5 Tanda Anda Belum Siap Punya Rumah

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 29 Maret 2016 09:47
5 Tanda Anda Belum Siap Punya Rumah
Keinginan punya rumah sangat besar. Namum ternyata kamu bukan termasuk golongan yang dianggap layak punya rumah. Ini 5 tandanya.

Dream - Memiliki rumah sebenarnya lebih murah daripada menyewa. Keuntungan finansial dari memiliki rumah sendiri dalam jangka panjang bisa menjadi sangat luar biasa.

Namun, memiliki rumah bukan untuk semua orang. Ada kalanya, beberapa orang yang dianggap belum layak memiliki rumah. Alasannya beragam. Bisa berasal dari diri sendiri, atau alasan lainnya.

Berikut adalah lima tanda-tanda Anda tidak siap untuk membeli rumah pertama Anda.

1. Anda tidak khawatir dengan segala biaya setelah memiliki rumah

Ketika menyewa rumah, biaya yang dikeluarkan cenderung naik tapi stabil. Namun memiliki rumah sendiri bukan hanya memikirkan masalah biaya tak pasti. Dengan memiliki rumah sendiri, Anda harus melakukan semuanya sendiri. Mulai dari membersihkan rumput, mengecat, hingga memperbaiki atap. Selain itu ada biaya lainnya yang harus dikeluarkan jika ada bagian rumah yang rusak dan perlu diganti.

Secara umum, penasihat keuangan menyarankan Anda untuk menyisihkan 1 persen dari harga rumah setiap tahun untuk menutupi biaya pemeliharaannya. Namun itu bisa bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan atau keinginan melakukan renovasi. Selain itu Anda juga harus memikirkan biaya pajak dan asuransi. Dan seringkali biaya tersebut mengecewakan pemilik rumah.

2. Anda tidak punya uang muka dalam jumlah besar

Anda mungkin akan kesulitan mencicil jika membeli rumah tanpa uang muka yang besar. Membeli rumah dengan sedikit atau tanpa uang muka mempengaruhi Anda dalam dua hal. Pertama, sebagian besar kredit pemilikan rumah memerlukan asuransi dengan uang muka kurang dari 20 persen. Harga asuransi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, tetapi biayanya rata-rata 1 persen dari jumlah pinjaman Anda setiap tahun.

Kedua, efek yang lebih jelas dari membayar uang muka yang sedikit adalah bahwa Anda akan meminjam lebih banyak uang, yang mengakibatkan pembayaran cicilan pokok dan bunga menjadi lebih tinggi setiap bulan.

3. Anda tidak tahu masa depan Anda beberapa tahun kemudian

Salah satu alasan terbaik untuk tidak membeli rumah adalah ......

 

1 dari 3 halaman

3. Anda Tidak Tahu Nasib Masa Depan Anda

3. Anda tidak tahu masa depan Anda beberapa tahun kemudian

Salah satu alasan terbaik untuk tidak membeli rumah adalah jika Anda tidak yakin tentang masa depan Anda dalam beberapa tahun. Mungkin pekerjaan Anda tidak stabil. Mungkin Anda masih belum juga menemukan pasangan, dan ada kemungkinan bahwa Anda akan menikah dan memiliki anak dalam beberapa tahun. Atau, mungkin Anda ingin selalu berganti suasana sesering mungkin.

Percuma membeli rumah kecuali jika Anda akan menetap selama beberapa tahun - katakanlah setidaknya tiga tahun atau lebih. Seiring berjalannya waktu rumah akan mengalami apresiasi sebanyak 3-4 persen per tahun.

Mari kita asumsikan nilai jual rumah Anda akan naik 3 persen per tahun. Namun komisi penjualan rumah dibayar oleh penjual dan biasanya 6 persen dari harga jual. Dan, biaya ini masih ada tambahan biaya lainnya - seperti penambahan tingkat, pengecatan, dan sebagainya. Jika Anda memiliki rumah kurang dari tiga tahun, sama saja Anda akan kehilangan uang.

2 dari 3 halaman

4. Anda Punya Skor Kredit yang Payah

4. Anda punya skor kredit yang payah

Jika Anda punya skor kredit yang tak terlalu bagus, jangan bermimpi punya rumah baru dengan mengajukan kredit kepemilikan rumah. Anda sebaiknya kembali bekerja keras mengumpulkan uang sambil memperbaiki skor kredit Anda.

 

3 dari 3 halaman

5. Anda punya Utang Besar Lainnya

5. Anda punya utang besar lainnya

Ketika menentukan apakah Anda layak mendapat kredit kepemilikan rumah, pemberi pinjaman akan menilai Anda dari dua informasi utama sebagai pertimbangannya - pendapatan Anda dan utang Anda yang lainnya. Kebanyakan pemberi pinjaman saat ini membatasi jumlah kredit Anda ditambah kewajiban utang lainnya sebesar 45% dari total pendapatan Anda, dan itu hanya jika skor kredit dan pendapatan Anda dalam keadaan baik.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen