3 Urusan Soal Uang yang Bisa Ramalkan Usia Pernikahan

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 31 Maret 2016 08:43
3 Urusan Soal Uang yang Bisa Ramalkan Usia Pernikahan
Ternyata pendapatan kecil justru bisa membuat pernikahan lebih aman. Kok bisa?

Dream - Jangan mengira rumah tangga yang terlihat tenang bisa luput dari masalah keuangan. Jika tak diatasi segera, masalah ini bisa merusak hubungan pernikahan suami istri kapan saja.

Sudah banyak yang berpesan, kunci sebuah hubungan pasangan yang awet adalah transparasi soal keuangan rumah tangga. Namun, masih banyak juga yang melanggarnya.

" Bagaimana Anda mengelola konflik keuangan yang timbul akan menentukan seberapa sukses Anda dalam menjaga ketenangan dalam rumah tangga," kata Jeff D Opdyke, ahli keuangan seperti dikutip laman cheatsheet.com, Kamis, 31 Maret 2016.

Menurut Jeff, mengelola onflik keuangan juga menentukan apakah Anda secara efektif menjaga kehidupan keuangan Anda sesuai jalur atau jika tidak. Atau malah memicu perselisihan yang bisa berkembang menjadi pertengkaran dan bahkan mungkin perceraian

Berikut adalah tiga masalah keuangan yang paling dominan dalam menentukan hubungan Anda dengan pasangan:

 

1 dari 3 halaman

1. Frekuensi Pertengkaran Karena Masalah Uang

Dream - Apakah Anda dan pasangan sering bertengkar tentang uang? Penelitian menunjukkan terlalu sering bertengkar tentang uang dapat menjadi beban yang signifikan bagi hubungan suami istri. Sebuah studi dari Kansas State University menemukan sering bertengkar tentang uang cenderung dikaitkan dengan tingkat perceraian yang lebih tinggi. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa frekuensi pertengkaran masalah uang dalam rumah tangga bisa menjadi indikator sebuah perceraian. Jika Anda tidak mau rumah tangga hancur gara-gara uang, peneliti University of North Carolina mengatakan komunikasi antara Anda dan pasangan sangat penting. Berdiskusi secara berkala tentang keuangan rumah tangga dapat membantu mengurangi ketegangan.

 

 

2 dari 3 halaman

2. Memiliki Utang Dalam Jumlah Besar

Dream - Apakah Anda terjerat utang? Sebagian besar pertengkaran masalah uang dalam rumah tangga bisa disebabkan ketidakmampuan Anda dalam melunasi utang, kebiasaan belanja yang buruk, atau keduanya. Pertengkaran Anda dengan pasangan mungkin akan semakin panas jika Anda tidak jujur dengan utang Anda. Utang besar tidak boleh dianggap enteng. Ahli keuangan pribadi Lynnette Khalfani-Cox memperingatkan utang bisa merusak hubungan rumah tangga Anda.

" Selain berbohong, tidak cocok atau perselingkuhan, ancaman nyata dari rusaknya hubungan rumah tangga adalah jika Anda menyembunyikan utang dari pasangan atau belanja secara membabi buta di luar kebutuhan. Terlebih lagi jika pengeluaran berlebihan itu dikarena menggunakan kartu kredit," kata Khalfani-Cox.

3 dari 3 halaman

3. Pendapatan Yang Kecil

Dream - Apakah Anda kaya? Anda beruntung. Para peneliti menemukan jika Anda memiliki pendapatan tinggi, peluang agar pernikahan Anda langgeng jauh lebih baik. Misalnya, pasangan dengan pendapatan rumah tangga lebih dari 51% kecil kemungkinannya untuk bercerai. Lebih banyak uang berarti berkurangnya ketegangan dalam hubungan rumah tangga.

Beri Komentar