5 Cara Mengelola THR untuk Keperluan Lebaran, Sisihkan Buat Investasi

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 11 Mei 2021 09:12
5 Cara Mengelola THR untuk Keperluan Lebaran, Sisihkan Buat Investasi
Bramadan menjadi momen agar kita belajar mengontrol uang THR.

Dream - Tak terasa lebaran tinggal menghitung hari. Tak dipungkiri biasanya akan banyak pengeluaran yang terjadi saat Lebaran, mulai dari belanja pakaian, makanan sampai mengirim hantaran untuk orang-orang terdekat. Jika Anda seorang karyawan, maka akan ada THR yang didapat menjelang lebaran ini.

Sayangnya kalau tak dikelola dengan baik, THR akan habis begitu saja. Padahal, jika dikelola dengan tepat, THR bisa menjadi penolong Sahabat Dream di hari-hari selanjutnya.

Apakah kita tidak boleh menghabiskan THR? Tentu saja boleh, tapi dengan satu syarat, yaitu digunakan mengikuti alokasi anggaran yang sudah direncanakan dengan baik. Sebab bulan ramadan menjadi momen agar kita belajar mengontrol pengeluaran. Meskipun dapat THR, namun kita perlu mengelolanya sebaik mungkin supaya bermanfaat bagi masa depan.

Kali ini Dream sudah merangkum dari berbagai sumber, tentang 5 cara mengelola THR untuk keperluan lebaran.

1 dari 5 halaman

1. Prioritaskan Bayar Kewajiban

Ilustrasi© freepik.com

THR atau tunjangan hari raya merupakan dana pemasukan tambahan selain gaji. Nah sebagai dana yang bersifat pemasukan tambahan, THR sebaiknya dialokasikan untuk membayar kewajiban yang dapat sedikit meringankan beban finansial, seperti membayar hutang atau melunasi tagihan yang belum terbayarkan.

2 dari 5 halaman

2. Tunaikan Zakat, Sedekah dan Infak

Bulan Ramadan sebaiknya dijadikan momen untuk kita sebanyak-banyaknya beramal dan berbagi kepada mereka yang membutuhkan bantuan.

Pastikan kita sudah mengalokasikan untuk melakukan kewajiban membayar zakat bulan Ramadan. Selain itu, sisihkan juga dana THR sekitar sepuluh persen untuk memperbanyak amalan infak dan sedekah.

Zakat dapat dibayarkan dengan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan dari rumah tanpa harus repot mencari badan terpercaya untuk menyalurkan zakat. Salah satunya membayar zakat di lembaga-lembaga amil zakat yang akan menyalurkan zakat kamu ke pihak yang tepat.

3 dari 5 halaman

3. Berbagi Hantaran untuk Keluarga dan Kerabat

Ilustrasi© freepik.com

Pada bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, kita kemungkinan masih tidak bisa bertatap muka langsung dengan keluarga dan kerabat, terutama dengan adanya larangan mudik.

Maka dari itu manfaatkan momen ini untuk saling berkirim hadiah dan hantaran. Pilih-pilih isian hantaran yang disesuaikan dengan penerima agar berbagi hantaran bisa semakin berarti.

Kalau bisa, gunakan fitur-fitur bebas ongkos kirim agar bisa lebih banyak mengirimkan hantaran untuk keluarga dan kerabat. Dengan begitu, kamu bisa tetap menjalin silaturahmi lewat hantaran atau parcel yang kamu kirim tersebut.

4 dari 5 halaman

4. Membuat Rencana dan Prioritas Belanja

Sebelum mulai berbelanja, Sahabat Dream sebaiknya membuat daftar belanja kebutuhan yang diperlukan.

Tujuannya, supaya kamu dapat melihat mana barang yang benar-benar diperlukan, mana yang belum menjadi prioritas.

Pertimbangkan juga barang yang dibeli bisa terus digunakan setelah bulan Ramadan dan Idul Fitri agar lebih bermanfaat. Usahakan rencana belanja disesuaikan dengan promo belanja online untuk memaksimalkan penggunaan dana.

Selain itu, usahakan untuk berbelanja melalui satu platform agar lebih mudah memantau semua transaksi yang sudah dilakukan agar tidak kalap.

5 dari 5 halaman

5. Menabung dan Investasi

Ilustrasi© freepik.com

Usai menunaikan ibadah, membayarkan kewajiban dan hutang, puas berbelanja dan berbagi hantaran, ini saatnya untuk menghabiskan THR untuk ditabung.

Situasi pandemi ini tentunya mengajarkan kita untuk lebih bijaksana dalam menabung dan menyisihkan dana darurat untuk berbagai keperluan tidak terduga di masa depan.

Saat berbelanja, tak ada salahnya juga untuk memanfaatkan beragam promo yang ditawarkan, supaya kita bisa lebih hemat. Sehingga uang THR masih bisa disisihkan untuk ditabung dan diinvestasikan.

Beri Komentar