3 Kesalahan Sepele Fresh Graduate yang Bikin Susah Dapat Kerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 22 April 2019 09:43
3 Kesalahan Sepele Fresh Graduate yang Bikin Susah Dapat Kerja
Pantas saja tak segera dapat panggilan interview.

Dream – Mencari pekerjaan memang bukan perkara mudah, termasuk untuk fresh graduate. Peluang kerja untuk lulusan baru sebenarnya terbuka lebar karena banyak dibutuhkan perusahaan. Namun, tak sedikit lulusan baru yang kesulitan menemukan pekerjaan karena kesalahan sepele.

Dikutip dari Karir.com, Senin 22 April 2019, ada tiga kesalahan yang dilakukan oleh lulusan baru. Pertama, kandidat tak bisa dihubungi. Kesalahan yang paling mudah dan yang sering dilakukan oleh fresh graduate adalah nomor yang tak bisa dihubungi.

Pencari kerja baru terkadang lupa memperbarui nomor kontak aktif yang bisa dihubungi oleh perekrut. Sebelum mengirim lamaran, pastikan juga menyertakan nomor aktif dan biasa digunakan. Pastikan juga smartphone bisa dihubungi setiap saat agar peluang kerja tidak terlewat begitu saja.

1 dari 2 halaman

Tak Ada Perkenalan Diri

Ke dua, mengirim lamaran tanpa perkenalan diri. Pada era digital, sudah banyak situs job portal yang mempermudah untuk lamar kerja.

Namun, tak sedikit perusahana meminta pelamar untuk mengirimkan lamaran dalam bentuk e-mail secara langsung. Kesalahan lain yang terjadi adalah mengirim lamaran tanpa perkenalan dan informasi sama sekali.

Pelamar hanya mengirimkan CV tanpa memberikan informasi apa pun di dalam e-mail. Ini akan membuat perekrut bingung untuk memproses lamaran dan menganggapnya sebagai e-mail kaleng tanpa tujuan yang jelas.

Kalau ingin mengirim lamaran lewat e-mail, pastikan ada kalimat pengantar dan tujuan e-mail itu dikirimkan.

2 dari 2 halaman

Tak Sesuai dengan Kualifikasi

Tuntutan kerja yang tinggi membuat pelamar fresh graduate melamar tanpa melihat kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebenarnya, ini sah-sah saja dilakukan.

Tapi, harus disadari bahwa perusahaan membuat lowongan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pihak perusahaan tentunya tidak ingin mengambil risiko mengambil kandidat yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Hal ini bisa berakibat kepada pencapaian hasil yang tidak maksimal bahkan bisa menimbulkan kegagalan bisnis.

Oleh karena itu, kalau merupakan seorang fresh graduate dan sedang mencari kerja, usahakanlah kamu melamar di posisi yang sesuai dengan profil yang dimiliki. Kecuali, jika lowongan itu terbuka untuk berbagai jurusan dan tak mematok kualifikasi khusus. 

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan