Catat! 5 Tips Merintis Bisnis dari Zaskia Mecca

Reporter : Amrikh Palupi
Senin, 26 September 2016 09:30
Catat! 5 Tips Merintis Bisnis dari Zaskia Mecca
Pemula harap catat tips bisnis ini.

Dream – Zaskia Adya Mecca terbilang sukses menjalani bisnis fashion miliknya, Mechanism. Ibu tiga anak ini pun tak pelit berbagi tips bisnis bagi pemula.

Zaskia mengatakan ada lima tips bisnis yang bisa diperhatikan orang yang baru saja merintis usaha. Pertama, usaha yang dirintis adalah usaha yang disukai.

Setelah menemukan bisnis yang akan dirintis, langkah selanjutnya adalah mencari mitra kerja yang pas. Mitra yang dimaksud adalah orang yang bisa mengisi kekurangan kita sebagai pebisnis baru. 

“ Misalnya, kita ini desainer. Jangan cari partner yang desainer. Cari orang yang lain, misalnya marketing,” kata dia JCC Senayan, Jakarta, ditulis Senin 26 September 2016.

Tips ketiga adalah pebisnis harus senantiasa menciptakan produk yang inovatif dan mengikuti perkembangan tren. Apalagi jika bisnis yang dimasuki adalah dunia fesyen. Jika terlambat mengambil keputusan, bisnis yang dirintis akan ketinggalan zaman.

“ Keempat, jadilah customer pertama produk kita. Kalau ada barang itu, gue mau beli nggak, ya?” kata dia.

Terakhir, lanjut Zaskia, pebisnis pemula sebaiknya tahu cara mempertahankan bisnis yang telah dirintisnya. Perhatian penting dilakukan baik saat bisnis berkembang atau terlihat semakin merosot.

Ketika bisnis sedang terpuruk, pebisnis sebaiknya tidak merasa putus asa. Dia harus pantang menyerah dalam menghadapi masalah ini.

“ Ketika mendapat masalah, harusnya diselesaikan, dihadapi, dilewati, bukannya gampang menyerah. Kalau sudah menyerah, lo akan ketemu masalah yang sama lagi,” kata pemain film “ Ayat-Ayat Cinta” ini.

Dalam menjalani bisnis, Zaskia berpesan ada beberapa hal yang harus dihindari. Untuk memulai bisnis, cobalah menghindari menjiplak karakter bisnis dari orang lain. Seorang pengusaha harus memiliki ciri khas yang kuat. 

“ Misalnya, suka fesyen Dian Pelangi. Lalu, kamu plek seperti Dian Pelangi. Kalau gitu, ya, mending beli langsung sama Dian Pelangi,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar