6 Kelebihan Kartu Kredit Syariah Dibanding Konvensional

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 29 Mei 2019 07:14
6 Kelebihan Kartu Kredit Syariah Dibanding Konvensional
Hati lebih tenang karena bebas riba, kini sudah waktunya beralih ke kartu kredit syariah. Apa kelebihan lainnya?

Dream - Lebaran sebentar lagi datang. Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan pun sudah di tangan. Rasanya sudah tak sabar untuk melangkah ke Mal membeli berbagai kebutuhan Lebaran.

Belanja barang kebutuhan Lebaran memang menyenangkan. Namun jika kamu takut membawa uang tunai ke pusat keramaian, mengapa tak bertransaksi menggunakan kartu kredit. Apalagi banyak tenant memberikan promo menarik menyambut Lebaran.

Saat ini memang banyak orang mulai tertarik menggunakan kartu kredit. Saat waktunya membayar tagihan, kamu bisa melunasi dengan uang THR tadi.

Kamu juga tak perlu takut terlilit riba. Kini banyak bank mengeluarkan kartu kredit dengan prinsip syariah. Yang menyenangkan cara kerja kartu kredit syariah juga mempunyai persamaan dengan kartu kredit biasa.

Kartu kredit syariah juga memiliki beberapa keunggulan dan kelebihan dibandingkan kredit konvensional, apa saja ya?

1. Tidak melanggar syariah

Tentu saja ini kelebihan yang tak dimiliki produk kartu kredit konvensional. Bank harus membuat produk yang mengikuti fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN).

2. Ada skema perjanjian

Kartu kredit syariah yang saat ini ada didukung oleh tiga jenis skema perjanjian yang menjadi dasar kesyariahannya. Tiga jenis perjanjian itu adalah penjaminan atas transaksi dengan merchant (kafalah), pinjaman dana atas fasilitas penarikan uang tunai (Qardh), dan sewa atas jasa sistem pembayaran dan pelayanan terhadap pemegang kartu (ijarah).

Dengan skema yang dipilihnya, bank syariah penerbit kartu mengenakan fee kepada pemegang kartu.

3. Tak ada sistem bunga

Bank syariah tentu hanya membuat produk yang tak menerapkan sistem bunga. Begitu pula dalam kartu kredit syariahnya.

Sebagai gantinya, bank menerapkan akad kafalah, ijarah, atau Qaradh. Dalam setiap sistem itu, biasanya bank akan mengenakan biaya (fee) kepada nasabah.

4. Biaya administrasi lebih murah

Meski mengganti sistem bunga dengan biaya administrasi, besaran fee yang dibayarkan pengguna pada umumnya lebih rendah daripada suku bunga yang dipakai kartu kredit konvensional.

Fee ini adalah biaya yang wajib dibayarkan pengguna kepada pihak bank penerbit. Besaran untuk biaya administrasi dihitung berdasarkan total nilai transaksi pengguna. Jadi, bersifat fluktuatif.

5. Denda tunggakan bermanfaat untuk masyarakat

Seperti kartu kredit konvensional, penunggak tagihan kartu kredit syariah juga akan dikenakan denda sebagai cara mendidik kedisiplinan pemegang kartu. Bedanya, dana dari tunggakan itu takkan dimasukkan sebagai pendapatan perusahaan.

Semua uang tunggakan nasabah akan disalurkan bank syariah sebagai sumbangan ke sektor-sektor sosial di masyarakat.

6. Jaringan luas

Seperti kartu kredit konvensional, jaringan yang mendukung transaksi kartu kredit syariah juga memiliki jangkauan luas. Ini dikarenakan penerbit kartu kredit syariah juga didukung Mastercard International. Pemilik kartu bisa menggunakannya di setiap merchant atau ATM berlogo Cirrus atau Mastercard

 CIMB Niaga Syariah

Salah satu bentuk kartu kredit syariah yang memberikan enam keunggulan di atas bisa kamu telusuri dari produk terbaru CIMB Niaga Syariah, Syariah Platinum Card.

Kartu kredit ini telah menerapkan seluruh prinsip syariah sesuai fatwa DSN. Tak hanya itu, beberapa keuntungan lain yang dapat dinikmati dari Syariah Platinum Card, berupa Monthly Cashback hingga 5% atau maksimal sebesar Rp150.000,-. Monthly Cashback tersebut diberikan sebagai pengurangan tagihan di bulan berikutnya.

Selain itu, kartu ini menyediakan limit dari Rp10 juta hingga Rp1 miliar dengan kriteria nasabah memiliki pendapatan minimal Rp10 juta.

Tambahan beragam diskon hingga program cicilan yang menarik, menjadi fitur penyempurna yang menyertai Syariah Platinum Card. Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di sini.

CIMB Niaga Syariah juga mengajak kamu untuk berpartisipasi mengisi survey kartu kredit. Asyiknya lagi, bakalada voucher sebesar Rp 250 ribu yang akan dibagikan untuk 5 orang penanya terbaik, lho! Yuk, segera isi Google Form-nya di sini.

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham