3 Jurusan Kuliah Ini Bisa Bantu Kamu Cari Duit Sebelum Lulus

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 29 Maret 2019 08:43
3 Jurusan Kuliah Ini Bisa Bantu Kamu Cari Duit Sebelum Lulus
Apa saja, ya?

Dream – Memilih jurusan yang tepat untuk masuk kuliah sangat berpengaruh pada masa depan. Kalau salah pilih, yang ada masa kuliah kamu akan terasa sia-sia.

Dikutip dari Merdeka.com, Jumat 29 Maret 2019, banyak jurusan favorit di kampus, seperti hukum, komunikasi, ekonomi, atau teknik. Tapi, dunia kuliah sebenarnya jauh lebih luas daripada jurusan-jurusan itu.

Tak harus masuk jurusan favorit untuk bisa bekerja atau berwiraswasta.

Ada beberapa jurusan yang sedang naik daun seiring dengan perkembangan dunia digital. Bahkan, para mahasiswanya sudah bisa mencari uang sejak bangku sekolah.

Apa saja? Berikut ini adalah rinciannya.

1. Fotografi

Ketika mengambil jurusan fotografi, mahasiswa tak perlu menunggu lulus untuk segera mendapatkan uang. Dengan keahliannya memotret, mereka bisa menggunakannya peluang untuk cari duit. Misalnya, membuka jasa foto atau ikut lomba fotografi.

Tak perlu kepada orang lain menawarkan jasa foto, coba lebih dulu tawarkan kepada teman atau kerabat lebih dulu. Setelah hasilnya oke, baru mencari klien. Bisa lewat media sosial atau membuat laman web yang unik.

Kamu takkan menyesal ambil jurusan ini karena sudah bisa mencari uang sejak kuliah.

1 dari 1 halaman

Bahasa Asing dan Desain Grafis

2. Bahasa Asing

Kuliah di jurusan bahasa asing sangat menguntungkan. Saat ini, banyak perusahaan mensyaratkan pelamar untuk bisa berbahasa asing.

Dengan mengambil jurusan ini juga mahasiswa bisa mendapat uang saku sebelum lulus.

Para mahasiswa bisa membuka jasa mengajar privat kepada anak-anak sekolah maupun orang dewasa. Dengan begitu tak perlu khawatir dengan jurusan ini karena sebelum dan sesudah kuliah pun bisa menghasilkan uang.

3. Desain Grafis

Mahasiswa desain grafis bisa mendapatkan tambahan uang saku dengan keahliannya. Mereka bisa mendapatkan pendapatan dengan menggarap proyek desain secara freelance.

Selain mendapatkan uang saku tambahan, mahasiswa desain grafis bisa memperolehnya dari berbagai macam lomba. Bagi mahasiswa desain grafis, ada banyak kesempatan untuk memenangi lomba desain.

Beri Komentar
Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis