8 Barang Usang Ini Mungkin Bernilai Tinggi di Mata Kolektor

Reporter : Ramdania
Jumat, 17 Juli 2015 18:00
8 Barang Usang Ini Mungkin Bernilai Tinggi di Mata Kolektor
Anda memiliki barang tua ini? Anda bisa tukar dengan uang yang cukup banyak.

Dream - Kolektor adalah jenis manusia yang unik. Mereka bersedia membayar mahal untuk memiliki barang yang sebagian orang anggap tidak memiliki nilai berharga. Anda pun bisa menjadi orang kaya jika memiliki benda-benda yang dianggap unik oleh para kolektor yang kebanyakan adalah orang-orang kaya.

Berikut ini beberapa jenis barang yang mungkin dianggap sampah tapi bernilai tinggi oleh kolektor, seperti dikutip dari Lifehack, Jumat 17 Juli 2015:

1. Trading card

Di Indonesia, trading card mungkin tidak populer. Namun di Amerika, trading card adalah harta karun yang berharga. Trading card biasanya memiliki gambar selebriti, tokoh game atau kartun. Semakin langka trading card, semakin mahal harganya. Trading card bergambar pemain legenda baseball AS seperti Willey Mays ditawarkan di situs lelang eBay US$ 10,000 atau setara Rp 133 juta lebih.

2. Komputer kuno

Jika orang kebanyakan memaknai komputer tua, seperti komputer Mac versi awal, sebagai barang 'usang', maka kolektor menyebutnya 'vintage' atau barang antik. Jika Anda punya sisa komputer lama, silakan daftarkan di situs lelang seperti eBay untuk mendapatkan sejumlah besar uang. Mungkin Anda akan menjadi cepat kaya dengan hampir tidak perlu melakukan upaya berarti.

3. Game

Jangan buru-buru menjual atau menukar game lama Anda, terutama game konsol. Koleksi game lama Anda bisa jadi menjadi sumber penghasilan yang besar. Karena perusahaan penerbit sudah tidak merilis game tersebut, maka jumlahnya akan menyusut dan menjadi barang langka. Inilah yang membuat beberapa jenis game langka menjadi barang yang sangat mahal.

4. Permainan tradisional

Anda pernah main Monopoli? Permainan tradisional yang sudah mendunia ini ternyata bisa menjadi mahal harganya di tangan seorang kolektor. Mereka bersedia menukar sejumlah uang dalam jumlah besar untuk permainan Monopoli edisi khusus. Beberapa Monopoli edisi khusus ditawarkan hingga puluhan ribuan dolar AS di eBay.

5. Buku komik

Buku komik kadang dipandang seperti sampah setelah tidak dibaca dalam waktu yang lama. Namun di mata kolektor, komik lama, terutama edisi pertama dari karakter ikonik seperti Batman, Superman, dan Spider-Man, adalah barang berharga yang memiliki nilai tinggi. Jika Anda memilikinya, terutama yang dari tahun 70-an dan sebelumnya, Anda bisa meraup untung berlipat-lipat jika menjualnya.

6. Action figure

Produk lain yang nilainya semakin tinggi jika tersimpan dalam waktu yang lama adalah action figure. Kolektor kadang ingin memiliki representasi nyata dari masa kecil mereka. Mereka ingin item yang menunjukkan betapa mereka mencintai acara TV, film atau komik. Untuk menunjukkan kecintaannya, mereka mengincar action figure langka yang bisa membuat Anda sangat kaya.

7. Benda bertandatangan orang terkenal

Tanda tangan dari orang-orang terkenal, terutama mereka yang sudah meninggal, dianggap bernilai tinggi oleh kolektor. Jika Anda sudah memegang benda-benda warisan keluarga yang diteruskan kepada Anda (meskipun Anda mungkin tidak mengenali nilainya), Anda mungkin beruntung dan menjadi kaya. Misalnya, sebuah buku tua milik Anda yang ditandatangani oleh penulis terkenal.

8. Berbagai macam koleksi

Sebagian orang kadang mengumpulkan berbagai macam pernak-pernik yang mungkin tidak bernilai bagi kita tapi bisa mendatangkan uang dalam jumlah besar jika dijual kepada kolektor yang tepat. Koleksi tersebut mungkin saja berbentuk koin, perangko atau benda lain yang menarik kolektor.

Beri Komentar