketika berpenampilan rapi, otomatis akan menunjukkan kesungguhan dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, kamu berusaha memberikan kesan yang baik melalui caramu berpenampilan. Berbeda soal jika tampil acak-acakan, tentunya membuat employer berpikir Sahabat Dream tidak menganggap serius lamaran kerja itu.

Kamu harus bisa membedakan pakaian saat hangout dan saat wawancara. Walaupun wawancara di perusahaan yang mempunyai culture santai dalam berpenampilan, bukan berarti juga memakai kaos biasa saja, usahakan memakai polo shirt dan celana chino agar terlihat serius tapi santai.

2 dari 3 halaman

Menggambarkan Karakteristik

Sedikit banyak, cara seseorang menampilkan diri di depan publik merupakan refleksi dari kepribadiannya. Seseorang yang disiplin tentu tidak akan tampil melamar kerja dengan kondisi yang acak-acakan.

 © MEN

Walaupun tipikal yang acuh tak acuh dengan penampilan tapi serius disisi pekerjaan, bukan tidak mungkin kamu mendapatkan impresi kurang baik kalau tidak berpenampilan menarik.

3 dari 3 halaman

Bisa Dipercaya

Walau menilai orang hanya dalam penampilan dianggap sangat subjektif, namun tidak bisa dipungkiri kalau tidak sedikit yang merasa nyaman di sekitar orang yang berpenampilan profesional dan sopan. Oleh karena itu, pakailah pakaian yang membuat kamu nyaman dan pakai wewangian ketika melamar kerja untuk memompa kepercayaan diri sendiri.

Apalagi, kamu banyak memberikan senyum.

Ketika memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan menambahnya dengan senyuman, aura positif akan terpancar. Aura semacam ini akan membuat orang-orang mudah menyukaimu, termasuk sang employer.

Beri Komentar